» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Pop Culture
Haikyuu!!: Serial Anime Populer yang Inspiratif dan Penuh Semangat
27 Agustus 2021 | Pop Culture | Dibaca 149 kali
Haikyuu!!: Serial Anime Populer Inspiratif dan Penuh Semangat: - Foto: kekitaan.com
“Apakah kamu butuh alasan untuk tidak ingin kalah?”ujar Shoyo Hinata, tokoh utama dalam serial anime Haikyuu!!. Anime ini mengangkat kisah perjuangan inspiratif tentang pertandingan bola voli dan berhasil meraih kepopuleran di berbagai penjuru dunia berkat alur cerita yang disuguhkan sangat berkualitas.

retorika.id- Untuk sebagian orang, menonton anime kerap dijadikan  pilihan kegiatan untuk menghabiskan waktu luang. Walaupun anime khas Jepang ini sering diremehkan sebagai ‘tontonan anak-anak’, terdapat beberapa anime yang justru sangat sarat akan pelajaran berharga mengenai kehidupan. Salah satunya adalah Haikyuu!! (bahasa Jepang: ハイキュー!!) yang kini telah memiliki penggemar dari berbagai penjuru dunia.

Anime Haikyuu!! merupakan hasil adaptasi dari manga buatan Haruichi Furudate yang diterbitkan oleh Shueisha pada tahun 2012 hingga 2020. Pada 19 Desember 2020, serial anime yang diproduksi oleh Production I. G ini telah mencapai 4 musim yang berisi total 85 episode. Melansir situs Devdiscourse.com, musim ke-5 diprediksi akan rilis pada tahun 2022.

Haikyuu!! kerap muncul dalam daftar anime terbaik dan telah menyabet berbagai penghargaan bergengsi. Kepopulerannya  tidak terlepas dari cerita berkualitas yang disuguhkan dengan mengangkat kisah perjuangan Shoyo Hinata, Tobio Kageyama, serta tim Karasuno dalam usaha memenangkan setiap pertandingan bola voli yang diikuti. Sehingga serial anime ini dapat menjadi tontonan yang menghibur sekaligus ‘suntikan semangat’ untuk terus mengejar

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

mimpi.

Pertandingan voli yang dikemas dalam bentuk animasi ala Jepang

Jalan cerita Haikyuu!! dilandasi pada kisah Shoyo Hinata, seorang anak laki-laki yang sangat mencintai olahraga bola voli dan bercita-cita untuk menjadi pemain voli profesional saat dewasa nanti. Berbeda dari serial lain yang kebanyakan menggambarkan tokoh utama sebagai seorang yang over power, episode pertama Haikyuu!! justru langsung menampilkan kekalahan tim voli Hinata saat SMP. Selain itu, penampilan fisik Hinata yang digambarkan hanya memiliki tinggi badan sekitar 162 cm juga membuatnya sering diremehkan karena dianggap kurang ideal untuk ukuran pemain voli.

Terkait dengan latar waktu, bahwasanya pada serial Haikyuuu!! ini banyak diambil pada masa Hinata menduduki bangku SMA. Ketika ia bergabung dengan tim voli SMA Karasuno yang pernah berjaya di kejuaraan voli antar-SMA tingkat nasional bertahun-tahun lalu. Dalam tim tersebut, Hinata juga ‘terpaksa’ bekerja sama dengan rival yang pernah mengalahkannya dulu, yakni Tobio Kageyama. Bersama Kageyama, kelak Hinata menjadi salah satu ancaman mematikan bagi lawan-lawannya dalam pertandingan bola voli.

Menariknya, sepanjang kisah tidak hanya berfokus pada Hinata dan Kageyama sebagai para tokoh utama. Haikyuu!! seringkali menyorot latar belakang karakter-karakter lain, seperti para anggota tim voli Karasuno hingga tim rival yang ditemui dalam setiap pertandingan. Tidak heran apabila para penggemar Haikyuu!! memiliki tim favorit masing-masing selain Karasuno, seperti Aoba Johsai dan Nekoma.

Saat serial anime bertemakan olahraga lainnya kerap menunjukkan teknik-teknik yang terkesan tidak realistis, maka hal tersebut berbeda dengan Haikyuu!!. Furudate sebagai pencipta serial ini menuangkan teknik permainan bola voli di kehidupan nyata dalam karyanya. Penonton bahkan diajak untuk turut merasakan ketegangan emosi dari para pemain saat pertandingan berlangsung.

Masing-masing karakter dalam serial ini menunjukkan semangat perjuangan dan motivasi yang sangat kuat. Hal ini merupakan salah satu alasan mengapa Haikyuu!! menjadi salah satu anime yang fenomenal, didukung proses yang dilewati tiap individu untuk bangkit dari kekalahan serta mengatasi kelemahannya sangat inspiratif untuk ditonton. 

Lika-liku Haikyuu!!

Terlepas dari alur ceritanya, original soundtrack dan grafis yang indah menjadi nilai plus yang turut andil dalam kesuksesan serial anime yang pertama kali dirilis pada 2014 ini. Klip video dari original soundtrack Haikyuu!! yang bertajuk Imagination telah ditonton lebih dari 4 juta kali di situs YouTube. Disusul dengan Fly High yang meraup penayangan hingga 2 juta kali.

Sayangnya, pada musim ke-4, grafis animasi dari serial Haikyuu!! mengalami perubahan yang disebabkan oleh pemindahan studio produksi. Perubahan ini disadari oleh para penggemar Haikyuu!! dan sempat menimbulkan protes di jejaring internet. Karena kritik masif yang didapatkan, pemindahan studio produksi dibatalkan dan grafis pada episode selanjutnya perlahan membaik.

Situs IMDb memberikan skor rating sebesar 8.7/10. Kini, keempat musim serial anime Haikyuu!! dapat diakses melalui situs Netflix. Buat kamu yang lagi suntuk, tontonan ini mungkin pas untukmu!.

 

Penulis: Ariel Syalia

Editor: Dina Marga H

 

Referensi: 

Devdiscourse. (2021, 8 Juli). Haikyuu!! Season 5 could come with a fresh plot, not connected to Season 4. Diperoleh dari: https://www.devdiscourse.com/article/entertainment/1643395-haikyuu-season-5-could-come-with-a-fresh-plot-not-connected-to-season-4(diakses pada 25 Agustus 2021)


TAG#kisah  #  #  #