» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Pop Culture
Permission to Dance: Bekerja Sama dengan Ed Sheeran Hingga Harapan Positif BTS untuk Dunia
27 Juli 2021 | Pop Culture | Dibaca 254 kali
Permission to Dance: Bekerja Sama dengan Ed Sheeran Hingga Harapan Positif BTS untuk Dunia: - Foto: BTS (방탄소년단) Official Facebook
Sukses dengan single berbahasa Inggris keduanya, “Butter”, BTS kembali hadir untuk memeriahkan musim panas dengan single berbahasa Inggris lainnya yang bertajuk “Permission to Dance” pada 9 Juli 2021 lalu. Bergenre dance pop, BTS seakan mengajak kita untuk menari dan bersenang-senang di tengah teriknya matahari tanpa perlu mengkhawatirkan apapun.

retorika.id-Melanjutkan kesuksesan single “Butter”, BTS kembali hadir dengan single lainnya, yaitu “Permission to Dance”. Tak hanya menarik atensi para penggemar, lagu yang dirilis pada tanggal 9 Juli 2021 ini pun turut membuat publik penasaran. Lagu dengan genre dance pop memberikan kesan fresh sehingga seolah-olah mampu menghalau teriknya matahari pada musim panas.

Pada kesempatan kali ini, BTS menggaet Ed Sheeran, seorang singer-songwriter asal Inggris, untuk bekerja sama dalam penulisan lirik lagu. Meskipun demikian, “Permission to Dance” bukanlah proyek pertama antara BTS dan Ed Sheeran. Pelantun lagu “Shape of You”

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

itu sebelumnya pernah bekerja sama dengan BTS pada tahun 2019 lalu dalam lagu “Make it Right”. Pada akun Twitternya, Ed Sheeran mengungkapkan bahwa ia sangat senang karena lagu hasil kerja samanya dengan BTS telah dirilis dan dapat dinikmati oleh banyak orang.

Dalam lirik lagu “Permission to Dance sendiri, BTS menyampaikan pesan bahwa kita tidak membutuhkan izin maupun validasi dari orang lain untuk dapat merasakan kebahagiaan dan merasakan energi positif. We don’t need permission to dance, lantun BTS dalam lagu ini. Hanya dengan keberadaan diri sendiri, kita pun mampu menciptakan rasa bahagia itu.

Mengambil latar gurun ala Amerika, seluruh anggota BTS mengenakan padu padan kostum koboi dalam music video lagu ini. BTS juga turut menggambarkan dengan apik bagaimana kegiatan sehari-hari kita tengah terdampak oleh pandemi Covid-19. Tak hanya itu, grup asal Korea Selatan ini juga menyisipkan pesan melalui adegan simbolik berupa pelepasan masker. BTS menaruh harapan agar keadaan kembali menjadi seperti semula dalam waktu dekat.

Selain menyisipkan pesan menyentuh dalam music video-nya, BTS pun turut mengajak kita semua untuk menari bersama di tengah keadaan yang tak menentu ini. Dalam koreografinya, BTS menambahkan gerakan berupa sign language berbasis internasional. Tiga gerakan dengan artian menari, senang atau menyenangkan, serta bahagia menjadi bagian koreografi yang paling berarti dan menarik atensi. BTS seolah merangkul seluruh penggemar maupun publik dalam keadaan apapun untuk turut bergembira bersama di musim panas ini.

Lagu yang dirilis bertepatan dengan hari ulang tahun ARMY (sebutan bagi penggemar BTS) ini juga telah menorehkan prestasi membanggakan. Setelah berhasil menduduki tangga lagu Billboard 100 pada posisi pertama selama tujuh minggu berturut-turut dengan single “Butter” yang telah rilis terlebih dahulu, “Permission to Dance” akhirnya mengambil alih posisi tersebut pada minggu ke delapan. Dengan ini, BTS menjadi artis Asia pertama yang mampu menorehkan capaian yang membanggakan.

 

Penulis: Dien Mutia Nurul Fata

Editor: Dina Marga


TAG#inovasi  #musik  #  #