» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Pop Culture
Hospital Playlist 2: Kisah Persahabatan Lima Dokter yang Ringan, Hangat dan Bermakna
13 Agustus 2021 | Pop Culture | Dibaca 172 kali
Hospital Playlist 2: Kisah Persahabatan Lima Dokter yang Ringan, Hangat dan Bermakna: - Foto: hancinema.net
“Dokter juga manusia. Tak apa menangis bila sedih, meski di hadapan pasien atau wali. Tapi, kau tetap harus lakukan kewajibanmu, kau harus menjalankan tugasmu sesedih apapun perasaanmu. Itu juga termasuk tugas dokter.” –Kim Joon-wan. Seri televisi Korea Selatan populer yakni Hospital Playlist akhirnya kembali hadir dengan musim keduanya. Setiap cerita yang dihadirkan dan karakter yang ditampilkan memiliki keunikan yang sarat makna.

retorika.id-Seri televisi Korea Selatan yang populer yakni Hospital Playlist akhirnya kembali dengan musim keduanya. Tayang perdana sejak Kamis (17/6/2021) lalu, seri ini masih menuai popularitas yang sama selayaknya musim pertama. Menceritakan kisah persahabatan antara lima dokter yang hangat dan penuh makna menjadi comeback yang telah lama dinantikan oleh para penggemar. Seri ini hadir dengan duabelas episode dan dapat disaksikan melalui saluran TvN maupun Netflix.

Lima pemeran utama yang menjadi ide cerita seri ini, dibintangi oleh:

  • Jo Jung-suk sebagai Lee Ik-jun, asisten profesor bedah umum
  • Yoo Yeon-seok sebagai Ahn Jung-won, asisten profesor bedah anak
  • Jung Kyung-ho sebagai Kim Joon-wan, profesor rekanan bedah torakoplastik
  • Kim Dae-myung sebagai Yang Seok-hyeong, asisten profesor kebidanan dan ginekologi
  • Jeon Mi-do sebagai Chae Song-hwa, profesor rekanan bedah saraf

Kelimanya memerankan dokter dengan spesialis beragam, yang telah menjalin persahabatan sejak menempuh pendidikan kedokteran. Hubungan yang telah dibangun selama 20 tahun tersebut mampu menghadirkan ikatan seperti keluarga dekat yang hangat dan penuh tawa.

Meski mengangkat tema besar seputar kedokteran, namun para penonton

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

tetap bisa menikmati alurnya yang lekat dengan kehidupan sehari-hari. Mengusung genre medis, drama, romansa, dan komedi, Hospital Playlist 2 tidak hanya menyuguhkan lika-liku kehidupan para dokter dengan pasiennya, tapi juga dengan keluarga, pasangan, hingga sesama rekan dokternya di Rumah Sakit Yulje.

Di musim keduanya, seri yang dibesut oleh sutradara Shin Won-ho ini akan menjawab beragam pertanyaan, yang selama setahun terakhir menjadi pertanyaan besar para penggemarnya. Mulai dari kelanjutan hubungan romansa antara Ahn Jung-won dengan dokter residen Jang Gyeo-wool (Shin Hyun-bin), jawaban apa yang akan diberikan oleh Chae Song-hwa atas pernyataan cinta Lee Ik-jun, hingga bagaimana nasib lima sekawan setelah Chae Song-hwa memutuskan pindah ke Sokcho. Semuanya akan terjawab di Hospital Playlist season dua.

Perbedaan yang bisa dirasakan dari musim kedua Hospital Playlist ini adalah perkembangan dari para karakternya. Tidak heran mengapa seri ini masih menuai beragam komentar positif, sebab perkembangan karakternya mampu menghadirkan cerita yang lebih menarik. Di sini kita bisa melihat perkembangan karakter Yang Hyeon-seok yang lebih terbuka dan mencoba lebih banyak bicara dengan rekan-rekannya. Setelah berkencan dengan Ahn Jung-won, karakter Jang Gyeo-wool yang biasanya kaku kini mulai memperlihatkan sisi manisnya. Kim Joon-wan yang terkenal berdarah dingin pun berkembang menunjukkan perasaannya yang sering merasa kesepian. Di samping itu, masih ada perkembangan dari karakter lain yang bisa dinikmati dari musim terbaru seri ini.

Jalan cerita Hospital Playlist 2 akan terasa lembut, sederhana, dan lebih banyak fokus pada kehidupan pribadi para pemeran utama. Sinematografinya pun dibuat lebih hangat dalam mendukung adegan yang sering menghadirkan momen mengharukan. Kemudian setiap konflik yang hadir, khususnya dari para pasien terasa nyata dan akan mempu membuat kita lebih bersyukur di setiap episode-nya.

Setiap cerita yang dihadirkan dan karakter yang ditampilkan, memiliki keunikan yang sarat makna. Dari Lee Ik-jun, kita belajar bagaimana caranya membangun kedekatan dan keharmonisan. Dari Ahn Jung-won, kita bisa ikut tahu cara bersikap peka pada perasaan orang. Dari Kim Joon-wan, kita belajar untuk tetap bersikap peduli meski tidak ada siapapun yang mengetahuinya. Dari Yang Seok-hyeong, kita belajar bahwa menghindari masalah bukan solusi terbaik untuk memecahkannya. Dan dari Chae Song-hwa kita bisa belajar bagaimana caranya bijak menghadapi masalah.

Selayaknya di musim pertama, kita tidak hanya hanya disajikan oleh beragam cerita yang kadang mengundang tangis, tawa, hingga amarah. Namun setiap episode turut menghadirkan penampilan memukau kelima dokter dalam unjuk aksi bernyanyi dan memainkan alat musik. Hal ini yang melatarbelakangi tajuk utama seri mengandung kata ‘Playlist’. Meski lagu yang yang diusung adalah lagu-lagu lawas asal Korea Selatan, para penonton masih bisa menikmatinya. Sebab, setiap lagu memiliki makna yang selaras dengan konflik cerita di setiap episode.

Akan tetapi, seri ini mungkin kurang disarankan untuk para penonton yang menyukai cerita dengan konflik yang kuat. Lantaran seri ini hanya mengandung konflik-konflik ringan yang seringnya juga cepat terselesaikan. Selain itu, tidak seperti seri lain yang memiliki pemeran dalam jumlah terbatas, Hospital Playlist 2 hadir dengan banyak karakter dengan ceritanya masing-masing. Yang mungkin akan sedikit kerepotan bagi sebagian penonton untuk mengingat-ingat nama dan wajah dari para pemerannya.

Terlepas dari itu semua, seri Hospital Playlist 2 tetap menjadi tontonan menyenangkan bagi kita yang sedang ingin menonton cerita yang ringan, hangat, dan penuh makna. Per (12/8/2021), seri ini telah menyisakan empat episode pemungkasnya yang akan berakhir pada (9/9/2021) mendatang.

 

Penulis: Rimaya Akhadiyah

Editor: Dina Marga H


TAG#keluarga  #kisah  #musik  #romansa