» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Info Kampus
Catatan Penting dari Sertijab dan LPJ Publik Kepengurusan FISIP 2020
25 Februari 2021 | Info Kampus | Dibaca 811 kali
Catatan Penting dari Sertijab dan LPJ Publik Kepengurusan FISIP 2020: sumber: Foto: Tangkapan layar pribadi/Adiesty Anjali Zanetta
Serah terima jabatan (Sertijab) kepengurusan FISIP Unair 2020 telah selesai dilaksanakan pada Senin (22/2/2021) melalui Zoom Meeting. Presiden BEM FISIP Unair 2020 Manuel Agri menyampaikan, terdapat 13 Kementrian dan anggotanya yang telah melaksanakan tugas dan program kerja dengan baik, meski terdapat pula kekurangan dan evaluasi yang mengiringinya. Beberapa catatan penting untuk kepengurusan BEM tahun ini (2021) juga disampaikan oleh Rusalle selaku Ketua BLM FISIP Unair 2020. Penyerahan jabatan seluruhnya kepada BEM dan BLM FISIP Unair periode 2021 juga telah terlaksana.

retorika.id- Agenda serah terima jabatan dan LPJ Publik kepengurusan BLM dan BEM FISIP Unair periode tahun 2020 telah selesai dilaksanakan. Saat ini, tongkat estafet kabinet yang baru telah resmi diberikan. Acara sertijab sekaligus LPJ Publik berlangsung melalui Zoom Meeting pada hari Senin lalu (22/02).

LPJ Publik dipaparkan langsung oleh Presiden BEM FISIP Unair 2020, Manuel Agri. Dalam pemaparannya, Agri menyampaikan terdapat 13 Kementrian dan anggotanya yang telah melaksanakan tugas dan program kerja dengan baik, meski terdapat pula kekurangan dan evaluasi yang mengiringinya.

Agri beralasan, hal itu juga terdampak dari situasi kepengurusannya di tengah pandemi covid-19, sehingga sebagian program kerja BEM FISIP tahun 2020 diselenggarakan melalui daring. Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari dekanat

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

yaitu, Prof. H. Yusuf Iriyanto, Drs., M.Kom., Ika selaku Wakil Dekan 2 FISIP Unair, dan juga Lulus Dewi Amirakhim, S.Kom. selaku kemahasiswaan FISIP.

Sebelum agenda pembacaan naskah serah terima jabatan, Ketua BLM FISIP Unair tahun 2020, Rusalle menyampaikan, bahwasannya dalam satu tahun kepengurusan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) khususnya BLM terdapat pula tantangan yang menyebabkan perlunya perubahan dalam pelaksanaan program kerja BLM.

“Banyak sekali ombak dan tantangan karena perubahan-perubahan. Utamanya kami perlu menyesuaikan dengan bagaimana melakukan restrukturisasi kepengurusan yang telah dilaksanakan di awal, berhasil mengubah komisi-komisi dan mengoptimalisasi sesuai catatan kenegaraan,” jelas Rusalle.

Pada sesi tanya jawab kepada Presiden BEM FISIP Unair tahun 2020, Rusalle, juga sempat mengajukan pertanyaan. Salah satunya terkait, bagaimana komunikasi yang dilakukan oleh teman-teman BEM FISIP Unair tahun 2020 dalam setiap pelaksaan acara dan program kerja yang telah dilaksanakan? Hal ini dikarenakan masih ada beberapa program kerja yang masih kurang partisipasi.

Manuel Agri pun menjawab bahwa pihak BEM FISIP sebenarnya telah mengomunikasikan setiap acara maupun agenda yang diadakan oleh BEM FISIP Unair tahun 2020, yaitu dengan memberikan undangan kepada setiap Himpunan Mahasiswa (HIMA) dan Badan Semi Otonom (BSO) yang ada di FISIP.

“Tidak bisa menyalahkan mahasiswa juga, tetapi intinya setiap acara itu ada segmentasi, sehingga BEM FISIP juga tidak bisa memaksakan,” imbuh Agri menanggapi pertanyaan Rusalle.

Adapun pertanyaan lainnya terkait administrasi dan penyerapan anggaran, serta bagaimana nilai edukasi konten dalam program kerja yang telah digarap oleh BEM FISIP Unair tahun 2020? Apakah sudah terpublikasi dengan baik? Apakah partisipasi mahasiswa sudah maksimal?

Bagi Rusalle, pertanyaan-pertanyaan tersebut menjadi catatan penting. Pertama, terkait dengan keaktifan (anggota) yang harus menjadi sorotan oleh kerja kepengurusan BEM FISIP tahun ini (2021). Kedua, terkait partisipasi mahasiswa yang tidak menyuluruh, sehingga bisa memaksimalkan program kerja yang ada di BEM FISIP.

Dan ketiga, terkait penyeraparan anggaran yang menurutnya, apabila dilakukan dengan konsesional dari apa yang sudah dicanangkan hal itu bisa menjadi contoh oleh BEM tahun depan, sehingga bisa dimaksimalkan serapannya.

 

Penulis: Adiesty Anjali Zanetta

Editor: Aisyah Amira Wakang


TAG#bem  #blm  #demokrasi  #fisip-unair