» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Pop Culture
Tips Mengatur Waktu antara Kuliah, Organisasi, dan Kegiatan di luar Kampus
01 Juni 2022 | Pop Culture | Dibaca 491 kali
Mahasiswa tidak pernah terlepas dari banyak kegiatan yang dijalani, utamanya adalah berkuliah kemudian berorganisasi maupun kegiatan lainnya di luar kampus. Seringkali mahasiswa menjadi bingung dalam mengatur waktunya antara kuliah dan berorganisasi. Pada dasarnya menerapkan tips mengatur waktu antara kuliah dan organisasi memiliki banyak manfaat salah satunya membuat tugas kuliah dan organisasi tidak terbengkalai.

Retorika.id - Banyak mahasiswa menjadi dilema saat dihadapkan pilihan untuk fokus berkuliah atau juga fokus untuk berorganisasi di perkuliahan. Seperti yang diketahui keduanya adalah sama sama hal penting, kuliah penting karena memang tujuan masuk universitas adalah untuk berkuliah, akan tetapi berorganisasi juga tak kalah penting untuk menambah pengalaman dan mengembangkan skill individu dan berkelompok.

 

Untuk itu mengatur kegiatan antara berkuliah dan berorganisasi menjadi hal yang penting agar keduanya berjalan sesuai dan salah satunya tidak terbengkalai. Dalam hal ini Fildzah Nadiyah mahasiswa FISIP 2020 yang aktif di banyak organisasi seperti BEM Universitas Airlangga, Ketua departemen di SKI Fisip Unair,


Wakil kepala divisi di PT Hipmi Unair, dan brand ambassador literasi psikologi Indonesia. akan berbagai tips mengatur waktu antara kuliah, berorganisasi, dan berkegiatan lain di luar kampus.

 

  1. Tentukan skala prioritas

Menurut Fildzah Nadiyah menentukan skala prioritas merupakan hal yang utama dalam mengatur waktu. Hal ini karena jika sudah paham mana yang skala prioritas maka dalam menjalankan berbagai kegiatan kemudian dihadapkan pada dua kegiatan yang waktunya bersamaan maka tidak perlu dilema berkepanjangan lagi tinggal memilih mana yang menjadi prioritas kita.

  1. Buat dirimu senang menjalani kegiatanmu

Membuat diri sendiri menjadi happy atau senang dalam berkegiatan menurut Fildzah hal tersebut akan membantu kita dalam menjalani banyak kegiatan, karena jika dijalani dengan senang maka semua kegiatan yang sangat banyak tersebut tidak membuat kita menjadi lebih mudah kelelahan sebaliknya kita menjadi senang saat menjalani maka kegiatan-kegiatan yang banyak tersebut akan lebih mudah selesai.

  1. Atur Jadwal kegiatan serta evaluasi

Setelah mengatur jadwal setiap minggu untuk kegiatan apa saja yang akan dilakukan di minggu tersebut menurut Fildzah jangan lupa juga melakukan evaluasi apakah jadwal yang sudah kita buat sudah sesuai dengan diri kita dan kita sudah nyaman melakukannya, evaluasi juga penting agar kita menjadi tahu kemana waktu kita terpakai selama ini.

  1. Jangan lupa istirahat

Istirahat adalah suatu hal yang penting ditengah kesibukan yang dijalani, karena walaupun kita sudah mengatur jadwal dalam semua kegiatan jika kita tidak menyempatkan istirahat maka diri kita menjadi mudah lelah hal tersebut akan berdampak pada jadwal yang sudah disusun menjadi berantakan.

 

Itulah beberapa tips dalam mengatur waktu kuliah dan organisasi dengan tujuan agar mahasiswa menjadi tidak dilema jika dihadapkan dalam pilihan antara kuliah dan organisasi sehingga waktu yang terpakai lebih bermanfaat dan seimbang antara kuliah dan berorganisasi.

 

Penulis : Elda Mubarok

Editor : Mei Nurkholifah


TAG#akademik  #dinamika-kampus  #pendidikan  #