» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Pop Culture
BTS Penuhi Undangan Presiden Amerika Serikat di Gedung Putih
07 Juni 2022 | Pop Culture | Dibaca 298 kali
BTS kembali menorehkan prestasi dan sejarah yang membanggakan. Pada 31 Mei 2022 lalu, grup berisikan tujuh anggota tersebut memenuhi undangan dari pihak Gedung Putih (The White House) untuk melaksanakan diskusi berkaitan dengan anti-Asian Hate Crimes.

Retorika.id—Bangtan Sonyeondan atau yang lebih dikenal dengan nama BTS kembali mengukir sejarah yang membanggakan. Pada 31 Mei 2022 waktu Washington D. C. lalu, grup musik asal Korea Selatan yang debut tahun 2013 ini memenuhi undangan dari Presiden Joe Biden untuk hadir dan berdiskusi di Gedung Putih atau yang lebih dikenal dengan The White House. Adapun topik bahasan mereka berkutat pada anti-Asian Hate Crimes dan perayaan AANPHI Heritage Month, yang memang tengah menjadi pembahasan terkini di Amerika Serikat. Undangan yang ditujukan kepada BTS secara langsung itu dipublikasikan pada tanggal 26 Mei 2022 dengan keteragan “For Immidiate Release”.

Untuk mengawali kegiatan mereka di Gedung Putih, seluruh anggota BTS—Kim Namjoon (RM), Kim Seokjin (Jin), Min Yoongi (SUGA), Jung Hoseok (J-Hope), Kim Tahyung (V), Park Jimin, dan Jeon Jungkook—turut serta dalam press briefieng yang dipandu oleh juru bicara Gedung Putih, Karine Jean-Pierre.

®iklan
®iklan

Dalam press briefieng ini, tiap-tiap anggota BTS turut menyampaikan sepatah-dua patah kata.

Sebagai pembuka, RM, selaku pemimpin grup menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak Gedung Putih atas undangan yang mereka terima. “Merupakan sebuah kehormatan bagi kami dalam menerima undangan dari Gedung Putih untuk mendiskusikan perihal kejahatan anti-Asia, penyertaan Asia (Asian inclusion), dan juga keberagaman,” ujar RM.

Adapun Jin menyampaikan bahwa mereka, bersama dengan Gedung Putih, turut serta dan merayakan AANPHI Heritage Month. Melanjutkan pernyataan Jin, Jimin mengatakan bahwa BTS turut perihatin atas kasus-kasus kebencian yang terjadi, termasuk juga kejahatan anti-Asia.

“Dalam usaha untuk menghentikan kejahatan ini dan mendukung gerakan-gerakan yang menyuarakan keadilan, kami akan menggunakan kesempatan kali ini sebagai sarana dalam menyerukan kembali suara kami,” jelas Jimin.

Dalam gilirannya, J-Hope menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para penggemar mereka, ARMY. Jungkook, anggota termuda BTS, menyampaikan bahwa mereka masih merasa terkejut bagaimana musik yang diciptakan oleh musisi Korea Selatan mampu menyentuh seluruh dunia, melampaui batasan bahasa dan budaya yang ada.

“Kami percaya bahwa musik merupakan hal yang indah dan luar biasa dalam hal pemersatu,” tutur Jungkook.

SUGA menyatakan bahwa adanya perbedaan merupakan hal yang wajar. “Menjadi beda bukanlah hal yang salah. Saya rasa, kesetaraan tercipta ketika kita terbuka dan menerima seluruh perbedaan yang kita miliki,” ungkapnya.

“Tiap orang memiliki latar belakang dan sejarahnya masing-masing. Kami berharap bahwa dengan hari ini, kita mampu satu langkah ke depan untuk menghargai dan memahami tiap orang sebagai makhluk yang berharga,” tutup V, selaku anggota yang terkahir berbicara.

Dalam press briefing tersebut, BTS tidak membuka sesi tanya jawab. Adapun dalam pelaksanaan diskusi antara BTS dan Presiden Biden bersifat tertutup. Meskipun demikian, konten berupa video cuplikan singkat di mana BTS melakukan tur dan sesi berbincang dengan Presiden BTS. Video tersebut dipublikasikan melalui akun Twitter resmi milik Presiden Biden. Dalam video yang dipublikasikan pada 1 Juni 2022 lalu, Presiden Biden terlihat menyambut kedatanga BTS di kantornya. RM pun turut menyampaikan rasa terima kasihnya atas tindakan Presiden Biden yang telah menandatangani hukum atas Covid-19 Hate Crimes Act.

Video cuplikan kedua yang dipublikasikan melalui akun Twitter resmi Presiden Biden dirilis pada tanggal 5 Juni 2022 lalu. Dalam video tersebut, SUGA menyampaikan bahwa mereka BTS ingin menyampaikan lebih banyak lagi mengenai keberagaman. Ia juga berharap bahwa nantinya akan banyak kasus-kasus di mana perbedaan menyatukan orang-orang. Sebagai penutup, Presiden Biden menyampaikan bahwa dirinya turut mengapresiasi BTS.

 

Penulis:Dien Mutia Nurul Fata

Editor: Mei Nurkholifah


TAG#musik  #seni  #  #