» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Liputan Khusus
Kilas Balik Pemira FISIP 2022: Yang Terjadi di Pesta Demokrasi
16 Desember 2022 | Liputan Khusus | Dibaca 174 kali
Kilas Balik Pemira FISIP 2022: Yang Terjadi di Pesta Demokrasi: - Foto: Dokumentasi Pribadi
Pemilihan Raya (Pemira) FISIP Unair 2022 tuntas digelar Jumat (9/12/2022) kemarin. Voting dilakukan secara daring dan diikuti oleh lebih dari seribu mahasiswa FISIP Unair.

Retorika-id. Melawan kotak kosong, Aulia Thaariq Akbar dan Iqbal Maulana Nur Fadhillah keluar sebagai pemenang. Mereka dinyatakan menjadi presiden dan wakil presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fisip Unair setelah memperoleh 1050 suara. Sedangkan kotak kosong hanya memperoleh 457 suara.

 

Sementara itu, dalam perebutan kursi BLM, Partai Cinta mendapatkan 697 suara, Partai Mentari memperoleh 454 suara, dan Partai Harmoni 356 suara. Di sisi lain, pemilihan DLM dimenangkan oleh Pedro Hardi


Kusuma dari Partai Cinta yang mendapatkan 741 suara, dan Nur Annisa Putri, Partai Mentari, yang memperoleh 766 suara. 

 

Perihal partai yang tidak lolos verifikasi, Ketua KPUM FISIP 2022 Sandhy Triatmaja, mengatakan bahwa terdapat beberapa partai yang tidak memenuhi kelengkapan administrasi. Dari 24 partai yang mendaftar, hanya tiga di antaranya yang dinyatakan memiliki kualifikasi untuk berkontes dalam PEMIRA.

 

“Pemberkasan itu adalah bentuk penting dari kesiapan partai secara administratif. Itu kan sangat penting,” ujar mahasiswa Ilmu Politik tersebut.

 

Antusiasme masyarakat FISIP Unair cukup tinggi. Hal ini terlihat dari server yang sempat down karena banyaknya pengakses. Sandhy mengatakan bahwa setiap tahun, perolehan suara dalam PEMIRA konsisten mencapai angka 1000 suara.

 

Berkaitan dengan buzzer PEMIRA yang sudah menjadi “tradisi” per tahunnya, Sandhy mengatakan bahwa hal tersebut lumrah terjadi. Dirinya berpendapat terdapat dua kemungkinan yang menyebabkan adanya buzzer tersebut. 

 

“Antara mereka peka dengan kondisi politik FISIP sekarang atau iseng atau ikut-ikutan. Jadi ada dua sisi,” pungkasnya.

 

Penulis: Ega Putra dan Ghulam Pambayung

Editor: Jingga Ramadhintya

 


TAG#akademik  #aspirasi  #bem  #demonstrasi