» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Info Kampus
Amerta 2021 Resmi Digelar, Euforia Kurang Dirasakan Maba
02 September 2021 | Info Kampus | Dibaca 123 kali
Amerta 2021 Resmi Digelar, Euforia Kurang Dirasakan Maba: Sumber: Foto: Dokumentasi Pribadi
Amerta 2021 resmi digelar. Pandemi yang tak kunjung usai menghalangi terjadinya pelaksanaan Amerta secara luring seperti tahun sebelumnya. Euforia Amerta 2021 dapat dikatakan kurang terasa akibat pelaksanaannya yang dilakukan secara daring.

retorika.idAmerta 2021 secara resmi digelar setelah sebelumnya ramai dengan masalah informasi yang simpang-siur. Pandemi yang masih terus berlanjut memaksa pelaksanaan Amerta kali ini untuk berlangsung secara daring melalui media Zoom dengan diikuti kurang lebih 6.000 mahasiswa baru.

Acara dibuka dengan Sidang Senat Terbuka yang dipimpin oleh Rektor Universitas Airlangga, Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak., berlangsung lancar. Tak hanya menyertakan mahasiswa, perwakilan orang tua mahasiswa baru 2021 pun turut serta hadir untuk memberikan sepatah-dua patah kata.

Berjalan secara daring dan berbeda dari Amerta tahun-tahun sebelumnya, atmosfer perayaan yang dirasakan jelas memiliki perbedaan yang signifikan. Tugas dan kegiatan yang berbeda dari Amerta luring pun turut menjadi perbedaan mendasar.

Soalnya kan online jadi cuma duduk mantengin laptop sama ngerangkum materi,” jelas AN, salah satu peserta Amerta 2021, saat diwawancarai oleh Tim Retorika melalui Instagram (30/8).

Rasa ingin tahu mereka terhadap kampus dan lingkungannya menjadi alasan utama para mahasiswa baru menaruh atensi lebih pada Amerta 2021. Sayangnya, rasa antusiasme dan euforia atas pelaksanaan Amerta tertutup

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

oleh beban tugas mahasiswa baru yang terbilang banyak dan dengan tenggat waktu pengumpulan yang cenderung pendek. Tidak hanya tugas merangkum materi Amerta saja, tugas lain seperti menulis opini dan esai pun tak luput dari daftar tugas untuk para mahasiswa baru.

Awalnya pada antusias, Kak, gak sabar ngeliat kampus lain udah pada ospek. Tapi jujur aja, ini tugasnya bikin pusing terus deadline-nya mepet banget menurut aku,” terang AN.

AN juga mengatakan bahwa dari sudut pandangnya, kegiatan pra-Amerta memiliki euforia yang lebih terasa ketimbang pada saat Amerta dimulai. 

Minimnya antusiasme mahasiswa baru juga terlihat saat penyampaian materi di hari pertama dan kedua. Meski materi yang disampaikan menarik, hanya beberapa mahasiswa saja yang mengajukan pertanyaan sedangkan sisanya menjadi pendengar saja. Hadirnya tokoh-tokoh berpengaruh untuk menyampaikan materi dirasa tepat untuk membangkitkan euforia mahasiswa.

Sementara Fitratul Insani, selaku KOC Amerta 2021 mengungkapkan bahwa sampai dengan sekarang, peserta Amerta 2021 masih terlihat antusias dalam mengikuti rangkaian acara Amerta 2021. Hal ini terlihat dari beberapa media sosial yang mendapatkan pertanyaan-pertanyaan terkait pelaksanaan Amerta 2021. Pengikut official account Amerta Unair (@amertaunair) di Instagram pun bertambah signifikan hingga 7000 pengikut.

“Secara keseluruhan antusiasme mahasiswa baru (maba) tahun 2021 ini sangat antusias dalam menyambut Amerta, bahkan flashback sebelum Amerta dimulai juga sudah banyak yang bertanya terkait Amerta di beberapa media sosial, terkait bagaimana pelaksanaan Amerta secara online dan penugasannya mengingat tahun ini pertama kalinya Amerta diselenggarakan secara online. Sejak awal pembagian maba dan pembentukan kelompok juga demikian, bahkan official account Amerta followers-nya bertambah signifikan sampai 7 ribu,” tuturnya saat dihubungi melalui Whatsapp (31/8).

Ia juga menambahkan bahwa berdasarkan laporan saat rapat evaluasi di kegiatan Amerta Candramaya yang diselenggarakan secara daring sebelum Amerta digelar, mahasiswa baru terlihat antusias mengikuti kegiatan itu karena dikemas santai agar pesertanya bisa nyaman.

“Berdasarkan laporan di rapat evaluasi bersama seluruh PK, di Amerta Candramaya yang diselenggarakan secara online di tanggal 27-28 bersama kelompok garudanya juga mahasiswa baru interaktif di forum tersebut karena memang dikemas santai agar maba nyaman dan bisa lebih terbuka,” tambahnya.

Terkait keluhan maba atas penugasan, menurut Fitratul Insani mengungkapkan bahwa kemungkinan ada culture shock yang dialami maba karena proses adaptasi dari siswa ke mahasiswa. Maka dari itu, penugasan pada Amerta memang dirancang sebagai media adaptasi maba agar siap di dunia perkuliahan dan mendalami perannya sebagai mahasiswa.

“Mungkin lebih karena mereka masih dalam posisi culture shock dalam adaptasi siswa ke mahasiswa, yang memang dari segi tugas juga berbeda, yang akhirnya menimbulkan kesan seperti itu. Dalam merancang penugasan juga kami mempertimbangkan banyak hal mas, terkait kesanggupan maba, nilai-nilai yang ingin ditanamkan, menumbuhkan kekritisan maba sebagai mahasiswa terhadap isu sosial yang ada di masyarakat, dan lain sebagainya. Jadi memang penugasan ini juga sebagai media adaptasi mereka untuk memasuki dunia perkuliahan dan mendalami perannya sebagai mahasiswa.”

Fitratul juga berharap dengan adanya Amerta 2021 yang sudah dirancang dengan sedemikian rupa, dapat memantik maba agar bisa berpikir kritis dan peka terhadap kondisi sosial di sekitarnya. Maba 2021 juga diharapkan bisa berkontribusi aktif secara konkrit untuk masyarakat karena Amerta memang dirancang untuk itu.

Penulis: Dien Mutia, Annisa Firdaus, Putra Pradana

Editor: Kadek Putri Maharani


TAG#universitas-airlangga  #  #  #