» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: 081281600703.

Info Kampus
Bincang Cerdas bersama Pertamina Goes To Campus : Millenial Energy Menyongsong Masa Depan
17 Mei 2018 | Info Kampus | Dibaca 460 kali
Bincang cerdas bersama Pertamina Goes To Campus : “Millenial Energy Menyongsong Masa Depan”: - Foto: Fiqki Azhar Adriansyah
“Millenial Energy Menyongsong Masa Depan” , merupakan tema acara yang diselenggarakan oleh Pertamina dan bekerjasama dengan BEM Unair (15/05). Acara ini merupakan bentuk kunjungan Pertamina, dan tujuan mereka yaitu membutuhkan tenaga kerja dengan harapan mahasiswa dapat mengisi berbagai posisi pekerjaan di perusahaan tersebut.

retorika.id (17/05) - Berdiri sebagai negara kepulauan dengan jumlah penduduk yang mencapai 261,1 juta jiwa membuat Indonesia harus mampu mengolah segala sumber daya alam yang ada dengan didukung oleh sumber daya manusia yang bekualitas. Status mahasiswa sebagai sasaran dalam program-program pembangunan, yang kemudian menjadi sorotan Pertamina untuk membangkitkan minat mahasiswa dalam mempersiapkan diri demi masa depan. Acara bertajuk “Millenial Energy Menyongsong Masa Depan yang diadakan di Aula Kahuripan 301, kampus C Universitas Airlangga pada hari Senin (14/05) lalu, diikuti berbagai mahasiswa baik dari universitas swasta maupun negeri di Jawa Timur. Ratusan mahasiswa yang hadir telah melakukan pendaftaran sebelum acara berlangsung, pembatasan kuota pun diberlakukan dalam acara yang turut dimeriahkan oleh seorang aktivis lingkungan bernama Ranitya Rulita, dan budayawan muda bernama Sabrang Mowo Damar Panuluh. Selain bintang tamu tersebut, acara turut dibuka oleh sambutan dari Direktur Kemahasiswaan Universitas Airlangga dan ketua BEM KM Unair 2018 yaitu Galuh Teja Sakti.

 Acara tersebut menjelaskan berbagai hal mengenai Pertamina, mulai dari jenis-jenis BBM yang didistribusikan ke masyarakat, pemprosesan minyak, hingga proses rekrutmen dan seleksi pekerja di

®iklan

Pasang iklan Anda di sini!
Hubungi » 082112438727

®iklan

Pertamina. Meski Pertamina terhitung sebagai perusahaan energy kelas dunia, namun dibandingkan dengan perusahaan minyak dari negara lain masih cukup jauh dari segi pendapatan hingga rating perusahaan. Hal tersebut dapat dilihat dari sisi pendapatan yang diperoleh Pertamina yang hanya mencapai 36,5 million USD. Namun, Pertamina berkomitmen tetap terus berusaha untuk meningkatkan kapasitas dan kualitasnya dengan menggandeng negara-negara tetangga. Pertamina terus menggenjot produksi dengan saling bekerja sama dengan pihak luar negeri seperti dengan Irak, Malaysia, Myanmar, Italia, Perancis, Nigeria, Kanada, Afrika hingga Kolombia. Langkah tersebut diharapkan agar Pertamina dapat terus maju dan bersaing di industri energi kelas dunia. Tentunya dengan terus membangun mutu tenaga kerja yang kompeten dan berkualitas yang akan sangat berpegaruh bagi berjalannya produktivitas dan pencapaian Pertamina Mor V kedepan.

Pertamina dalam melakukan rekrutmen dan seleksi bagi para pekerjanya menggolongan sesuai dengan pendidikan terakhir, seperti lulusan SMA/SMK, D3/D4, dan S1 baik fresh graduate hiring maupun experienced hiring. Sebagai perusahaan yang senantiasa mengikuti perkembangan digitalisasi, Pertamina membuka seluruh proses rekrutmen dengan pendafftaran daring melalui sistem web dan tanpa dipungut biaya.

Pertamina senantiasa mengutamakan 6C dalam diri pekerjanya, yaitu clean, confident, competitive, customer focus, commercial, and capable. Sedangkan kompetensi yang harus dimiliki oleh pekerja antara lain adalah building trust, customer focus, work standard, dan initiating action. Dalam hal ini Pertamina pun tidak membatasi jurusan apapun untuk mendaftar menjadi pegawainya, karena mereka membutuhkan berbagai jurusan dalam mengisi posisi pekerjaan yang tersedia. Pertamina pun memiliki banyak beasiswa untuk mahasiswa yang dapat diakses secara langsung. Beasiswa ini merupakan salah satu cara Pertamina dalam berupaya dan berkontribusi kepada negeri, utamanya dalam bidang pendidikan.

 

Sharing-Sharing Bareng Aktivis Lingkungan dan Budayawan Muda

Selain mengedukasi kalangan mahasiswa dengan wawasan seputar Pertamina, dalam event yang dihelat di Universitas Airlangga ini juga mengadakan talk show yang diharapkan banyak gaya hidup kaum milenial yang lebih selalu memberi positive impact kepada lingkungan. Seperti yang dicontohkan oleh Ranitya Nurlita, narasumber sekaligus peraih mahasiswa terbaik IPB 2015 ini yang juga banyak mengikuti agenda-agenda isu lingkungan baik dalam tingkat Nasional hingga Internasional. Menurutnya, upaya dari gaya hidup cerdas dan ramah lingkungan merupakan hal yang paling utama yang bisa dibiasakan bagi kaum muda. Contohnya seperti upaya mengurangi penggunaan plastik seperti mengganti tas plastik dengan reusable bag, dapat meningkatkan kelestarian lingkungan dari pencemaran plastik, serta memberikan aksi nyata terhadap sesama adalah langkah awal untuk menyebarluaskan lifestyle go green dengan orang-orang di sekitar.

 Kemudian acara dilanjtkan dengan pemaparan yang inspiratif mengenai gaya hidup go green dalam acara Pertamina Goes To Campus dengan pembicara yang merupakan aktivitis lingkungan dan budayawan muda, Sabrang M.D.P atau lebih akrab dikenal sebagai Nue, vokalis band Letto. Ia menekankan kepada kaum milenial pada umumnya untuk berani dalam bermimpi dan tidak setengah-setengah dalam beraksi. Tidak lupa juga Nue berpesan untuk menjaga jati diri bangsa Indonesia yaitu gotong royong, sebab baginya yang membedakan Indonesia dengan negara lain adalah sikap gotong royong yang dimiliki apabila hal itu hilang maka hilang pula jati diri bangsa.

 

Reporter : Diva Oktaviana dan Fiqki Azhar Adriansyah


TAG#bem  #lingkungan  #universitas-airlangga  #