» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: 085850150198.

Liputan Khusus
Pertama Kalinya, Wisuda Online Universitas Airlangga Periode Juni 2020 Telah Diselenggarakan
27 Juni 2020 | Liputan Khusus | Dibaca 97 kali
Sumber:: Wisuda online periode Juni 2020 Foto: Pusat Informasi dan Humas (PIH) Universitas Airlangga
Akibat pandemi Covid-19, Universitas Airlangga menyelenggarakan wisuda secara online perdana pada Sabtu (27/06/2020) di Garuda Mukti Kampus C Unair dan via Zoom untuk 732 wisudawan beserta keluarganya. Dalam sambutannya, Rektor Universitas Airlangga Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., M.T., Ak., CMA mengutarakan, “Saya sangat berharap wisuda kali ini tidak akan mengurangi kebanggaan saudara, tidak akan mengurangi rasa bahagia saudara untuk diwisuda untuk tetap menjadi lulusan Universitas Airlangga yang excellent with morality."

retorika.id- Untuk pertama kalinya, prosesi wisuda online Universitas Airlangga diselenggarakan pada Sabtu (27/06/2020). Hal ini disebabkan karena masih berlangsungnya pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Dalam acara wisuda ini, dihadiri oleh rektor, ketua senat akademik, ketua umum ikatan alumni Universitas Airlangga, para dekan, dan direktur sekolah pascasarjana. Bertempat di Garuda Mukti Kampus C Unair dengan sejumlah protokol kesehatan yang ketat dan dihadiri oleh wisudawan melalui teleconference melalui aplikasi Zoom.

Live report dilakukan oleh Ketua Pusat Informasi dan Humas Unair, Dr. Suko Widodo, M.Si. bersama tim sesaat sebelum acara. Dalam live report tersebut nampak diperlihatkan ruangan acara wisuda yang biasanya

®iklan

Pasang iklan Anda di sini!
Hubungi » 082112438727

®iklan

dihadiri oleh ratusan orang, terlihat sekarang hanya dihadiri sekira 60-an orang. Live report tersebut juga memerlihatkan peraturan jaga jarak dan penggunaan masker juga tidak lupa untuk secara ketat diterapkan.

Dalam acara ini, wisudawan diharapkan hadir secara daring melalui Zoom sejak pukul 8 pagi dan diusahakan berada pada ruang yang tertutup. Hal ini dilakukan selain agar tidak ada suara yang mengganggu, diharapkan juga suara wisudawan terdengar ketika pengambilan janji alumni. Para wisudawan tersebut sebelumnya telah memperoleh link Zoom meeting melalui fakultas masing-masing atau melalui sekolah pascasarjana.

Acara akademik ini mewisuda 732 wisudawan yang terdiri dari lulusan Program Doktor, Program Magister, Program Sarjana, dan Diploma yang ada di Universitas Airlangga. Lulusan-lulusan tersebut adalah lulusan yang tertuang dalam Surat Keputusan Rektor Universitas Airlangga Nomor 483/UN3/2020 tanggal 26 Juni 2020. Kegiatan yang dimulai pada pukul 8.32 WIB ini terbuka untuk umum melalui live streaming Youtube dan dipimpin langsung oleh Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., M.T., Ak., CMA selaku Rektor Universitas Airlangga.

Dalam acara tersebut, janji alumni dibacakan oleh Muhammad Labbaik, S.A dari Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Sedang untuk sambutan wisudawan diwakili oleh Naomi Devi Larasati, S.Hub.Int dari Jurusan Hubungan lnternasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Rektor Universitas Airlangga, Prof. Dr. Mohammad Nasih menuturkan bahwa prosesi wisuda secara daring ini tidak mengurangi esensi daripada prosesi wisuda itu sendiri.

“Wisuda dengan cara daring, dengan beberapa yang hadir di tempat ini adalah bagian dari komitmen kita bahwa Universitas Airlangga siap untuk memasuki tata kehidupan baru yang lebih sehat, yang lebih disiplin, yang lebih menghargai waktu, yang lebih menghargai sesama, dan tentu juga tetap produktif untuk memberikan kemanfaatan bagi umat manusia,” ucap Nasih dalam sambutannya.

Nasih berharap jika wisuda secara daring tidak akan mengurangi rasa bangga dan bahagia dari wisudawan, “Saya sangat berharap wisuda kali ini tidak akan mengurangi kebanggaan saudara, tidak akan mengurangi rasa bahagia saudara untuk diwisuda untuk tetap menjadi lulusan Universitas Airlangga yang excellent with morality.”

Penulis: Aisyah Amira Wakang


TAG#akademik  #pendidikan  #universitas-airlangga  #