» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Liputan Khusus
Sempat Problematik, Abhiseka sebagai Penutup Amerta Berakhir dengan Apik
31 Agustus 2022 | Liputan Khusus | Dibaca 109 kali
Menuai persoalan di hari-hari sebelumnya, abhiseka sebagai hari penutupan Amerta 2022 digelar dengan menghadirkan Pak Ganjar Pranowo, Ibu Khofifah, dan Kotak Band. Pelbagai opini dilontarkan baik oleh mahasiswa baru maupun panitia terkait Amerta 2022 yang telah selesai dilaksanakan.

Retorika.id - Amerta 2022 merupakan serangkaian acara OSPEK Universitas Airlangga yang digelar secara offline, berbeda dengan dua tahun sebelumnya. Sejak Pandemi Covid-19 melanda Indonesia salah satunya mengakibatkan serangkaian OSPEK di beberapa perguruan tinggi harus dilaksanakan secara online, begitupun dengan OSPEK di Universitas Airlangga.

Namun, Universitas Airlangga  menjawab dengan rampungnya Amerta 2022 pada tahun ini yang digelar secara offline dengan megah dan menghadirkan pelbagai nama-nama besar di Indonesia.

Sempat diterpa isu tidak mengenakan terkait masalah konsumsi maba yang basi dan hanya mendapatkan roti, serta penempatan sesi FGD (Focus Group Discussion) yang disinyalir menjemur maba dan sebagainya pada Candradimuka lalu. Panitia pun terlihat berbenah dan melakukan evaluasi terkait hal tersebut.

Dilihat dari antusiasme para Maba dan rangkaian waktu acara Abhiseka yang cukup sesuai dengan rundown dapat dikatakan Abhiseka cukup terarah dan berlangsung dengan sangat baik.

®iklan
®iklan

Para mahasiswa baru juga turut merespon positif atas berjalannya abhiseka sebagai penutupan Amerta meski pada rangkaian sebelumnya sempat terjadi pelbagai masalah. Hal ini diungkapkan oleh seorang mahasiswi baru yang ditemui langsung oleh tim Retorika pasca Amerta 2022.

“Jujur seru juga sih tapi menurutku yang buat mendadak itu kadang udah ngomong A dikerjain ini terus diganti lagi, gitu lho kak tugasnya. Terus hari pertama absen itu ga ada jurusannya tapi kemarin sudah ada sih. Ya gitu sih agak kurang terkoordinir gitu sih. Semoga bisa lebih baik tapi kakak-kakaknya keren sih makasih banyak” jelas Firsy (AP, 2022).

Firsy, mahasiswi baru FISIP, mengungkapkan pernyataan bahwa Amerta 2022 seru tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan ungkapnya seperti ketidakkonsistenan dalam penugasan dan kurang terkoordinir. Hal serupa dinyatakan juga oleh Kiki, mahasiswi baru FISIP, bahwa Amerta 2022 tahun ini mengalami penyesuaian baru setelah sebelumnya dilaksanakan secara online dikarenakan dampaknya Pandemi Covid-19. 

Kemudian respon lainnya yakni Kiki sebagai mahasiswa baru sebagai berikut,

“Panitianya seru banyak kenalan dan semuanya seru mungkin sudah dievaluasi juga dan mungkin karena dua tahun lalu online Pandemi jadi agak sedikit chaos yaa tapi seru” ucap Kiki (AP, 2022)

Selanjutnya terkait masalah konsumsi pada abhiseka juga sudah cukup terkordinir dengan baik sebagaimana keterangan dari Fairuz, mahasiswa D4 Vokasi selaku PK Amerta 2022 mengungkapkan bahwa di hari penutupan Amerta 2022 baik untuk panitia maupun untuk mahasiswa baru Universitas Airlangga mendapatkan konsumsi dan tak luput hal koordinasi merupakan jadi sorotan perhatian.

“konsum untuk panitia ada sih snack dan mabanya juga ada. ya mungkin secara umum dan pendek aja ya mungkin koordinasi aja sih biar lebih terorganisir dan terkoordinir biar ga simpang siur” ungkap Fairuz - D4 Vokasi (2019).

Dalam Abhiseka juga terdapat rangkaian acara Talkshow: Prigi Widya Amerta dengan mengusung judul Nationalism Character Building: “Sinergitas Ksatria Muda Airlangga dalam Menyongsong G20 Menuju Indonesia Emas 2045”. Dengan pemateri yang tidak kalah terkenal yakni Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si selaku Gubernur Jawa Timur, H. Ganjar Pranowo, S. H., M.I.P. selaku Gubernur Jawa Tengah, dan Gracia Paramitha, P.hD. Setelah talkshow selesai terlihat seluruh pemateri, maba dan tamu lainnya menyanyikan lagu “Ojo dibandingke” dan dilanjutkan dengan lagu “Kemesraan”.

Terdapat juga beberapa ukm dan band yang mewarnai penampilan penutupan amerta yakni Ukm UKTK, PSHT, Orchestra, dan Teater serta band Melkas (FK), Rain In Granada (FH) dan Jazzoke/Devanty (FK). Acara berlangsung meriah hingga puncak penampilan Guess Star yakni band Kotak tampil. Keriuhan dan kegembiran seluruh maba, panitia dan seisi gedung Airlangga Convention Center menggema terutama saat lagu “pelan-pelan saja” dan beraksi dinyanyikan. Satu kata untuk Amerta 2022, Pecah!!

 

Penulis : Awan Hermawan & Yunus Ar-Rahman

Editor : Mei Nurkholifah


TAG#event  #universitas-airlangga  #  #