» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: 081281600703.

Info Kampus
Seremoni Penyerahan Beasiswa Swakarsa
16 Oktober 2019 | Info Kampus | Dibaca 54 kali
Penyerahan Beasiswa: Beasiswa Swakarsa Foto: dokumentasi pribadi/Nanda Pradina
Seremoni penyerahan Beasiswa Swakarsa Prosus Inten Jawa Timur yang bekerjasama dengan Pusat Pengelolaan Dana Sosial (PUSPAS) Universitas Airlangga (UNAIR) dilaksanakan hari ini (15/10), bertempat di Ruang Sidang Pleno Kantor Manajemen Universitas Airlangga. Tujuan diberikannya beasiswa ini adalah untuk membantu dan mempermudah mahasiswa yang kurang mampu secara finansial dalam menjalani kehidupan perkuliahan

retorika.id - Seremoni penyerahan Beasiswa Swakarsa Prosus Inten Jawa Timur yang bekerjasama dengan Pusat Pengelolaan Dana Sosial (PUSPAS) Universitas Airlangga (UNAIR) dilaksanakan hari ini (15/10), bertempat di Ruang Sidang Pleno Kantor Manajemen Universitas Airlangga.

Acara ini dihadiri oleh tujuh orang perwakilan penerima Beasiswa Swakarsa, Bapak Tigor Tampubolon selaku pemilik Prosus Inten beserta staf, Ibu Tika selaku Ketua PUSPAS Unair, dan Ibu Desi selaku koordinator bidang penyaluran. Acara ini pun juga dihadiri oleh perwakilan BEM Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), dengan tujuan agar PUSPAS dapat mensosialisasikan program beasiswa yang dimilikinya.

Dimulai pada pukul 12 siang, acara dibuka dengan penayangan video testimoni dari para penerima

®iklan

Pasang iklan Anda di sini!
Hubungi » 082112438727

®iklan

Beasiswa Swakarsa. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan perkenalan mahasiswa penerima beasiswa, dan disusul dengan sambutan yang dilakukan oleh Bapak Tigor Tampubolon. Dalam sambutannya, Bapak Tigor Tampubolon mengatakan bahwa tujuan diberikannya beasiswa ini adalah untuk membantu dan mempermudah mahasiswa yang kurang mampu secara finansial dalam menjalani kehidupan perkuliahan.

Bapak Tigor Tampubolon kemudian tidak lupa memberi nasehat bagi mahasiswa, yakni bahwa mahasiswa harus berpikir realistis dan berani dalam mengambil setiap kesempatan yang ada selama perkuliahan, demi bekal di masa depan.

“Pengalaman kerja dan pengalaman organisasi merupakan hal yang penting bagi setiap mahasiswa. Mahasiswa harus berpikir pararel, tidak linear atau lurus-lurus saja, misalnya karena kuliah jurusan ini, maka harus kerja sesuai jurusan. Mahasiswa harus mengambangkan diri semaksimal mungkin”, jelas Bapak Tigor Tampubolon.

Beasiswa Swakarsa sendiri sebenarnya hanya ditujukan bagi mahasiswa UNAIR Surabaya saja. Namun dikarenakan adanya minat yang besar, maka program ini diperluas hingga menjangkau mahasiswa UNAIR Banyuwangi.

Setelah dilakukannya seleksi wawancara pada 24 September bagi mahasiswa Surabaya dan 3-4 Oktober bagi mahasiwa Banyuwangi, dipilihlah enam mahasiswa Surabaya dan empat mahasiswa Banyuwangi selaku penerima Beasiswa Swakarsa.

Pengumuman dilaksanakan pada 12 Oktober lalu, melalui akun instagram PUSPAS UNAIR. Setiap mahasiswa akan menerima dana sebesar Rp 1 juta per bulan bagi mahasiswa Surabaya, dan Rp 500 ribu per bulan bagi mahasiswa Banyuwangi. Peninjauan program beasiswa sendiri akan dilakukan setiap tiga bulan sekali.

Salah satu penerima beasiswa, Nita Puspita Sari, Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya angkatan 2016 mengatakan bahwa selama proses penyerahan berkas dan seleksi wawancara, semua berjalan dengan lancar. Mengetahui informasi mengenai adanya Beasiswa Swakarsa dari teman, Nita berharap bahwa beasiswa ini dapat menunjang studi yang sedang ia jalani.

“Dengan adanya beasiswa yang kemudian dapat mempermudah masalah finansial, saya berharap dapat menggunakannya untuk menopang dan mengembangkan prestasi akademik. Uangnya bisa dibuat beli buku atau literatur-literatur lain yang diperlukan selama perkuliahan”, jelas Nita.

 

Penulis: Nanda Pradina