» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Info Kampus
Pendaftar Eksekutif Muda Membludak, Minat Ormawa di Unair Meningkat?
24 September 2023 | Info Kampus | Dibaca 426 kali
Pendaftar Eksekutif Muda Membludak, Minat Ormawa di Unair Meningkat?: - Foto: Instagram bemfisipunair
Pendaftaran Program Eksekutif Muda telah berakhir. Kali ini, Eksekutif muda membuktikan bahwa minat untuk bergabung dalam organisasi mahasiswa (ormawa) di FISIP meningkat dibandingkan tahun lalu, dibuktikan dengan membludaknya jumlah pendaftar hingga mencapai 160 orang.

Retorika.id - Open Recruitment Eksekutif Muda dibuka pada 3-6 September 2023 lalu. Program ini merupakan program kerja yang diselenggarakan Kementerian Kaderisasi dan Pengembangan Organisasi BEM FISIP Unair 2023. Program kerja ini dilaksanakan setiap awal tahun pembelajaran. Tujuannya adalah untuk memberi kesempatan bagi para mahasiswa baru mengenali dinamika berorganisasi di kehidupan kampus.

Eksekutif Muda tahun ini dinilai agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, jumlah pendaftar meningkat di luar ekspektasi. Tahun lalu, open recruitment harus diperpanjang karena rendahnya jumlah pendaftar, kali ini jumlah pendaftar eksekutif muda meningkat secara signifikan. 

“Tahun ini ada hampir 160 orang pendaftar dalam waktu 3 hari, menurut saya ini sangat luar biasa karena setelah tren tahun lalu menunjukkan bahwa minat mahasiswa terhadap organisasi menurun,” ujar Alfina. selaku menteri kementerian Kaderisasi dan


Pengembangan Organisasi BEM FISIP Unair. Membludaknya pendaftar mengakibatkan BEM FISIP Unair harus mengeliminasi hampir dari setengah pendaftar karena keterbatasan kuota sehingga lebih dari 50% pendaftar harus tereliminasi.

Faktor meningkatnya pendaftar ini beragam, salah satu Eksekutif Muda dari kementerian Seni dan Budaya, Annabel menjelaskan bahwa ia tertarik dengan program kerjanya. “Karena emang tertarik aja, mau coba hal-hal mumpung masih maba, terus karena proker-prokernya menarik banget. Proker senbud (seni budaya) terutama,” kata Annabel. 

“Aku pernah jadi ketua OSIS pas SMP, jadi kurang lebihnya udah ngerti sedikit tentang organisasi ikatan dan tekanan dari sekolah atau kampus, pun juga dari Sinlui TV. Jadi gabung Eksekutif Muda bener-bener udah dipertimbangkan baik dari keterikatan, proker, tekanan, pekerjaannya, dan lain lain,” papar Annabel. 

Alfina juga mengonfirmasi minat dan pengalaman para mahasiswa baru di bidang organisasi sudah terbilang cukup. Dibuktikan dari sesi wawancara dan FGD yang dilakukan setiap kementerian BEM FISIP Unair.

“Ketika sesi wawancara dari calon-calon Eksekutif Muda itu banyak sekali yang sudah mulai perjalanan berorganisasi dari SMP dan SMA, di dunia kampus mereka pengen mendalami lagi dengan lingkup yang lebih luas lagi. Disamping itu saat sesi diskusi studi kasus juga mereka memiliki pengetahuan dasar yang cukup di bidangnya masing-masing, sehingga mereka ingin mendalami BEM FISIP. Untuk sesinya sendiri sebenernya masuk di tahap wawancara dan menyesuaikan kementerian masing-masing. Beberapa kementerian melakukan focus group discussion (FGD) untuk menyelesaikan permasalahan atau studi kasus.” Jelas Alfina. 

Namun, walau pendaftar Eksekutif Muda dinilai tinggi, tak semua eksekutif muda yakin untuk melanjutkan kegiatan ini hingga open recruitment BEM FISIP nanti. Pasalnya, ia memutuskan untuk mengobservasi jalannya eksekutif muda untuk membuat keputusan tersebut. “Emang niat dari awal tapi buat lanjut engganya kita liat setelah dinamika beberapa bulan kedepan ini,” tambah Annabel. 

Terlepas dari itu, Alfina selaku Menteri Kaderisasi dan Pengembangan Organisasi BEM FISIP Unair memiliki harapan harapan tinggi pada para eksekutif muda untuk tetap semangat dan terus berlanjut hingga pendaftaran BEM FISIP nanti dibuka. 

“Harapan sendiri ada dua sebenarnya, yang pertama untuk BEM FISIP semoga bisa menjadi wadah yang baik bagi temen temen eksmud untuk berproses dan belajar. Dan untuk eksmud, semoga mendapat pembelajaran yang diharapkan, dapat menunggu gagasan yang dibawa. Serta harapan besar juga untuk seluruh pendaftar eksmud 2023 semangat belajar di wadah eksekutif ini akan terus berlanjut hingga nanti recruitment staf di kabinet baru tahun depan,” pungkas Alfina sebagai penutup

 

 

Penulis: Penulis : Anisa Eka Febrianti

Editor: Shafira Brihan

 


TAG#aspirasi  #bem  #fisip-unair  #