» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Info Kampus
Gegap Gempita Display UKM Warnai Amerta Candradimuka
23 Agustus 2022 | Info Kampus | Dibaca 101 kali
Panca Tirta Display UKM meramaikan Amerta Candradimuka. Acara ini mengenalkan berbagai UKM sebagai sarana mengembangkan minat dan bakat mahasiswa baru. Selain menyaksikan penampilan dari berbagai UKM, mahasiswa baru turut melihat booth masing-masing UKM dalam rute yang sudah ditentukan.

retorika-id. Rangkaian acara Amerta masih terus berlanjut pada tanggal 22 Agustus 2022. Panca Tirta Display UKM turut memeriahkan Amerta Candradimuka. Antusiasme mahasiswa baru maupun anggota UKM yang menampilkan berbagai pertunjukan menarik, memberi atmosfer tersendiri di Student Center Kampus C Universitas Airlangga.

Panca Tirta merupakan serangkaian kegiatan PKKM yang bertujuan untuk mengenalkan Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Airlangga kepada mahasiswa baru. Fira Nur Fadilla, Ketua Display UKM 2022, menjelaskan bahwa Amerta dan Display Unair memiliki pengelola yang berbeda, kendati diadakan di hari yang sama.

“Amerta dan display UKM ini memang kegiatan yang berbeda. Kalau Amerta itu kan di bawah proker BEM Unair, nah kalau display UKM ini dibawahi oleh

®iklan
®iklan

berbagai UKM dan khususnya itu dari teman-teman Forum Komunikasi (Forkom” terang mahasiswa Fakultas Keperawatan ini.

Selain bertujuan sebagai sesi branding bagi UKM, Fira juga menjelaskan bahwa display UKM memfasilitasi mahasiswa baru untuk mengenal UKM lebih dekat.  Acara ini juga memudahkan mahasiswa baru untuk memilih UKM sesuai minatnya.

Hal ini penting, karena sertifikat lolos magang UKM diperlukan ketika mahasiswa baru mengambil mata kuliah Komunikasi dan Pengembangan Diri kelak. “Jadi, rangkaian acaranya teman-teman mengenal UKM lewat display lalu magang,” tambahnya lagi.

Acara ini adalah display UKM pertama yang diselenggarakan secara offline setelah pandemi melandai. Hal ini, lanjut Fira, tentu membawa tantangan tersendiri.“Koordinasi memang paling sulit, itu tantangannya.” ujar mahasiswi Prodi Pendidikan Ners tersebut.

Selepas menyaksikan beberapa pertunjukan UKM, Tim Retorika berjalan ke luar dan mencoba meminta pendapat para mahasiswa baru mengenai rangkaian acara yang sedang berjalan. Farrel, salah seorang mahasiswa baru memaparkan bahwa acara tadi diisi dengan pengenalan UKM melalui berbagai booth, pertunjukan UKM pun sempat ditampilkan lebih dulu di Airlangga Convention Center (ACC).

Peserta Tentukan Pilihan

Display UKM memang membantu mahasiswa memilih UKM tempat magang mereka. Mengingat magang bersifat wajib, tidak heran jika banyak mahasiswa baru yang mengaku masih bingung menentukan pilihan. Farrel menjadi salah satunya.

“Tadi masih muter-muter, masih mikir dulu nih UKM mana yang cocok soalnya banyak kan pilihannya.” ujarnya.

Jawaban berbeda dilontarkan oleh Alif. Ia mengungkapkan bahwa dirinya sudah mengetahui UKM apa yang menarik minatnya.”

“(tadi) Nonton orkestra, karena saya pengen magang di situ. Masuk ke ruangannya dan nonton mereka main sambil jamming gitu.” terang Alif.

Panca Tirta Display UKM merupakan salah satu sarana bagi mahasiswa baru untuk menemukan suaka yang dapat menjadi penyaluran minat dan bakatnya. UKM akan memfasilitasi berbagai kegiatan menarik sebagai wadah mahasiswa baru untuk menuangkan ketertarikan mereka dalam bermacam bidang. Langkah ini patut dievaluasi dan tentunya diapresiasi.

Penulis: Jingga Ramadhintya

Editor: Ghulam Phasa Pambayung


TAG#akademik  #pendidikan  #universitas-airlangga  #