» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Info Kampus
Menyelami Proses Open Recruitment BEM FISIP Unair Kabinet Berarti
18 Februari 2021 | Info Kampus | Dibaca 340 kali
Menyelami Proses Open Recruitment BEM FISIP Unair Kabinet Berarti: sumber: Foto: Instagram @bemfisipunair
Memasuki tahun 2021, era BEM FISIP Unair Kabinet Berani telah memasuki masa purnanya. Proses pembentukan kepengurusan BEM FISIP Unair Kabinet Berarti untuk periode 2021 yang dipimpin oleh Yoga Haryo Prayogo (Sosiologi 2018) sebagai Presiden BEM, telah dimulai sejak 8 Februari 2021.

BEM FISIP Unair Kabinet Berarti yang dipimpin oleh Yoga Haryo Prayogo sebagai Presiden BEM membuka open recruitment (oprec) untuk menentukan kepengurusan periode 2021. Masa oprec telah dilakukan sejak 8 Februari 2021 dan berakhir pada Senin kemarin (16/02/2021).

Pihak Kabinet Berarti memilih jalur open recruitment (oprec) untuk menyeleksi kandidat terbaik yang nantinya akan mendapat posisi sebagai menteri dan staff ahli di masing-masing kursi kementerian. Sementara itu, BEM FISIP Unair sendiri terdiri atas tidak kurang dari 13 kementerian.

Yoga menyatakan, jalur oprec dipilih karena pihak Kabinet Berarti ingin membuka pintu kesempatan selebar-lebarnya bagi warga di FISIP yang bersedia untuk membangun BEM FISIP Kabinet Berarti. “Dengan begitu, harapannya kami bisa bekerja bersama-sama dengan orang-orang terbaik di FISIP”, imbuh Yoga saat diwawancarai pihak Retorika

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

(17/02/2021).

Proses oprec kepengurusan Kabinet Berarti diawali dengan pemilihan menteri yang telah dilaksanakan pada tanggal 8-12 Februari 2021. Kemudian, dilanjutkan dengan oprec staff ahli yang dilaksanakan pada tanggal 10-15 Februari 2021.

Saat proses open recruitment tersebut, terdapat tiga alur yang harus dilalui masing-masing peserta oprec, yaitu: seleksi berkas melalui G-Form, wawancara, dan diakhiri dengan pengumuman hasil oprec. Pada pelaksanaannya, pengumuman hasil oprec staff ahli terlambat sehari dari jadwal yang telah ditentukan. Pengumuman tersebut seharusnya diumumkan pada tanggal 15 Februari 2021, tetapi pihak BEM FISIP Unair baru memberikan pengumuman pada 16 Februari 2021.

Awalnya, Yoga dan Fety sebagai Presiden dan Wakil Presiden BEM FISIP Unair Kabinet Berarti memperkirakan bahwa antusiasme pendaftar akan menurun akibat keadaan pandemi. Perhitungan tersebut juga didasari pada pengalaman beberapa fakultas lain yang mengalami kesulitan dalam proses recruitment akibat minimnya antusiasme.

Namun, antusiasme yang diberikan oleh warga FISIP Unair terhadap oprec BEM FISIP tahun ini telah menghapus kekhawatiran Yoga dan Fety. Hal ini diungkapkan langsung oleh Yoga, “Hingga pada hari penutupan oprec, kami cukup kaget karena antusiasme warga FISIP yang jauh melebihi ekspektasi. Bahkan, di beberapa kementerian terdapat sekitar 30 hingga 50-an orang pendaftar”, terangnya.

Kendati demikian, jumlah kursi yang disediakan oleh masing-masing kementerian cukup terbatas. Tiap kementerian hanya menyediakan sekitar 10-11 kursi untuk diisi dengan posisi staff ahli. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan baru yang menarik untuk ditelusuri. Kira-kira, kualifikasi apa saja yang dibutuhkan agar seseorang dapat dikatakan cukup layak untuk menjadi bagian dari Kabinet Berarti?

Yoga menegaskan bahwa pengalaman organisasi pendaftar menjadi salah satu indikator penilaian, namun bukan menjadi penentu utama. “Aspek penilaian yang lebih kami pertimbangkan adalah kemampuan pendaftar untuk bekerja sama dengan baik di kementerian serta kapabilitas di bidang tersebut. Selain itu, kolaborasi antara kekeluargaan dan profesionalisme sangat dibutuhkan di kabinet ini, sehingga loyalitas dan tanggung jawab pendaftar merupakan salah satu aspek penting yang menentukan”, pungkas Yoga.

Setelah kepengurusan terbentuk, BEM FISIP Unair akan bergerak sesuai dengan visi misi yang telah dicanangkan oleh Yoga dan Fety. Dari sana, masing-masing kementerian akan memulai kontribusi aktifnya melalui program-program kerja yang sudah direncanakan.

 

Penulis : Ariel Syalia Prananda
Editor : Adiesty Anjali


TAG#bem  #fisip-unair  #  #