» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Info Kampus
Distribusi Atribut Almamater Belum Merata, Apa Urgensinya untuk Maba?
11 Februari 2021 | Info Kampus | Dibaca 371 kali
Distribusi Atribut Almamater Belum Merata, Apa Urgensinya untuk Maba?: sumber: Foto: Humas Unair
Beberapa mahasiswa baru mengeluhkan pembagian atribut almamater yang belum merata. Sebagian dari mereka merasa bahwa atribut almamater memiliki fungsi yang cukup penting. Tidak adanya kepastian dan konfirmasi dari pihak kampus juga membuat mahasiswa baru kebingungan. Akhirnya, pihak kampus memberikan kepastian pada Selasa (9/2/2021).

retorika.id- Perkara distribusi jas almamater kampus menjadi sorotan beberapa mahasiswa baru angkatan 2020, khususnya bagi mereka yang belum mendapatkan jas almamater itu sendiri. Pasalnya, mahasiswa baru tahun 2020 telah menyelesaikan perkuliahan selama satu semester.

Namun, selama satu semester ini, masih ada beberapa mahasiswa baru yang kebingungan karena pihak kampus belum memberi kejelasan terkait proses pembagian almamater.

Mengenai atribut almamater Unair, mahasiswa baru angkatan 2020 memiliki beberapa alasan mengapa mereka harus memiliki atribut almamater kampus secepatnya.

Menurut penuturan Khansa, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) mengatakan, atribut almamater berfungsi untuk kegiatan para mahasiswa baru (Maba) di sekolah mereka masing-masing. Hal ini dikarenakan dalam kegiatan itu para alumni menggunakan atribut almamater sebagai simbol identitas mereka. Karena itulah ia merasa atribut almamater harus secepatnya diberikan.

“Biasanya banyak

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

event-event untuk maba buat sosialisasi ke adik kelas di sekolahnya dan bisa pakai almet buat ciri khas,” tulisnya melalui pesan WhatsApp saat dihubungi tim Retorika.

Ia juga berharap bahwa pendistribusian atribut almamater bisa lebih efisien dan merata karena mahasiswa Unair tidak hanya berasal dari Surabaya saja.

Senada dengan Khansa, Sarah, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) berujar jika atribut almamater merupakan simbol identitas bagi para mahasiswa. Dengan memakai atau memiliki atribut almamter itu, orang-orang bisa tahu tempat dimana dirinya berkuliah. “Jadi dengan almet itu, orang bisa langsung lihat kita kuliah di mana,” jelasnya.

Sarah menyadari bahwa kondisi sekarang memang kurang memungkinkan apabila harus datang langsung ke kampus untuk mengambil atribut almamater. Ia juga pesimis jika pihak kampus akan mengirimkan atribut itu melalui pos atau semacamnya, karena jarak yang jauh dan banyaknya atribut yang harus dikirimkan. Meskipun begitu, ia tetap ingin menerima atribut itu secepatnya.

Atribut almamater juga penting dalam beberapa kegiatan di dalam kampus tingkat prodi, fakultas, dan universitas. Menurut Azzam, mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB), mengatakan bahwa atribut almamater diperlukan juga dalam mengikuti beberapa kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi mahasiswa, khususnya di Unair. “Ada event-event selevel dari fakultas sama Himpunan Mahasiswa (Himas) itu perlu adanya penggunaan almamater,” terangnya.

Azzam juga merasa ada yang hilang karena tidak adanya simbol identitas yaitu atribut almamter. Ia mengkhawatirkan bila pendistribusian atribut ini akan bersamaan dengan masuknya mahasiswa angkatan 2021, ia menganggap bahwa hal itu akan menimbulkan masalah.

Oleh karena itu, ia menginginkan atribut almamater dapat diberikan secepatnya, karena ada cara alternatif yang dapat dilakukan pihak kampus dalam pendistribusian seperti dikirim menggunakan pos atau semacamnya.

Terkait keluhan tersebut, tim Retorika pun akhirnya mencoba menghubungi pihak kampus guna mengetahui alasan pendistribusian atribut almamater yang belum merata.

“Dari data yang ada sudah (didistribusikan) 70%. Awal tahun kemarin, kan, masih lockdown. Tapi ini segera kita distribusi lagi. Jadi, kendalanya karena pandemi ini. Tidak bisa grudukan ambil.” terang Dr. M. Hadi Subhan, S.H., M.H., C.N., selaku Direktur Kemahasiswaan (8/2/2021).

Dr. M. Hadi juga menambahkan bahwa untuk distribusi almamater ini ditargetkan selesai antara Februari hingga Maret. Beliau juga menyadari bahwa ada kendala dari mahasiswa di beberapa daerah yang ingin mengambil almamater ke kampus, karena faktor-faktor tersebut.

Tetapi, Selasa (9/2/2021) pihak kampus akhirnya menyebarkan surat edaran terkait kepastian pengambilan almamater bagi mahasiswa baru tahun 2020. Setidaknya, hal ini menjawab keluhan dan keresahan mereka.

 

Penulis: Adiesty Anjali & Putra Pradana

Editor: Aisyah Amira Wakang


TAG#dinamika-kampus  #gagasan  #universitas-airlangga  #