» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Info Kampus
UFO Daring Usai, Euforia Kurang Dirasakan
03 Desember 2020 | Info Kampus | Dibaca 378 kali
UFO Daring Usai, Euforia Kurang Dirasakan: sumber: Foto: Dokumentasi pribadi/Faiz Zaki
“Euforia pelaksanaan United FISIP Orientation tahun ini memang terasa kurang. Situasi pandemi memaksa acara tersebut terlaksana selama satu semester. Kekurangan teknis pun tetap tidak luput dari sorotan.”

retotika.id- United FISIP Orientation (UFO) 2020 akhirnya resmi ditutup pada Minggu (29/11/2020). Penutupan digelar secara daring melalui Zoom sejak pukul 13.00 sampai 16.00 WIB.

Banyak keterbatasan selama pelaksanaan UFO pada tahun ini. Kondisi pandemi memaksa ospek harus tetap dilaksanakan daring sampai selesai.

Hambatan teknis pada jaringan dan teknologi pendukung lain menjadi faktor yang sering dikeluhkan. Selain itu, perubahan jadwal oleh pihak dekanat memaksa

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

panitia harus tetap siap siaga.

Keluhan ini diakui oleh Ketua Pelaksana, Fety Vanda, kepada Retorika pada Senin (30/11/2020). Pengarahan mendadak karena revisi jadwal dari dekanat mau tidak mau disesuaikan.

“Sehingga banyak briefing dadakan, bahkan perubahan mata acara,” ujarnya.

Walau begitu Fety menilai, substansi selama acara tidak ada perubahan dan sesuai perumusan awal. Mahasiswi Ilmu Komunikasi 2018 itu mengakui, hal yang telah disebutkan di atas adalah kekurangan dalam acara tahun ini.

Euforia UFO tahun 2020 pun tidak semeriah pada tahun sebelumnya. Pendapat ini dirasakan oleh Jennifer Sheila, seorang mahasiswi baru dari Ilmu Politik.

Jennifer menilai, keterbatasan bertatap muka dan minim komunikasi menjadi penghalang. Dia merasakan panitia juga kurang komunikasi dengan peserta yang mengakibatkan jadwal molor.

“Kadang juga kurangnya komunikasi dari pihak panitia sendiri, sama narasumber yang akan dihadirkan, membuat acara yang sudah terjadwal jadi berubah,” terang Jennifer pada Selasa (1/12/2020).

Terkait penugasan selama UFO, mahasiswa baru diwajibkan oleh panitia agar melatih tanggung jawab dan berpikir kritis. Sebagai ketua panitia, Fety juga memeriksa hasil tugas dan memastikan agar mahasiswa baru paham.

Cara tersebut juga dinilai sebagai indikator keberhasilan selama pelaksanaan UFO.

 

Penulis: Faiz Zaki

Editor: Aisyah Amira Wakang


TAG#event  #fisip-unair  #universitas-airlangga  #