» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Liputan Khusus
AYIFEST Mendadak Batal, Panitia Dikritik Keras
16 Oktober 2022 | Liputan Khusus | Dibaca 276 kali
AYIFEST mendadak dibatalkan tepat pada hari H kegiatan. Banyak penonton, warganet, dan guest star pun melontarkan keluhan dan kritik terhadap panitia. Tidak tanggung-tanggung, bahkan ada penonton yang rela datang dari luar kota dan terlanjur tiba di Surabaya, namun konser dibatalkan secara sepihak tanpa adanya pemberitahuan sebelum hari H. Menanggapi hal tersebut, beberapa calon penonton yang geram pun kemudian mencoba untuk mengontak panitia. Namun mereka tidak direspon sama sekali, beberapa bahkan ada yang pesannya hanya di-read.

Publik digegerkan dengan adanya kabar pembatalan kegiatan konser musik AYIFEST yang rencananya akan diselenggarakan oleh Kementrian Ekonomi Kreatif BEM Universitas Airlangga pada hari Sabtu (15/10) lalu. Pembatalan tersebut diumumkan di akun resmi AYIFEST tepat pada hari H konser tersebut.

Melalui pembatalan ini, beberapa Guest Star terlihat yang kaget dan kecewa. Beberapa di antara mereka ada yang terlihat mengunggah story Instagram terkait konser AYIFEST yang dibatalkan tersebut, seperti Kangen Band, Juicy Luicy, Guyon Waton, Bayu Ex-Naif, TBA, hingga Yura Yunita.

Penonton pun juga geram. Contohnya adalah Z, yang rela datang dari Malang untuk menghadiri kegiatan AYIFEST


tersebut beserta kedua temannya. Melalui wawancara via google meet dengan pihak Retorika, Z mengaku kecewa akan kejadian ini karena justru kegiatan dibatalkan saat ia telah tiba di Surabaya. Z juga telah mencoba menghubungi Teguh selaku CP (Contact Person) AYIFEST namun tidak dibalas.

“Tidak ada kabar lagi pas dekat-dekat konser (termasuk wacana pembatalan). Saya coba kontak Teguh sebagai CP juga tidak dibalas, padahal niatan saya (sebelum pemberitahuan resmi dibatalkan) mau tanya rundown acaradan denah venue, kayak nyari musholla dimana. Tapi cuman di-read doang, belum di balas sampai sekarang (sore),” pungkasnya.

Ia pun kemudian juga membandingkan acara ini dengan acara Jatim Fair lalu.

“Kalau misal memang alasan keamanan (berkaca dari Jatim Fair lalu), konser Nyanyian Rindu di DBL Arena pada 14 Oktober juga berhasil terselenggara. Jadi (sepertinya) bukan alasan lagi kalau karena faktor pembekuan izin konser ke kepolisian,” lanjutnya.

Tidak hanya Z, beberapa penonton juga geram dan mengkritik keras atas kejadian ini di sosial media, seperti di Twitter dan Instagram. Terdapat cuplikan videostory dengan credit KI bahkan datang ke Grand City, venue konser AYIFEST, dan justru menemukan beberapa penonton terlantar akibat pihak keamanan Grand City mengkonfirmasi bahwa tidak ada event hari ini di Grand City.

Kolom komentar akun resmi AYIFEST pun juga diramaikan dengan komentar dari berbagai pihak seperti alumni, mahasiswa Unair, calon penonton, warganet lain, hingga guest star TBA yang larut dalam keresahan. Ada yang menilai panitia tidak becus, memalukan almamater, tuntutan refund, dan masih banyak yang lainnya.

Maka tidak heran, banyak yang kecewa akan kejadian ini dan mengkritik keras panitia penyelenggara dan mempertanyakan mengapa pembatalan tepat di Hari H kegiatan. Beberapa guest star pun seakan merasa ‘diakali’ karena pembatalan mendadak ini karena panitia tidak profesional.

 

Penulis: Febrian Brahmanantya Mukti

Editor: Ega Putra

 


TAG#bem  #event  #media-sosial  #universitas-airlangga