» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: 082112438727.

Info Kampus
Kegiatan Beraksi Warnai Momentum Hardiknas
05 Mei 2017 | Info Kampus | Dibaca 721 kali
Suasana Diskusi: Barisan Aksi Literasi Foto: Endah

retorika.id - (04/05) Gabungan Komunitas Penggerak Literasi yang dipunggawai oleh salah satu partai politik yang ada di kampus oranye (red FISIP) menyelenggarakan kegiatan Barisan Aksi Literasi (Beraksi) Volume 1. Kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional, acaranya meliputi pagelaran baca buku gratis, diskusi, dan diiringi dengan beberapa mahasiswa yang menyuguhkan penampilan musik.

Pegiat literasi yang ikut menyemarakkan acara ini datang dari beberapa

®iklan

Pasang iklan Anda di sini!
Hubungi » 082112438727

®iklan

komunitas di sekitar FISIP, diantaranya Komunitas Sarasvati, Lingkaran Solidaritas (LISO), Literaturia dan Aliansi Literasi Surabaya. Kesemua komunitas yang bekerja sama turut memamerkan koleksi bacaan yang bisa dibaca gratis di lokasi kegiatan berlangsung. Bahkan salah satu komunitas menyatakan dalam agenda rutin mereka biasanya buku yang mereka pamerkan juga dapat dipinjam secara gratis dalam waktu tertentu.

Selama pagelaran baca buku gratis, kegiatan juga diselingi dengan penampilan mahasiswa yang membawakan musik, serta diskusi yang bertemakan ‘Mahasiswa Sumbu Pendek’ yang berlangsung di sekitar taman demokrasi FISIP. Dalam diskusi ini banyak membahas mahasiswa generasi sekarang yang lebih suka menanggapi isu tanpa mengimbangi dengan pemberian solusi. Hal demikian berdampak pada munculnya mahasiswa sumbu pendek, yang merupakan akibat dari kurangnya pemahaman isu. Kondisi seperti itu dilatarbelakangi oleh kegiatan literasi mahasiswa yang lebih banyak memanfaatkan media online sebagai sarana informasi yang belum tentu kebenarannya, dan kurangnya minat baca terhadap buku. Maka dari itu, komunitas literasi yang ikut mengisi materi diskusi tersebut, mengajak mahasiswa untuk turut serta menghidupkan literasi dan menggaungkan minat baca di kalangan mahasiswa.

Salah satu peserta menanggapi kegiatan tersebut dengan sambutan positif  “Kegiatan ini sangat bagus,  mahasiswa saat ini lebih banyak yang memanfaatkan media online dari pada membaca buku, jadi kegiatan diskusi susulan semacam ini perlu diadakan lagi…” imbuh Novita, gadis yang merupakan anggota Sarasvati bentukan mahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan itu. [Endah]


TAG#aspirasi  #budaya  #dinamika-kampus  #fisip-unair