» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Info Kampus
Mendukung Kemajuan UMKM, HIMAKOM menggelar Seminar Nasional
23 November 2022 | Info Kampus | Dibaca 62 kali
Mendukung Kemajuan UMKM, HIMAKOM menggelar Seminar Nasional: Dokumentasi peserta seminar nasional Foto: Dokumentasi Pribadi/Panitia acara
HIMAKOM (Himpunan Mahasiswa Komunikasi) pada Sabtu (19/11/2022), menggelar seminar nasional yang berjudul “Digitalisasi dalam Komunikasi Pemasaran”. Acara yang digelar di Aula Soetandyo, Gedung C, FISIP Unair ini bertujuan untuk mendukung kemajuan UMKM, terutama di bidang digitalisasi dan UMKM daring. Materi-materi yang dibahas dalam acara ini antara lain adalah pengaruh digitalisasi terhadap marketing communication, media kreatif, dan produksi video marketing.

retorika.id – Indonesia bisa dibilang adalah salah satu negara yang perekonomiannya mengandalkan UMKM. Kurang lebih ada 17 juta UMKM yang beroperasi di Indonesia. Meskipun begitu, tidak semua tenaga UMKM di Indonesia memanfaatkan sumber daya digital dengan efektif. Terutama di masa modern ini, sumber daya digital seperti penggunaan internet, dan media massa adalah alat yang bisa mempermudah berjalannya UMKM.  Melihat permasalahan tersebut, HIMAKOM berusaha untuk mengedukasi masyarakat tentang komunikasi pemasaran digital lewat acara seminar nasional. Acara yang berjudul “Seminar Nasional: Digitalisasi dalam Komunikasi Pemasaran” tersebut menyajikan tiga sesi, yakni seminar, talkshow, dan workshop.

“Acara ini diselenggara untuk mendukung UMKM-UMKM di Indonesia. Selain itu ini adalah kesempatan buat kalian anak (angkatan prodi ilmu komunikasi) 22, untuk mendapatkan sneak peak tentang (mata kuliah) marketing communication,” ujar Pratomo Aji Budiarto selaku ketua


HIMAKOM.

Acara yang diselenggarakan pada Sabtu (19/11/2022) tersebut mengundang 5 narasumber yang memiliki latar belakang berbeda. Kelima dosen tersebut diantaranya adalah dosen, alumni program studi ilmu komunikasi Universitas Airlangga, dan founder perusahaan. Sebagai orang yang berpengalaman di bidang marketing communication dan pembuatan video marketing, mereka menyajikan informasi yang sangat berharga lewat 3 sesi yang berbeda.

Sesi pertama, sesi seminar, diisi oleh dua narasumber, yakni Rani Sukma Ayu Suteja, dosen ilmu komunikasi Unair, dan M. Ali Irsyad, yang merupakan Chairman dari Ijad Group. Mereka berdua memberikan sesi seminar terkait ‘Sejarah dan Pengaruh Digitalisasi Terhadap Komunikasi Pemasaran’ dan ‘Peranan Media Kreatif dalam Komunikasi Pemasaran’.

Sesi selanjutnya adalah sesi talkshow, yang narasumbernya adalah De Laguna Latannari Putera—CEO dan pendiri @capitaid—dan Dery Anwar Rizaldy co-founder dan chief marketing officer dari Jokopi Indonesia. Dimoderatori oleh Adinda Sekar Putri, mereka membahas tentang ‘Implementasi Komunikasi dalam Dunia Korporat dan Bisnis’.

Sesi terakhir adalah sesi workshop video marketing production, yang diisi oleh Moch Rizky Satrio Rudhyni. Sesi ini membahas tentang tahap-tahap produksi video marketing beserta dengan seluk beluknya.

Lengkap dengan konsumsi dan tanpa biaya tiket alias gratis, acara tersebut diikuti oleh banyak peserta, yang ikut secara online maupun offline. Para peserta pun berasal dari latar belakang yang berbeda. Kebanyakan adalah mahasiswa FISIP Univeritas Airlangga, baik itu dari program studi ilmu komunikasi, antropologi, sosiologi, dan lain-lainnya. Meskipun begitu juga ada peserta yang berasal dari universitas lain, contohnya dari Unnes (Universitas Negeri Semarang).

Di antara banyaknya peserta, salah satu nya adalah Bambang, yang berasal dari program studi jurusan Sosiologi Universitas Airlangga. Ikut acara secara offline, ia mengaku ikut acara ini selain karena gabut, juga karena penasaran dengan materi-materi yang disajikan.

"Pertama karena ini hari Sabtu ya. Jadi saya karena hari Sabtu gaada agenda, dan gabut gitu ya jadi saya mending ikut acara ini aja gitu. Penasaran sih aja sih sama tema-temanya,” ujarnya.

Pada akhirnya, acara tersebut berlangsung dengan lancar. Para narasumber dapat membagi informasi dan pengalaman mereka tanpa hambatan, meskipun acara tersebut mulai sedikit terlambat karena adanya hujan pada pagi hari. 

Bambang, mahasiswa Sosiologi yang merupakan salah satu peserta acara tersebut berpendapat bahwa acara tersebut menarik dan informatif.

“Yang paling menarik dari acara tadi sih menurut aku informasi tentang komunikasi pemasaran, dan juga tentang fotografi. Tentang komunikasi pemasaran ya tentang membangun branding dan lain-lain, dan juga tentang videografi, setidaknya saya jadi tahu proses produksi kreatif, ribetnya seperti apa, dan lain-lain,” ujarnya.

Penulis: Ega Siregar

Penyunting: Kadek Putri Maharani


TAG#ekonomi  #fisip-unair  #universitas-airlangga  #