» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Info Kampus
Talkshow Bersama Menparekraf : Masa Depan Penyiaran dan Multimedia di Era Industri Digital
22 November 2021 | Info Kampus | Dibaca 72 kali
Talkshow Bersama Menparekraf : Masa Depan Penyiaran dan Multimedia di Era Industri Digital: - Foto: Youtube Universitas Airlangga
Kamis (18/11) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno kembali menyapa Universitas Airlangga melalui Talkshow yang disiarkan langsung di akun Youtube Universitas Airlangga.

Talkshow bersama Menparekraf : Masa Depan Penyiaran dan Multimedia di Era Industri Digital diawali dengan pantun ciamik dari Sandiaga Uno. Pembukaan yang manis membuat penonton terkesan dan memberikan perhatian penuh pada talkshow kali ini.

Menteri asal Pekanbaru ini memaparkan peran multimedia di kala pandemi menyerang. Penggunaan media elektronik, hingga media sosial memberikan dampak yang cukup besar. Misalnya, sinetron Ikatan Cinta yang booming saat pandemi.

“Melambungnya creative content saat pandemi membuktikan

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

bahwa industri media merupakan prospek yang sangat menjanjikan. Yang tidak terpaku pada bisnis online, tetapi bagaimana kita menciptakan konten yang berkualitas.” ujar Sandiaga.

Pandemi mengubah keadaan dimana lebih mengutamakan digitalisasi di berbagai sektor. Adapun sektor yang mengalami peningkatan saat pandemi yakni sektor periklanan dengan digitalisasi. Digitalisasi menjanjikan akses luas tak terbatas dibuktikan dengan pertumbuhan belanja daring.

“Jadi pandemi meningkat, e-commerce nya juga meningkat.” jelasnya.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berusaha mengembangkan subsektor Ekonomi Kreatif melalui Voice Over Academy. Program yang mengakomodasi pengisi suara seiring dengan berkembangnya content digital seperti film, iklan, video, hingga podcast.

Menteri yang kerap disapa Bang Sandi memberikan contoh salah satu drama Korea Money Heist yang menggunakan Voice Over Academy. Dengan keberadaan program ini dapat membantu penonton untuk mendengarkan drama dengan dubbing dari berbagai negara.

Tidak hanya itu, Voice Over Academy juga menyediakan mentor-mentor yang berpengalaman yang memandu content creator bagaimana menghasilkan audio content yang berkualitas dan edukatif.  Harapannya dengan program ini dapat menghasilkan talenta-talenta terbaik sehingga dapat membuka peluang kerja seluas-luasnya.

Di penghujung acara, Sandiaga menyerukan strategi 3G yaitu Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), dan Gaspol (Gali Semua Potensi).

 

 

Penulis: Annisa Firdaus

Editor: Najmah Rindu Aisy

 


TAG#ekonomi  #inovasi  #media-sosial  #sosial