» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Info Kampus
Sempat Trending, Tagar #sambatkuliahunair Belum Ditanggapi Unair
22 Juni 2020 | Info Kampus | Dibaca 346 kali
Sumber:: Aksi tagar #sambatkuliahunair di Twitter Foto: Dokumentasi Pribadi/ Manuel Agri
Sejak diprakarsai pada Jum’at (19/06/2020), banyak mahasiswa yang menyuarakan keresahan mereka di Twitter dengan tagar #sambatkuliahunair. Aksi tagar tersebut bahkan sempat menduduki posisi enam trending Twitter di Indonesia. Meski sempat menjadi trending Twitter di Indonesia, Manuel Agri sebagai Presiden BEM FISIP Unair menjelaskan bahwa pihak kampus belum memberikan tanggapan apapun terkait aksi tagar #sambatkuliahunair.

retorika.id- Sejak diprakarsai pada Jum’at (19/06/2020), banyak mahasiswa yang menyuarakan keresahan mereka terkait UKT (Uang Kuliah Tunggal) dan kebijakan kuliah daring yang perlu dibenahi oleh Unair. Cuitan-cuitan tersebut disampaikan mahasiswa di Twitter dengan tagar #sambatkuliahunair.

“Saya yakin banyak orang tua yang bingung sekarang. Nyari pinjaman sana-sini buat uang kuliah anaknya. Banyak yang terdampak akibat wabah ini. Peringkat naik. Tolong Pak Rektor semakin bijak, sebagian mahasiswa sedang tidak baik-baik saja saat ini #sambatkuliahunair,” tulis akun Twitter

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

@sukardiliat.

Aksi tagar tersebut bahkan sempat menduduki posisi enam trending Twitter di Indonesia. BEM FISIP Unair yang masih memantau perkembangan dari aksi tagar tersebut melihat bahwa tidak hanya mahasiswa FISIP yang ikut berpartisipasi menyumbang suara mereka.

“Nantinya, suara keresahan-keresahan mahasiswa dari gerakan ini dapat dielaborasi dan dijadikan acuan bersama. Jadi, memang kami rasa gerakan tagar ini cukup berdampak bagi mahasiswa Unair,” ujar Elni Nainggolan selaku Wakil Presiden BEM FISIP Unair.

Meski sempat menjadi trending Twitter di Indonesia, Manuel Agri sebagai Presiden BEM FISIP Unair menjelaskan bahwa pihak kampus belum memberikan tanggapan apapun terkait aksi tagar #sambatkuliahunair.

“Kalau respon dari pihak kampus sendiri, sampai saat ini tidak ada. Tagar yang telah diprakarsai oleh BEM FISIP sendiri memang bertujuan untuk mendengar keluhan-keluhan mahasiswa, tentunya menjadi bahan pertimbangan kami untuk mengadvokasi lebih lanjut, dimana salah satu hal yang banyak dikeluhkan adalah mengenai UKT,” jelas Agri Manuel.

Meskipun pihak kampus belum menanggapi aksi tagar ini, BEM FISIP Unair tetap berupaya agar pihak rektorat bisa mendengarkan dan memberikan solusi dari keluh kesah mahasiswa. Sembari memantau aksi tagar #sambatkuliahunair, pihak BEM FISIP Unair akan mengadvokasi keresahan mahasiswa bersama ormawa lainnya di Unair agar target yang sejak awal telah ditetapkan dapat dicapai.

Seperti yang diketahui sebelumnya, aksi tagar #sambatkuliahunair merupakan upaya dari pihak BEM FISIP Unair untuk mengumpulkan keresahan para mahasiswa terkait masalah UKT, kebijakan kuliah daring, maupun permasalahan lain yang ingin disampaikan di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini.

 

Penulis: Rimaya Akhadiyah

 


TAG#akademik  #aspirasi  #bem  #dinamika-kampus