» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Liputan Khusus
Presiden dan Inspektorat Jenderal BEM Unair 2021 Mangkir dari Forum Audiensi DLM
19 Juni 2021 | Liputan Khusus | Dibaca 436 kali
Presiden dan Inspektorat Jenderal BEM Unair 2021 Mangkir dari Forum Audiensi DLM: - Foto: DOKUMENTASI PRIBADI /DINA MARGA
Untuk mengusut tuntas dugaan penggelapan dana jaket BEM Unair 2021, Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM) menginisasi forum audiensi terbuka dengan mengundang pihak terkait sebagai narasumber utama. Namun saat dilaksanakan kegiatan, Presiden dan Inspektorat Jenderal BEM Unair 2021 selaku narasumber yang ditunggu kehadirannya untuk memberikan klarifikasi tidak menghadiri forum tersebut.

retorika.id-Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM) mengadakan Forum Audiensi Terbuka pada (18/06) dengan mengundang presiden,wakil presiden, inspektorat jenderal, menteri ekonomi kreatif, dan person  in charge jaket BEM Unair. Selain itu DLM juga turut mengundang LPM di tingkat universitas dan fakultas, seluruh presiden BEM fakultas dan seluruh ketua BLM Fakultas.

Menurut surat undangan yang diedarkan, forum audiensi dilaksanakan pada pukul 19.00 WIB. Namun tiba-tiba ada perubahan jam menjadi pukul 21.00 WIB. Perubahan jam tersebut dinyatakan oleh Nur Sahila selaku Ketua DLM Unair 2021 untuk menunggu Abdul Chaq selaku Presiden BEM Unair 2021 agar bisa menghadiri forum.

“ Saya sudah menghubungi Mas Chaq, dan tadi beliau mengkonfirmasi jika jam tujuh sedang

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

flight menuju Surabaya, dan beliau menyatakan kemungkinan sampai Surabaya  jam sembilan,” ucapnya.

Selain itu M.Risyad Fahlevi juga turut mengatakan bahwa Abdul Chaq tidak dapat menghadiri forum karena ada kegiatan di Jakarta menghadiri agenda dari Dikti.

Menyoal keterangan dari Nur Sahila, forum terus berjalan lebih dari pukul 23.00 WIB, namun tidak ada tanda-tanda Abdul Chaq menghadiri forum audiensi DLM. 

Padahal forum audiensi sudah diundur untuk menyesuaikan kedatangan beliau di Surabaya dengan harapan dapat menyusul Forum, dan dapat memberikan klarifikasi terkait permasalahan jaket yang telah membuat kegaduhan di Universitas Airlangga. 

Selain itu Nur Sahila juga menyatakan bahwa telah berupaya menghubungi Zinedine selaku Inspektorat Jenderal BEM Unair 2021 sejak pagi, tetapi pesan balasan dari Zined baru dikirimkan malam hari.

M. Fakrureza Fahmi selaku anggota DLM Unair 2021 pun angkat suara. Ia menyayangkan bahwa narasumber yang diperlukan untuk menyeimbangkan informasi tidak dapat menghadiri forum audiensi yang di inisiasi oleh DLM Unair 2021.

“Mas Chaq dan Mas Zinedine selaku narasumber yang diperlukan dalam forum audiensi ini seharusnya datang. Sampai sejauh ini saya melihat belum ada itikad baik dari keduanya. Jika mereka merasa tidak bersalah, seharusnya berani untuk angkat suara terkait apa yang sebenarnya mereka alami karena disisi lain kita juga tidak mengetahui bahwasanya apakah Mas Chaq dan Mas Zinedine ini ikut terlibat atau bahkan menjadi korban,” terangnya.

Sehubungan dengan permasalahan pemesanan jaket kepengurusan BEM Unair yang melibatkan Achmad Alak selaku Menteri Ekonomi Kreatif BEM Unair, Abdul Chaq selaku Presiden BEM Unair dan Zinedine selaku Inspektorat Jenderal BEM Unair, bahwasanya aliansi Presiden BEM Fakultas telah melakukan diskusi untuk merilis pernyataan sikap.

Fahmirullah selaku Presiden BEM FST mewakili teman-teman Presiden BEM Fakultas  lainnya untuk menyatakan sikap dengan tiga fokus utama, diantaranya:

1.Klarifikasi dan penjelasan secara rinci dari Abdul Chaq dan Zinedine yang per-hari ini belum memberikan statement apapun mengenai masalah tersebut, untuk melihat masalah ini secara objektif.

2. Pertanggungjawaban dari Abdul Chaq atas tercorengnya nama instansi Universitas Airlangga.

3. Kesepakatan atas kita semua untuk mengawal isu hingga selesai dan sikap tegas BEM Fakultas karena telah membahwa nama instansi Universitas Airlangga.

 

Penulis: Dina Marga H

Editor: Kadek Putri Maharani


TAG#bem  #demokrasi  #dinamika-kampus  #politik