» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: 081281600703.

Info Kampus
IR-FEST, Ospek Jurusan Ala Hubungan Internasional
01 September 2018 | Info Kampus | Dibaca 749 kali
IR-FEST, Ospek Jurusan Ala Hubungan Intenasional: - Foto: IG IR-FEST 2017
Berbicara mengenai ospek jurusan, prodi HI memilili konsep yang menarik dalam penyelenggaraannya. Acara bertajuk IR-FEST (International Relations Fun-Educational and Self Improvement) yang berlangsung mulai dari awal Agustus hingga Oktober nanti menyuguhkan sisi ospek dengan nuansa akademis dengan tak melupakan sisi "fun" untuk mengakrabkan hubungan antar mahasiswanya.

Ospek Jurusan, atau yang lebih dikenal dengan osjur, merupakan salah satu rangkaian kegiatan orientasi bagi para mahasiswa baru, yang dilaksanakan oleh masing-masing jurusan untuk memperkenalkan lebih dalam seluk beluk jurusan yang akan mereka pelajari. Salah satu prodi FISIP UNAIR yang menyelenggarakan osjur adalah prodi Hubungan Internasional (HI). Osjur yang dilaksanakan oleh HI ini bernama International Relations Fun-Educational and Self Improvement, atau kerap disebut dengan IR-FEST. Sebagai langkah awal untuk memperkenalkan para mahasiswa baru dengan dunia prodi Hubungan Internasional, IR-FEST memiliki berbagai macam kegiatan, antara lain Paper Clinic, Short Democratic Course (SDC), International Day Project

®iklan

Pasang iklan Anda di sini!
Hubungi » 082112438727

®iklan

(IDP), International Relations Introduction of Survival (IRIS), dan kegiatan-kegaiatan yang lain.

Dalam pelaksanaannya, masing-masing dari kegiatan tersebut memiliki tujuannya sendiri-sendiri. Misalnya dalam Paper Clinic, mahasiswa diberi bekal tentang bagaimana cara mengerjakan jurnal dengan baik, termasuk dalam bagaimana mencantumkan sitasi dan referensi, serta diperkenalkan pula bentuk-bentuk plagiarisme dalam dunia kepenulisan. Sementara itu, dalam kegiatan SDC, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengetahui bagaimanakah Model United Nation (MUN) itu berlangsung. Dalam kegiatan ini, para mahasiswa baru dibagi dalam beberapa kelompok yang terdiri dari sejumlah negara, untuk kemudian merundingkan isu internasional tertentu serta mencari langkah terbaik untuk menghadapi isu tersebut.

Tidak hanya itu, rangkaian acara IR-FEST pada dasarnya juga memiliki sisi fun-nya tersendiri, yakni ketika kegiatan IRIS berlangsung. Dalam kegiatan ini, mahasiswa dapat melakukan sejumlah permainan berkelompok, namun masih dibumbui dengan aspek-aspek yang berkaitan dengan Hubungan Internasional seperti pentingnya menjaga identitias, serta bagaimana melakukan negosisasi dengan baik dan tidak merugikan salah satu pihak.

Ketua Penyelenggara IR-FEST tahun 2018, M. Arfani Iksan, menjelaskan bahwa IR-FEST dapat menjadi starter-kit bagi para mahasiswa baru untuk melatih hard skill dan soft skill yang berguna bagi dunia perkuliahan. “IR-FEST juga dapat menjadi sarana untuk mempererat hubungan kekeluargaan antar mahasiswa Hubungan Internasional”, pungkas Arfani.

Salah satu mahasiswa HI 17, Demas Nauvarian, juga berpendapat bahwa nilai-nilai yang diusung dalam IR-FEST benar-benar terimplementasikan dalam setiap mata acara yang diadakan. “Mata acara-mata acara yang diadakan beneran didesain buat ngasih gambaran umum untuk maba tentang HI itu sendiri, tanpa melupakan sisi fun dan tidak memberatkan. Apalagi tidak ada kekerasan dalam bentuk apapun, baik verbal maupun fisik. Sehingga benar-benar merupakan sarana penetrasi nilai-nilai HI Unair yang efektif” jelas Demas.

 

Penulis : Nanda Pradina Putri


TAG#fisip-unair  #universitas-airlangga  #  #