» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Info Kampus
Gelar Aksi, AMU Tuntut Penurunan UKT Unair
28 Juli 2020 | Info Kampus | Dibaca 306 kali
Poster Seruan Aksi AMU: Tuntut penurunan 50% UKT Foto: Akun Instagram/@aliansimahasiswaunair
Kebijakan Uang Kuliah Tunggal (UKT) Universitas Airlangga yang masih diresahkan oleh para mahasiswa memunculkan gerakan dari berbagai elemen, yakni Aliansi Mahasiswa Unair (AMU) dan Emosi Jiwa (EMOJI) Airlangga. Keduanya memutuskan untuk mendukung satu sama lain, baik dari aksi diplomasi yang diperjuangkan oleh EMOJI maupun aksi massa oleh AMU yang akan dilaksanakan pada Rabu (29/07/2020) di Gedung Rektorat Kampus C Unair.

retorika.id- Konsolidasi kedua yang diadakan oleh pihak Aliansi Mahasiswa Unair (AMU) telah dilaksanakan pada Senin (27/07/2020) melalui Zoom. Pertemuan yang dihadiri oleh sekitar 40–50 orang mahasiswa ini merupakan lanjutan dari konsolidasi pertama AMU bersama EMOJI Airlangga pada Sabtu (25/07/2020) kemarin yang membahas gerakan penurunan UKT Universitas Airlangga.

Meskipun pihak EMOJI belum mengambil sikap terkait usulan aksi massa yang akan dilakukan oleh AMU hingga pada konsolidasi 2, akhirnya AMU sendiri memutuskan untuk tetap melakukan aksi pada Rabu (29/07/2020) pukul 10.00 WIB di gedung rektorat Kampus C Unair. Informasi tersebut sudah

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

disebarkan melalui akun Instagram AMU (@aliansimahasiswaunair).

“Intinya dari EMOJI dan AMU sendiri memang saling mendukung satu sama lain karena jalan kita sama, namun dalam aksi besok, secara aliansi, kawan-kawan EMOJI ini belum bisa mengambil sikap untuk bergabung dalam aksi besok ini,” ujar Bobby selaku perwakilan dari AMU.

Dalam aksi turun massa nanti, AMU mengajukan lima tuntutan, yakni:
1. Turunkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sekurang-kurangnya 50% tanpa syarat kepada seluruh golongan

2. Adanya transparansi keuangan Universitas Airlangga berupa Rancangan Anggaran Biaya (RAB)

3. Berikan subsidi terkait pelaksanaan kuliah daring kepada mahasiwa/i berupa bantuan kuota internet yang layak selama perkuliahan daring berlangsung

4. Bebaskan biaya UKT bagi mahasiswa akhir

5. Legalisasi 4 tuntutan di atas dalam bentuk penerbitan SK Rektor Unair yang baru mengenai pembiayaan UKT

Alasan tuntutan pada poin pertama telah dilakukan perhitungan oleh pihak AMU. “Kalau 50% ini kan sekurang-kurangnya. Bisa lebih dari itu bahkan, bisa 70%, dst. Pembebasan pun kita juga mengamini. Selain itu, ada batasan 50% ini ada dua pertimbangan. Pertama, masalah prinsip dari pertimbangan keadilan tadi, kita tidak menggunakan fasilitas kampus dan sebagainya. Yang kedua, masalah data. Ini ada hitungan-hitungan atas laporan keuangan universitas pada tahun 2019 lalu,” jelas Bobby.

AMU sendiri telah menyiapkan panduan protokol kesehatan dalam aksi turun massa di tengah pandemi besok. Untuk mahasiswa yang ingin ikut aksi diharapkan menggunakan masker, jaga jarak minimal satu meter, tidak lupa membawa air minum sendiri, memakai topi atau pelindung kepala, tidak mengikuti aksi apabila temperatur suhu tubuh tinggi atau kondisi bahan menurun, serta membawa obat-obatan pribadi.

Penjelasan data secara rinci juga dapat dilihat melalui link kajian akademik oleh AMU, https://bit.ly/kajianuktunair.

Penulis: Aisyah Amira Wakang


TAG#aspirasi  #demonstrasi  #gagasan  #universitas-airlangga