» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Liputan Khusus
BEM Unair Laksanakan AKSARA di Kampung Sidotopo
11 April 2021 | Liputan Khusus | Dibaca 406 kali
BEM Unair Laksanakan AKSARA di Kampung Sidotopo: - Foto: Panitia AKSARA
BEM Unair tetap melaksanakan salah satu program kerjanya, Airlangga Dekat Masyarakat Surabaya (AKSARA), meskipun Surabaya masih dilanda pandemi. Dilaksanakan selama total enam hari yaitu pada 23 hingga 28 Maret 2021, acara tersebut dilaksanakan di desa Sidotopo, Semampir, Kota Surabaya.

retorika.idAKSARA merupakan salah satu program kerja dari Kementerian Pengembangan Desa Mitra (PDM) BEM Universitas Airlangga. AKSARA dilaksanakan sebagai bentuk upaya pengabdian juga pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan.

 

Kawasan desa Sidotopo dipilih salah satunya karena alasan kepadatan penduduk. Warga dan perangkat desa sebelumnya telah dihubungi terkait program kerja yang akan dilaksanakan. Dua fokus bidang, ekologi dan pemberdayaan perempuan, menjadi dasar dari

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

pelaksanaan serangkaian program yang ada dalam acara AKSARA.

 

Dalam bidang ekologi, program yang dilaksanakan berupa penanaman pohon, penataan ulang taman, serta praktik tentang vertical garden. Sedangkan bidang pemberdayaan perempuan dijalankan melalui program edukasi kepada ibu-ibu setempat mengenai UMKM dan lainnya.

 

Karena program yang dirancang sifatnya praktis, AKSARA harus tetap dilaksanakan secara offline dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Ditanya soal penerapan protokol kesehatan, Valling Valentin selaku PIC Acara mengaku panitia dan warga setempat saling berkoordinasi dalam mematuhi aturan protokol kesehatan dari pemerintah.

 

“Terkait penerapan protokol kesehatan diatur sama Korlap, ya. Jadi setiap ruangan yang akan digunakan disemprot desinfektan terlebih dahulu. Kami juga menerapkan physical distancing, juga memberikan hand sanitizer kepada warga. Selain itu, kami juga menyediakan masker kepada warga yang tidak membawa masker.”

 

Hingga saat ini rangkaian AKSARA masih belum selesai. Panitia terus memantau program kerja yang berjalan di kampung Sidotopo melalui monitoring bulanan hingga akhir penutupan. Selain itu, penutupan acara direncanakan untuk dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang.

 

 

Penulis: Nadia Salma

Editor: Kadek Putri M.


TAG#bem  #kerakyatan  #sosial  #universitas-airlangga