» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: 081281600703.

Info Kampus
Yuk Donasi Melalui PUSPAS!
02 Desember 2018 | Info Kampus | Dibaca 654 kali
PUSPAS di Wisuda Unair: - Foto: Nanda Pradina Putri
Mewujudkan Universitas Airlangga sebagai bagian dari World Class University (WCU) tentu membutuhkan anggaran yang besar. Memanfaatkan moment wisuda Unair (1/12), Pusat Pengelolaan Dana Sosial (PUSPAS) hadir untuk mewadahi donasi dari para mahasiswa dan orang tua mahasiswa untuk membantu kampus ini agar lebih progresif dalam mencapai titel WCU tersebut.

retorika.id (2/12) Tak hanya menyediakan tempat bagi civitas akademika untuk menimba ilmu dan mengolah kemampuan khusus, Universitas Airlangga (Unair) pun juga menyediakan wadah bagi para mahasiswa dan masyarakat untuk menyalurkan dana sosial dan menerima bantuan sosial melalui Pusat Pengelolaan Dana Sosial (PUSPAS) sebagai unit kerja dalam lingkungan Unair yang bertugas untuk menghimpun, mengelola, dan menyalurkan dana sosial kepada mahasiswa dan masyarakat berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor 789/UN3/2017.

PUSPAS menghimpun dan mengelola dana dalam berbagai bentuk seperti wakaf, zakat, infak, sedekah, maupun sumbangan dari individu dan/atau perusahaan yang berasal dari civitas akademika, orang tua mahasiswa, alumni dan unsur masyarakat lainnya.

Jenis donasi terbagi menjadi dua yaitu Pertama, Dana Abadi (Endowment Funds) yang didedikasikan untuk masa depan Universitas Airlangga lintas generasi. Melalui program Dana Amerta dan Wakaf Amerta Airlangga, dana dan aset yang dihimpun dari masyarakat akan dikelola secara produktif untuk menunaikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kedua, Donasi Sosial (Social Funds) berupa uang atau barang yang dihimpun untuk disalurkan melalui aktivitas sosial yang dirancang dan dilaksanakan oleh

®iklan

Pasang iklan Anda di sini!
Hubungi » 082112438727

®iklan

Universitas Airlangga.

Bantuan dana dari donatur pada dasarnya digunakan untuk kepentingan kegiatan pendidikan (beasiswa, student exchange, dan pengembangan softskill), kegiatan riset serta pengembangan di Universitas Airlangga, pembangunan infrastruktur pendidikan Universitas Airlangga, bantuan sosial kesehatan, serta pengabdian sosial pada masyarakat.

PUSPAS dalam melaksanakan tugasnya bekerjasama dengan tujuh bank, antara lain Bank BNI, BNI Syariah, Mandiri, Mandiri Syariah, CIMB NIAGA Syariah, Muamalat, dan Bank Jatim Syariah.

Tidak hanya itu, PUSPAS pun juga aktif berpartisipasi dalam sejumlah acara yang diselenggarakan oleh Unair dan berbagai acara yang bekerjasama dengan PUSPAS dalam upaya pencarian donatur. Salah satu acara rutin yang dihadiri oleh PUSPAS adalah Wisuda Unair yang dilaksanakan pada Sabtu, 1 Desember 2018. Berlokasi di gedung ACC Unair, PUSPAS pun membuka dua booth yang berada di lantai 1 dan 2 untuk menyebar dan menjelaskan sejumlah brosur mengenai PUSPAS kepada para orang tua wisudawan.

Menurut salah satu orang tua wisudawan yang berasal dari Fakultas Kebidanan, Rahbini, ia merasa bahwa keberadaan PUSPAS sebagai lembaga yang mengelola dana sosial merupakan suatu hal yang cukup bagus. “Cukup bagus, karena dapat membantu serta mengembangkan pendidikan anak-anak yang kurang mampu, memajukan kesejahteraan anak didik, serta meningkatkan kualitas pendidikan Universitas Airlangga.”

Upaya pencarian donatur juga dilakukan dengan menyebar sejumlah volunteer dan pegawai perbankan yang bekerjasama dengan PUSPAS ke dalam ruang wisuda. Partisipasi pihak perbankan dalam acara yang dihadiri oleh PUSPAS harus melalui konfirmasi terlebih dahulu karena setiap pegawai perbankan akan ditemani oleh volunteer yang Sejumlah bank yang turut hadir dalam acara ini adalah Bank BNI, Mandiri, Mandiri Syariah, CIMB NIAGA Syariah, dan Bank Jatim Syariah.

Selain itu PUSPAS juga membuat iklan yang disiarkan melalui sumber audio di area luar gedung ACC untuk mengundang semua orang yang berminat untuk memberikan donasi.

Apabila terdapat orangtua wisudawan yang hendak berdonasi, maka terdapat formulir yang dapat diisi sebelum atau sesudah melakukan pembayaran yang akan dibantu oleh petugas perbankan. “Kami berupaya menjelaskan bahwa untuk dapat memberi dukungan ke Unair, orang tua wisudawan dapat memberikan donasi ke PUSPAS. Donasi itu pun juga dapat dilakukan dengan empat cara, yakni transfer, barcode, mesin gesek, dan aplikasi perbankan BNI Syariah”, jelas Dr. Tika Widiastuti selaku Ketua PUSPAS.

Lebih lanjut, salah satu volunteer yang berjaga di booth PUSPAS juga menjelaskan bahwa untuk acara wisuda hari ini, terdapat hadiah yang diberikan pada donatur, yakni berupa note dan pouch. Hadiah ini juga bisa didapat oleh pengunjung booth cukup dengan cara memfollow akun instagram @puspas.unair , bahkan pengunjung juga bisa memperoleh hadiah menarik lainnya berupa bolpoin.

Bagi para donatur yang sudah memberikan bantuan, tak perlu khawatir akan transparansi penggunaan dana tersebut. Lembaga sosial PUSPAS akan memberikan informasi bantuan dana yang sudah disalurkan kepada donatur melalui postingan sejumlah kegiatan yang disponsori oleh PUSPAS, baik di media sosial instagram serta website yang dimiliki oleh PUSPAS yaitu puspas.unair.ac.id. Ke depannya, PUSPAS akan melakukan inovasi dalam memberikan transparansi dana yaitu melalui pembuatan majalah yang memuat semua kegiatan penyaluran dana sosial yang dikelola oleh PUSPAS.

Jadi, masih kah ragu untuk menyalurkan bantuan dana ke PUSPAS? Yuk, langsung cek informasi lebih lanjut di official website PUSPAS di laman puspas.unair.ac.id  !

 

Reporter : Irma Ayu Sofiyani dan Nanda Pradina Putri


TAG#beasiswa  #ekonomi  #promosi  #universitas-airlangga