» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: 082112438727.

Opini
Menyapa Kampus Oranyeku
27 Maret 2017 | Opini | Dibaca 664 kali
Kritik Fasilitas FISIP Unair: - Foto: Instagram/lpmretorikafisip

Surabaya, retorika.id - Halo FISIP-ers !! Mahasiswa mana sih yang tidak kenal dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga (Unair) kita ini? Bagi mahasiswa Unair yang menempuh pendidikan di Kampus B Unair sudah pasti tahu dengan fakultas oranye ini. Selain itu, fakultas ini menjadi salah satu fakultas yang tidak pernah mati aktivitasnya dari pagi hingga tengah malam. Namun, pernah tidak sobat memikirkan tentang fasilitas yang ada di kampus dengan kebutuhan kita, seperti kebutuhan akan tempat untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa (Student Center), fasilitas di toilet, atau pentingnya penggunaan CCTV (closed circuit television) serta ketersediaan wifi untuk mahasiswa.

Berbicara tentang wadah minat dan bakat, pernah tidak sobat ingin ikut sebuah perlombaan tetapi tidak tersedia wadah untuk mewujudkan keinginan tersebut ? Kita tahu bahwa banyak sekali potensi yang dimiliki mahasiswa di fakultas oranye ini. Seperti potensi di bidang Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), debat mahasiswa, jurnalistik, olahraga, dan masih banyak lagi.

Dimanakah harusnya potensi-potensi anak FISIP ini dapat dikembangkan ? Student’s Centre

®iklan

Pasang iklan Anda di sini!
Hubungi » 082112438727

®iklan

adalah jawabannya. Namun, apakah kalian tahu dimanakah student centre-nya fisip ? yaah.. jawabannya memang ‘tidak ada’. Seharusnya pihak fakultas segera menyediakan student centre tersebut untuk mengembangkan bakat-bakat mahasiswa FISIP, karena impact-nya juga akan kembali kepada fakultas, jika mahasiswanya dapat berprestasi di bidang yang dia tekuni.

Lalu bagaimana dengan fasilitas yang sudah dimiliki di fakultas ini ? Let’s check about theclassroom and toilets. Pernah tidak sobat memperhatikan kaca untuk dosen menulis berada di sisi kanan dan sisi kiri kelas. Belum lagi pada saat dosen menulis di kaca sisi kanan, alhasil yang duduk di sebelah kiri tidak bisa melihat, begitu pun sebaliknya. Beberapa mahasiswa berpendapat hal itu cukup mengganggu mereka dalam menerima materi dari dosen. Sehingga mahasiswa semakin besar hanya bisa menerima materi sebatas yang tertera pada slide power point.

Berlanjut pada fasilitas toilet, bisa dikatakan cukup memprihatinkan. Siapa yang tidak tahu bahwa air di toilet lantai 3 gedung A sering tidak mengalir, padahal gedung perkuliahan  berlangsung di lantai 3. Selain itu, sadarkah sobat jika di beberapa toilet bahkan tidak tersedia sabun dan tempat cuci tangan. Padahal kebutuhan akan toilet adalah salah satu hal yang penting bagi kita sebagai mahasiswa. Bagusnya fasilitas toilet juga merupakan salah satu penilaian mendasar terhadap penilaian fasilitas fakultas secara keseluruhan.

And the last... tentang CCTV yang dimiliki oleh kampus oranye kita, berbagai pendapat pro dan kontra muncul terkait dipasangnya kamera tersebut di setiap sudut ruang. Bagi fakultas, adalah baik untuk memberikan bukti peningkatan pengawasan terhadap mahasiswa dan seluruh aktivitas yang berada di sekitar kampus. Akan tetapi sebagian mahasiswa, mungkin sobat juga menganggap bahwa dengan adanya fasilitas ini seakan merasa dipenjara, yakni selalu diawasi gerak-geriknya.

Permasalahan CCTV tersebut mungkin tidak terlalu bermasalah, selama kita sebagai mahasiswa tidak melakukan hal yang buruk di kampus, tetapi bagaimana dengan ketersediaan Wifi yang dimiliki kampus kita tercinta? Sebagian mahasiswa berpendapat bahwa kebutuhan akan Wifi lebih utama daripada pemasangan kamera di setiap sudut fisip. Mungkin sobat akan lebih mudah menemukan kamera daripada wifi yang bisa digunakan. Mengingat notabene mahasiswa kampus ini yang lebih suka mengerjakan tugas di kampus, tentu membutuhkan fasilitas jaringan internet yang bagus dan mudah diakses. Faktanya,  jaringan internet tersebut masih minim dan belum mampu untuk bisa memfasilitasi seluruh kebutuhan mahasiswa FISIP.

Mengingat begitu banyaknya yang harus dibenahi, kami berharap pihak fakultas hendaknya segera memperbaiki fasilitas-fasilitas yang dimiliki. Mulai dari ketersediaan student centre, perbaikan tata ruang kelas, kelengkapan fasilitas toilet, evaluasi penggunaan CCTV, serta kurangnya jaringan internet (wifi). Semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan inspirasi kepada kita, khususnya mahasiswa FISIP untuk lebih peka terhadap fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh rumah kita dan menjadi bahan pertimbangan bagi pihak fakultas untuk bisa meningkatkan kembali kualitas fasilitas di FISIP. Sehingga Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga menjadi fakultas yang membanggakan bagi mahasiswa FISIP-nya sendiri dan memiliki image yang baik bagi fakultas lain, universitas, dan masyarakat. Semangat Sobat. Hidup Mahasiswa ! (Fa/Red)

 

-Virgiona Elsandra- 

Editor : Dwi Agustin


TAG#aspirasi  #fisip-unair  #gagasan  #inovasi