» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Info Kampus
Unair Hadir Dengan Logo Branding, Apakah Perlu?
27 Januari 2021 | Info Kampus | Dibaca 555 kali
Unair Hadir Dengan Logo Branding, Apakah Perlu?: foto/ilustrasi: Foto: almiranuril
Unair akhirnya memperkenalkan logo baru yang diperuntukkan untuk branding setelah sempat beberapa waktu lalu menuai kebingungan di kalangan mahasiswa karena tidak adanya kejelasan. Melalui akun univ_airlangga (21/1), Unair membagikan pengumuman mengenai statuta logo Universitas Airlangga yang didalamnya menjelaskan penggunaan logo resmi dan logo branding. Akan tetapi, hal ini dirasa belum jelas mengingat informasi hanya dibagikan melalui postingan Instagram sehingga masih ada kebingungan mengenai penggunaanya.

retorika.id- Melalui akun Instagram @univ_airlangga pada Jumat (21/1), Unair mengunggah postingan berjudul
"Pengumuman Statuta Logo Universitas Airlangga." Dalam postingan kali ini, Unair memberikan informasi mengenai penggunaan logo yang benar sekaligus memperkenalkan logo baru yang sempat menjadi perdebatan dan menuai kebingungan di kalangan mahasiswa. Pasalnya design logo dasar yang hanya terdiri dari logogram dan sering digunakan dalam segala keperluan, kini memiliki varian dan tampilan baru.

Menampilkan logo dasar dengan tambahan frame di sekelilingnya yang terdiri dari dua pilihan warna, yaitu biru dan putih, serta tulisan "UNIVERSITAS AIRLANGGA" di atas dan "UNAIR" di bawah. Logo inilah yang diperkenalkan oleh Unair sebagai logo branding. Dijelaskan bahwa sejauh ini, logo ini diperuntukkan  untuk keperluan yang tidak resmi dan tercantum dalam statuta. Seperti halnya dipergunakan pada keperluan branding dan promosi dalam kategori acara semi-formal di media sosial (Instagram, Twitter, Facebook dan YouTube). Adapun untuk keperluan yang bersifat formal seperti kerja sama dengan lembaga, serta dalam kegiatan Tridharma perguruan tinggi, tetap menggunakan logo resmi sesuai dengan pedoman pada

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

statuta.

Melalui penelusuran tim Retorika dan melihat dari laman website resmi Universitas Airlangga, cybercampus serta aula e-learning, penggunaan logo branding ini masih membingungkan. Dalam website Unair sudah menggunakan logo branding, sedangkan dalam aula masih menggunakan logo resmi. Adapun dalam cybercampus menggunakan perpaduan kedua logo yang mana tampilan login menggunakan logo branding, sedangkan di halaman utama masih menggunakan logo resmi. Terkait hal ini, masih ada kebingungan dalam penggunaan sebenarnya. Menjadi pertanyaan, apakah logo branding ini benar-benar diperlukan, mengingat logo resmi sendiri juga telah memiliki tiga varian bentuk lainnya yaitu logo dasar, logo horizontal dan logo vertikal.

Menanggapi hal ini, tim Retorika melakukan wawancara dengan salah satu dosen Ilmu Komunikasi, Angga Prawadika Aji S.I.P.,M.A. via chat WhatsApp  untuk menayakan mengenai perspektif beliau terkait logo branding yang dirasa membingungkan dan belum jelas penggunaanya.

Ya memang seharusnya dalam pengenalan logo institusi tidak bisa hanya dengan instagram post seperti itu. Seharusnya ada sebuah dokumen resmi atau semacam guideline yang menjelaskan warna, kategori, dan penggunaan logo-logo tersebut. Ini dibuat biar tidak ada kebingungan bagi pengguna terutama jika logonya ada variannya,” jelasnya.

Angga menjelaskan bahwa sebenarnya prinsip logo tersebut jelas harus unik dan tunggal. Hal ini karena identitas dari sebuah institusi harus mudah diingat dan disebarluaskan. Logo suatu universitas sendiri harus memiliki sisi historis dan nilai/makna, serta reputasi yang kuat di masyarakat.

“Membuat beberapa bentuk logo itu langkah yang cukup ‘aneh’ ya karena malah bisa memperlemah persepsi publik pada logo utama. Kalau mau ya sekalian saja rebranding total dengan memperkenalkan logo dan brand identity baru. Ini di kita pun para dosen juga belum ada sama sekali penjelaskan soal logo itu,” tambahnya di akhir wawancara.

Kolom komentar dalam postingan kali ini pun juga mendapat beragam respon. Ada yang senang dengan hadirnya logo baru, ada yang merasa lega setelah beberapa lama baru mengetahui kegunaan dan ada yang justru merasa bingung,

Seperti komentar dari akun Instagram @thinni.nr, “Mantaapp semoga setelah ini semua unit kerja UNAIR tidak ada yg salah menggunakan logo saat ada event atau dalam kesehariannya, he he he.”

“Bermanfaat sekali info ini, dulu sampe nerawang pake feeling gimana nerapin logo yang bener,” tulis akun Instagram @nuritawa.

“Sekalian buat Graphic Standard Manual nya yg bisa diunduh Min” tulis akun Instagram @arya.d.signer. Komentar lainnya “Kenapa logo brandingnya lebih kurang mantap daripada logo resmi ya min?” tulis akun Instagram  @alfarizi_7.

 

Keterangan :

Unduh logo dan panduan penggunaan : https://unair.ac.id/site/menu/show/15/identitas.html

Unduh logo branding : https://www.unair.ac.id/site/menu/show/201/download.html

 

Penulis :

Almira Nuril Shabrina

 

Editor :

Dina Marga

Adiesty Anjali

Sindhie Ananda Dwianti


TAG#dinamika-kampus  #gagasan  #universitas-airlangga  #