» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Pop Culture
Downfalls High: Film Musikal dan Medley lagu Machine Gun Kelly Menjadi Satu
13 Februari 2021 | Pop Culture | Dibaca 178 kali
Downfalls High: Film Musikal dan Medley lagu Machine Gun Kelly Menjadi Satu: Sumber Foto: Facebook Machine Gun Kelly
Disutradarai dan dinarasikan sendiri oleh MGK, perilisan film musikal seperti "Downfalls High" menjadi terobosan menarik dalam pengemasan sebuah album.

Bulan September 2020 lalu Machine Gun Kelly menggandeng Travis Barker untuk Merilis album kelimanya yang berjudul “Tickets to My Downfall” dengan genre pop-punk. Selain berhasil memuncaki Billboard 200, album ini juga berhasil mencapai penjualan 126.000 keping pada minggu pertama perilisannya. Pada 15 Januari 2021, musisi yang kerap disapa MGK ini bersama dengan Mod Sun merilis premier film musikal berjudul “Downfalls High” di laman Facebooknya. Kemudian disusul dengan perilisan di kanal Youtube Machine Gun Kelly pada 19 Januari 2021.

Film ini dibintangi oleh Lil Huddy (Hudson) sebagai Fenix seorang remaja yang sulit mengekspresikan diri dan Sydney Sweeney sebagai Scarlett kekasih Fenix. Berdurasi 49.09 menit, Downfalls High menggambarkan tentang kisah percintaan dan pemberontakan remaja siswa sekolah menengah. Di sela-sela adegan, MGK beserta Travis Barker menampilkan beberapa track dari album MGK sebagai narasi dari film tersebut. Track yang dibawakan antara lain: Title Track, Kiss Kiss, Drunk

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

Face, Bloody Valentine, Forget Me Too (feat. Halsey), All I Know (feat. Trippie Redd), Lonely, WWIII, Concert for Aliens, My Ex's Best Friend (feat. Blackbear), Jawbreaker, Nothing Inside (feat. Iann Dior), Banyan Tree, Play This When I'm Gone, Body Bag (feat. Yungblud).

Jalan cerita yang disajikan film musikal ini cukup ringan dan singkat, diawali dengan pertemuan antara Fenix dan Scarlett dalam percakapan pertama mereka dan perjalanan kisah cinta mereka selanjutnya. Pada pertengahan film diceritakan Scarlett meninggal dalam sebuah kecelakaan saat perjalanan pulang setelah menemui Fenix. Fenix merasa terpukul akibat kepergian Scarlett, beberapa memori tentang mereka berdua kembali diputar bersama dengan lagu Machine Gun Kelly yang berjudul Lonely.

Kesedihan Fenix tidak berlarut, dibantu oleh sahabatnya, Fenix memenuhi keinginan dari Scarlett untuk menggelar penampilan sebagai grup band. Namun tidak berselang lama, Fenix kembali ditampar kenyataan ketika dia merebut tas Scarlett dari temannya dan menemukan buku harian. Dalam buku harian tersebut tertulis bahwa Scarlett telah mengandung anaknya dan berencana memberi tahu Fenix tentang kabar tersebut ketika mereka janji berjumpa. Namun perjumpaan itu tidak pernah terjadi sebab Scarlett telah meninggal. dan seketika itu pula Fenix menyadari bahwa dia telah kehilangan dua orang sekaligus. Diiringi lagu MGK berjudul Play This When I'm Gone, kesedihan semakin Fenix menjadi depresi, saat upacara sekolah dia menaiki panggung dan memotong telinga kirinya secara tiba-tiba dan tak terduga.

Film musikal Downfalls High disutradarai sendiri oleh MGK, dan dua minggu sejak perilisannya film ini telah mencapai 6,6 juta penonton. Menurut MGK dalam wawancaranya bersama NME, perilisan film musikal disertai medley lagu-lagu ini menjadi terobosan yang menarik dalam proses penggarapan sebuah album, mungkin diluar sana hampir sama seperti The Wall milik Pink Floyd. Dalam album Tickets to My Downfall, MGK berharap dapat menginspirasi anak muda untuk bermain gitar, hal ini juga perlihatkan pada adegan saat Fenix berusaha bangkit dan dapat mengekspresikan emosinya dalam musik saat dia mencoba tergabung dalam band.

 

Penulis: Frillian Ariani P.
Editor: Hani Elza

 

Referensi:

Facebook page Machine Gun Kelly. https://www.facebook.com/machinegunkellymusic/videos/729349857720441/

Youtube channel Machine Gun Kelly. Video: Machine Gun Kelly – Downfalls High. https://youtu.be/U07VKXydCUw

Nick Reilly. 2021. Machine Gun Kelly’s ‘Tickets to My Downfall’ musical attracts 16 million viewers. NME. https://www.nme.com/news/music/machine-gun-kellys-tickets-to-my-downfall-musical-attracts-16-million-viewers-2860127


TAG#film  #musik  #seni  #