» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Info Kampus
Surat Pernyataan Sikap MPM Enggan Ditanggapi Pimpinan BEM Kabinet Juara
18 Februari 2021 | Info Kampus | Dibaca 122 kali
Presiden dan Wakil Presiden BEM UNAIR 2019/2020: sumber: Foto: instagram BEM Universitas Airlangga
Hingga pergantian pengurus BEM Unair 2020/2021, LPJ BEM periode sebelumnya belum juga terlaksana. Bahkan hingga berita ini terbit, Presiden BEM dan Wakilnya (periode 2019/2020) menolak untuk diwawancara. “Kalau semisal tidak terlaksana pun, tidak masalah. Saya juga melindungi MPM, di mana saya juga mengetuai mereka. Jadi, ya, insyaallah ini keputusan yang terbaik buat bersama dari teman-teman MPM,” tutup Dewi Ketua MPM saat ini.

retorika.id- Pada Selasa (16/2), Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM) mengeluarkan surat pernyataan mengenai sikap MPM terhadap Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unair periode 2019/2020. Surat tersebut berisi pernyataan sikap MPM yang tidak lagi ingin terlibat dalam urusan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) BEM Unair periode 2019/2020. Selain itu MPM juga mendesak agar BEM segera melaksanakan LPJ secara terbuka tanpa melibatkan MPM. 

Sebelum dikeluarkannya surat pernyataan sikap tersebut, MPM sudah beberapa kali mengirimkan undangan, baik undangan secara langsung maupun undangan resmi untuk melaksanakan LPJ kepada BEM. 

“Undangan itu sudah kita koordinasi dari bulan Oktober, sejak PPK selesai. Nah, waktu di awal November, saya sudah koordinasi baik-baik sama teman-teman BPA lainnya. Sudah saling membagi tugas juga untuk koordinasi ke mereka (red: presiden dan

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

wakil presiden BEM Unair 2019/2020),” kata Dewi, selaku ketua MPM saat dihubungi via WhatsApp

Dirinya juga mengatakan, jika presiden dan wakil presiden BEM Unair 2019/2020 sebelumnya sudah berkenan untuk melaksanakan LPJ. Namun, saat ditanya soal tanggal keduanya justru berbelit.

“Saat ditanyain masalah tanggal yang, kayak menyesuaikan tanggal, itu sangat susah. Sampai awal Desember pun, saya tetap mengejar ketuntasan tanggal, yang di mana Beliau bersedia. Tapi, Beliau tidak ada suatu ketegasan terkait tanggal,” jelas Dewi.

Dewi juga mengungkapkan bahwa sebelumnya pihak MPM sudah membuat beberapa opsi agar rapat LPJ benar-benar dilaksanakan. Opsi tersebut seperti mengirimkan undangan resmi ke WhatsApp pihak terkait, tetapi balasannya nihil. Hal ini terjadi hingga surat undangan kedua dikirimkan kepada pihak BEM Unair Periode 2019/2020. 

Berangkat dari hal tersebut, Dewi dan anggota MPM memutuskan untuk mengeluarkan surat pernyataan sikap yang dirilis melalui official akun Instagram MPM Unair.

“Jadi, kalau misalnya, presiden dan wakil presiden BEM ini enggak mau di LPJ di MPM atau entah bagaimana, atau memang mereka mempunyai kesibukannya atau gimana, saya kurang tahu. Maka dari itu, saya menerbitkan surat pernyataan sikap, yang di mana, itu benar-benar hasil dari pemikiran kami, gitu kan. Memang kita sudah mewadahi sebaik mungkin, kalau semisalnya Anda enggak hadir, ya, kita menyerahkan sepenuhnya agar mereka menyelenggarakan sendiri, gitu,” ungkap Dewi.

Namun, hingga surat pernyataan dikeluarkan oleh MPM, BEM Unair masih belum menghubungi pihak MPM. Presiden dan wakil presiden BEM terkesan “menghilang” dari publik. Dewi pun tidak menaruh harapan besar pada pihak BEM untuk menghubungi MPM kembali.

“Kalau semisal tidak terlaksana pun, tidak masalah. Saya juga melindungi MPM, di mana saya juga mengetuai mereka. Jadi, ya, insyaallah ini keputusan yang terbaik buat bersama dari teman-teman MPM,” tutup Dewi.

Tim Retorika pun sudah berusaha menghubungi presiden dan wakil presiden BEM Unair periode 2019/2020 untuk dimintai tanggapan mengenai terbitnya surat pernyataan sikap MPM tersebut. Namun, setelah di telepon dan juga di chat, permintaan kami pun di tolak sebab yang bersangkutan tidak berkenan untuk memberikan keterangan.

 

Penulis: Kadek Putri Maharani dan Dien Mutia Nurul Fata

Editor: Aisyah Amira Wakang


TAG#bem  #dinamika-kampus  #politik  #universitas-airlangga