» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: 085850150198.

Info Kampus
Sekarang Semua Bisa Jadi Citizen Journalist!
22 Februari 2019 | Info Kampus | Dibaca 423 kali
Menjadi Citizen Journalist: Workshop Retorika Foto: M. Irfan Afwandi
Perputaran informasi yang begitu cepat, menuntut partisipasi masyarakat untuk turut terjun sebagai "Citizen Journalist". Melalui serangkaian acara workshop yang diadakan Retorika, peserta dibimbing untuk memahami kaidah dan etika jurnalistik agar bisa menjadi bagian dari Citizen Journalist.

retorika.id - Pada 24 November 2018 lalu, LPM Retorika mengadakan Workshop dengan tema Improve Your Skill To Be A Great Citizen Journalism yang dilaksanakan di Aula Soetandyo, Gedung C FISIP Universitas Airlangga. Gate sudah dibuka pukul 08.30 dan sudah ramai dipenuhi pengunjung sejak pagi hari. Tujuan diadakannya acara ini adalah karena kebutuhan informasi, kini setiap individu bisa mendedikasikan dirinya sebagai “Citizen Journalist”, dengan memberitakan hal-hal di sekelilingnya melalui unggahan di media sosial masing-masing. Dan tentunya dengan memahami etika dan kaidah penulisan seperti jurnalis.

Pemateri-pemateri yang hadir juga menaikkan antusiasme pengunjung untuk mendengarkan materi-materi yang disampaikan hingga acara selesai. Pemateri Workshop ini adalah Dr. Wahyu Wibowo (Pakar Bahasa dan Komunikasi), Dwi Eko Lokononto (Owner BeritaJatim.com), Wahyu Djatmika (Pimpinan

®iklan

Pasang iklan Anda di sini!
Hubungi » 082112438727

®iklan

Redaksi Tempo), dan Ambrosius Harto Imanuel (Jurnalis Kompas).

Ambrosius menyampaikan materi mengenai Idealisme Jurnalis, Dwi Eko Lokononto menyampaikan materi mengenai Dunia Digital : Tantangan dan Peluang, Dr. Wahyu Wibowo menyampaikan materi Etika & Kebutuhan Jurnalis Pada Kode Etik , serta Wahyu Djatmika menyampaikan 2 materi, yaitu mengenai Citizen Journalist yang Baik, Community Media yang Berhasil dan How to Write Effectively.

Ketika Tanya Jawab berlangsung, peserta workshop menanyakan banyak hal kepada keempat pemateri tersebut, yang juga dijawab langsung oleh keempat-empatnya.

 Sebelum acara berakhir, terdapat doorprize untuk pemenang yang beruntung. Syaratnya peserta worksop diwajibkan mempraktikkan apa yang telah diperoleh dari materi-materi workshop yang diberikan, dengan cara menulis berita sebagai “Citizen Journalist” di akun Instagram masing-masing. Pemenang akan mendapatkan Free Webhosting selama satu tahun untuk tiga orang pemenang.

Worskhop ini ditutup oleh penampilan dari Sisir Tanah, solois inide yang sukses menyihir pengunjung untuk menikmati alunan musiknya hingga penghujung acara.

Pada akhirnya, workshop ini mendapat respon baik dari para pengunjung, pemateri, hingga sang Guest Star, yaitu Sisir Tanah.

Salah seorang peserta, Firdatul Azizah menyampaikan pendapatnya tentang gelaran acara ini, “Menurutku acara workshop gitu bagus banget! Seharusnya acaranya bisa diikuti masyarakat mana aja, nggak cuma FISIP, mengingat banyak banget berita hoaks. Setelah ikut acara harusnya lebih sadar akan pentingnya literasi”.

“Apalagi kita disuguhi pembicara dari beberapa portal media, yang dari sharing mereka kita jadi tahu, oh jadi jurnalis kayak gitu etikanya kayak gitu. Karena pas baca berita kan nggak semua orang sadar kalau nggak semua berita bener-bener netral, ‘kan berita juga hasil dari opini orang. Tergantung kita menangkapnya seperti apa”, imbuhnya.

Adanya workshop ini menjawab kebingungan masyarakat dalam hal bagaimana menjadi seorang jurnalis yang baik, agar terhindar dari hoax dan menulis artikel sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar dapat memberikan informasi yang baik untuk orang lain.

Selain itu kebutuhan pada era informasi sekarang, menuntut pemberitaan yang cepat, sehingga masyarakat pun bisa mendedikasikan dirinya sebagai Citizen Journalist, tentunya dengan pemahaman kaidah-kaidah jurnalistik yang mendasar pula, apalagi kepemilikan smartphone dan adiksi masyarakat pada media sosial, bisa menjadi ladang bagi pemberitaan oleh Citizen Journalist.

Sampai jumpa di Workshop Retorika berikutnya!

 

Reporter : Aisyah Danti


TAG#event  #lpm-retorika  #pers-mahasiswa  #portal-web-pers-mahasiswa