» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: 085850150198.

Info Kampus
Program Kreativitas Mahasiswa Tembus, Mahasiswa Sosiologi Segara Aksi Nyata
12 April 2017 | Info Kampus | Dibaca 1701 kali
PKM: Mahasiswa Sosiologi melakukan kegiatan sosialisasi Foto: Yoga

Surabaya, retorika.id Sejumlah mahasiswa sosiologi Universitas Airlangga yang lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dalam bidang pengabdian masyarakat melakukan sosialisasi pencegahan narkoba sejak dini. Kegiatan pertama mereka pada 8 April 2017  yakni perkenalan yang dibungkus dengan permainan jaring laba-laba.

Program yang dilakukan di jalan Ambengan Selatan karya ini selain melakukan sosialisasi, juga berupaya membentuk kader yang berbasis jaringan sosial. Berdasarkan Proposal Program-program yang akan dilakukan yakni pendekatan awal, penyampaian materi dengan cara interaktif, simulasi pencegahan dan pemberantasan narkoba serta evaluasi.

Pada tahap pendekatan awal dilakukan

®iklan

Pasang iklan Anda di sini!
Hubungi » 082112438727

®iklan

pengenalan dan pendekatan awal terhadap anak jalanan dengan cara ramah tamah. Kegiatan ini berupa kegiatan outbond dan focus group discussion (FGD) untuk membangun kesadaran mengenai permasalahan-permasalahan yang dialami mereka sebagai anak jalanan.

Pada tahap simulasi mahasiswa mengajak anak jalanan mempraktikkan secara langsung hal-hal yang bisa dilakukan untuk menyuarakan tentang bahaya narkoba pada masyarakat umum melalui kreativitas mereka. Kegiatan ini berisi edukasi kreatif tentang simulasi P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan serta Peredaran Gelap Narkoba).

Dalam penyampaian materi tentang Narkoba  dilakukan dengan cara yang kreatif, berupa Cerita Boneka, Dialog Alam Interaktif, Permainan Detektif Narkoba dan Visitasi BNN. Tujuannya agar mereka mudah mengerti materi tentang narkoba dengan cara – cara yang menyenangkan.

Tahap akhir dari seluruh pelaksanaan dan merupakan follow up dari program, serta diadakan evaluasi dari laporan hasil kegiatan para kader dalam pencegahan narkoba di lingkungan anak jalanan. Dalam tahap ini para kader akan menerima reward atas pencapaiannya. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan berupa gelar karya buatan anak jalanan selama kegiatan ini berlangsung.

Jumalah anak-anak yang hadir berjumlah sekitar 50, pada waktu perkenalan terlihat sangat bersemangat mengikuti tahap perkenalan yang dibungkus permainan yang menarik. Orang tua yang melihat saat berjalannnya program pun mengatakan “Saya sangat senang anak-anak dapat bermain sambil belajar”.

Arini koordinator adik binaan Save Street Child Surabaya (SSCS)  mengatakan memang sangat perlu adanya sosialisasi mengenai bahaya narkotika. Karena di daerah jalan Ambengan Selatan Karya, pengaruh untuk terjerumus ke narkotika cukup kuat. Maka dari itu, mereka harus dibentengi dengan program-program sosialisasi pencegahan narkotika apalagi jika dibungkus dengan cara yang menarik. Arini menambahkan, “ Hari ini yang mengikuti lebih dari biasanya, jadi sangat ramai sekali,” imbuh Arini.

Penulis: Oktavimega Yoga Guntaradewa

Editor: Endah Fitri Amalia

 


TAG#budaya  #fisip-unair  #gagasan  #inovasi