» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Mild Report
Hubungan Tegang, Rusia-Ukraina Perang Meme di Twitter
21 Februari 2022 | Mild Report | Dibaca 259 kali
Hubungan Tegang, Rusia-Ukraina Perang Meme di Twitter: - Foto: Efrem Lukatsky, Aljazeera
Politik internasional tidak selalu menjadi hal yang serius. Hal ini terlihat dari interaksi antara akun-akun twitter resmi yang dimiliki oleh Rusia dan Ukraina. Dewasa ini, seiring dengan menegangnya hubungan antara kedua negara, akun twitter resmi Ukraina mengunggah beberapa meme yang seolah-olah menggambarkan tegangnya hubungan kedua negara tersebut. Tidak mau kalah, akun kedutaan besar Rusia untuk Kanada melakukan hal yang sama.

Belakangan ini, memanasnya hubungan antara Rusia dan Ukraina menjadi perbincangan hangat banyak orang. Mobilisasi tentara dan peralatan militer milik Rusia ke perbatasan dengan Ukraina menimbulkan gejolak dalam dunia perpolitikan internasional. Beberapa pihak bahkan meramalkan konflik ini akan berujung pada Perang Dunia III.

Sejak 2013, Ukraina menjadi negara yang diperebutkan oleh Rusia dan Uni Eropa. Dinamika internal dalam negeri Ukraina menjadi sedikit problematik ketika Presiden Yanukovych menolak untuk bekerja sama dengan Uni Eropa pada November 2013. Sebaliknya, Yanukovych justru cenderung merapat ke Rusia. Hal ini mengundang kemarahan dari rakyat Ukraina yang kemudian melengserkan Yanukovich pada 2014.

Serangkaian efek domino kemudian, Rusia menganeksasi Semenanjung Krimea. Selain itu, negara-negara Barat juga menuduh Rusia telah mendukung gerakan separatisme di Ukraina Timur, wilayah yang lebih condong ke Rusia. Akibatnya, Rusia mendapat kecaman dan sanksi yang dijatuhkan oleh Uni Eropa dan Amerika. Lebih jauh, PBB menolak integrasi dan aneksasi yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina.

Keadaan menjadi sangat panas ketika kebijakan pintu terbuka NATO membuat Ukraina ingin bergabung ke dalamnya. Dalam hal ini, Rusia memiliki kepentingan (interest) untuk menjaga Ukraina tetap berada di bawah pengaruh (sphere of influence) Rusia, dan mencegahnya menjadi bagian dari NATO. Mobilisasi militer pun dilakukan oleh kedua belah pihak, namun sampai saat tulisan ini dibuat belum ada konflik senjata yang meletus, dan semua pihak yang terlibat masih mengedepankan proses diplomasi tanpa exercise of power.

Perang Meme di Twitter

Di tengah kondisi yang naik-turun, akun twitter resmi Ukraina menanggapi hal ini dengan cara yang tidak biasa. Akun twitter dengan username

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

@Ukraine ini biasanya mengunggah tokoh-tokoh berpengaruh, pemandangan alam, maupun destinasi wisata Ukraina. Namun, seiring dengan kondisi politik internasional yang semakin memanas, akun ini mengunggah meme-meme satir yang bernada “menyindir” Rusia.

Sampai tulisan ini dibuat, setidaknya sudah ada tujuh meme yang membahas masalah hubungan “bertetangga” yang tidak sehat dengan Rusia. Meme-meme ini diunggah dari bulan November, hingga yang terbaru pada Januari tahun ini. Hal ini, tentu saja membuat akun @Ukraine lebih hidup, berbeda dengan akun-akun resmi negara lain yang cenderung kaku dan membosankan. Langkah ini mendapat sambutan yang sangat baik dari warganet seluruh dunia karena dinilai sebagai cara yang tepat untuk mencairkan suasana pemberitaan Ukraina yang penuh ketegangan.

Hal tersebut terbukti dalam salah satu unggahan yang bertanggal 7 Desember 2021. Meme empat panel yang memiliki premis “macam-macam sakit kepala” ini memiliki punchline “hidup di samping Rusia” sebagai jenis sakit kepala yang paling parah. Unggahan ini mendapatkan lebih dari lima ratus ribu likes dari netizen, lima ribu lebih komentar, dan telah di-retweet sebanyak lebih dari 150.000 kali.

Serang Balik Pemberitaan Buruk

Langkah untuk mengunggah meme ini diambil sebagai penyeimbang pemberitaan buruk tentang krisis Ukraina yang tersebar luas melalui media sosial. Psywar yang dilakukan oleh Rusia dan Amerika untuk memperebutkan pengaruh di Ukraina menyebabkan media arus utama di kedua negara tersebut berlomba-lomba membuat narasi yang menitikberatkan pada gentingnya kondisi Ukraina saat ini.

Dilansir dari BBC.com, Presiden Ukraina saat ini, Volodymyr Zelensky, berpendapat bahwa pemberitaan semacam itu justru akan membawa kepanikan dan masalah ekonomi bagi Ukraina. Di sisi lain, dalam wawancara dengan The Huffington Post, admin akun @Ukraine menyatakan bahwa pengunggahan meme-meme tersebut bukan sekadar ajang untuk menyindir Rusia, namun juga melawan misinformasi yang tersebar di berbagai media.

Menurut admin @Ukraine, langkah ini diambil sebagai salah satu cara untuk mencari perhatian dan memberikan pemahaman kepada masyarakat internasional yang belum mengetahui seluk-beluk konflik yang terjadi ini. “Jadi kami memiliki satu tugas yang harus dituntaskan dengan meme ini, yaitu untuk menjelaskan kepada masyarakat luas bahwa Rusia adalah masalahnya di sini, bukan Ukraina, negara-negara Barat, Amerika, NATO, alien, atau yang lain,” jelasnya.

Rusia Tidak Mau Kalah

Senada dengan apa yang dilakukan akun @Ukraine, akun twitter kedutaan besar Rusia untuk Kanada juga menunggah meme pada Sabtu (19/2/2022) kemarin. Akun @RussianEmbassyC ini mengunggah resep koktail dengan logo NATO beserta tulisan “Koktail Perang NATO. Dikocok atau diaduk,” diikuti dengan langkah-langkah peperangan yang akan diambil NATO, diakhiri dengan “menyalahkan Rusia” sebagai punchline. Namun, sampai tulisan ini selesai dibuat, unggahan ini hanya mendapatkan 653 like, 87 komentar, dan telah di-retweet sebanyak 324 kali. (GPP)

Penulis: Ghulam Phasa Pambayung.

Editor: Sindhie Ananda

Referensi:

Aljazeera. 2022. A Simple Guide To The Ukraine-Russia crisis: 5 Things to Know. Tersedia di: www.aljazeera.com/amp/news/2022/1/25/five-things-to-know-about-Russia-ukraine-tensions

Aljazeera. 2022. Timeline:How Did The Recent Ukraine-Russia Crisis Start?. Tersedia di: www.aljazeera.com/amp/news/2022/2/13/timeline-how-the-ukraine-russia-crisis-reached-the-brink-of-war

BBC News. 2022. Ukraine Crisis: Don't Create Panic, Zelensky Tells West. Tersedia di : https://www.bbc.com/news/world-europe-60174684 (diakses 19 Februari 2022)

Khursyudhan, I .2022. Ukraine's Showdown With Russia Plays Out One Meme at a Time. Tersedia di:https://www.washingtonpost.com/world/2022/01/26/ukraine-russia-memes-social/

RussianEmbassyC. 2022. Tersedia di: https://twitter.com/RussianEmbassyC/status/1494758138469355530?s=20&t=Dbg9ZKcNdfnxh5o7uVrQBg (diakses 19 Februari 2022)

txtdarihi. 2022. Tersedia di:https://twitter.com/TxtdariHI/status/1493174955558973440?s=20&t=Dbg9ZKcNdfnxh5o7uVrQBg (diakses 19 Februari 2022)

Ukraine. 2022. Tersedia di: https://twitter.com/Ukraine/status/1468206078940823554?s=20&t=Dbg9ZKcNdfnxh5o7uVrQBg (diakses 19 Februari 2022)

 

 


TAG#gagasan  #media-sosial  #pemerintahan  #politik