» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: 081281600703.

Inspirasi
Yuk Ke Pecantingan!
21 Maret 2017 | Inspirasi | Dibaca 699 kali
Destinasi Wisata di Pecantingan: - Foto: Endah

retorika.id - Berkunjung ke Desa Pecantingan yang terletak di Kecamatan Sekardangan, Kabupaten Sidoarjo akan membuat Anda merasakan pengalaman yang seru, berada di kawasan ini serasa di bawa kembali pada kehidupan tempo dulu yang serba asri dengan kehidupan harmoni yang melingkupinya. Dikatakan ‘Harmoni’ karena harmoni adalah kondisi ideal di mana suasana, alam, dan manusianya dapat berkolaborasi dalam menciptakan kehidupan yang baik serta seimbang dan rasanya itu dimiliki semua oleh desa Pecantingan ini.  

Desa Pecantingan memiliki jajaran sawah yang hijau dan terlihat sangat asri.

®iklan

Pasang iklan Anda di sini!
Hubungi » 082112438727

®iklan

Bila Anda berkeliling di pagi hari di sini. Anda akan benar-benar dapat merasakan kesejukan udara yang menyelimuti desa ini. selain itu, kebutuhan hidup seperti sembako dan barang-barang lain sangat mudah dicari karena banyak toko-toko kelontong yang masih eksis dengan bermacam-macam dagangannya. Harga yang dipatok pun relatif murah dan sangat terjangkau.

Desa Pecantingan juga semakin lengkap dengan adanya masjid-masjid yang mudah di akses. erdapat pula bangunan-bangunan sekolah mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Walau salah satu bangunan sekolah ada yang terletak di tengah-tengah sawah, namun jalanan menuju sana terbilang mudah.

Tak ketinggalan juga di Desa ini terdapat Kawasan yang bernama ‘Rumah Kebudayaan’. Rumah Kebudayaan ini memiliki 4 bangunan berbentuk rumah adat khas Jawa Timur. Bangunan pertama yang cukup besar berfungsi seperti ruang tamu. Di dalamnya terdapat beberapa lukisan kanvas yang lumayan lebar dari sang pemilik rumah. Bangunan kedua dan ketiga berfungsi sebagai kamar tidur dengan ruangan yang berbeda. Sedangkan bangunan keempat berfungsi sebagai dapur. Semua bangunan terbuat dari kayu dan memiliki corak yang khas. Rumah kebudayaan ini tergolong memiliki konsep rumah adat dengan fungsi bengunan yang terpisah-pisah. Di sekitar kawasan Rumah Kesenian ini juga terdapat dua kolam ikan dan beberapa gazebo yang menambah kesan "tempo dulu"-nya.

Rumah Kebudayaan sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin berkunjung, hal ini seperti dikemukakan oleh sang pengelola yang menerima kami dalam tiga hari ini. Tim Retorika mengunjungi Rumah Kebudayaan ini dalam rangka menggelar Pelatihan Jurnalis Tingkat Dasar. Keterbukaan tempat ini dalam menerima tamu membuat komunitas-komunitas dengan kegiatan-kegiatan sosialnya dapat berkembang dan memiliki kesempatan untuk merasakan keharmonisan Desa Pecantingan ini. (En/red) 

-Endah Fitri Amalia-


TAG#budaya  #lingkungan  #lpm-retorika  #seni