» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Majalah
Majalah 2024 "Krisis Kemanusiaan Berjamuran, Mahasiswa Kemana?"
19 Februari 2024 | Majalah | Dibaca 227 kali
Majalah 2024 "Krisis Kemanusiaan Berjamuran, Mahasiswa Kemana?": - Foto: Tim Perusahaan Retorika
[Majalah edisi ke-4 LPM Retorika FISIP Unair] Halo pembaca Retorika di mana pun kalian berada!

retorika.id - Salam Redaksi!

Halo pembaca Retorika di mana pun kalian berada!

Dewasa ini, krisis kemanusiaan seakan menjadi polemik kontinu yang tak kunjung usai. Mulai dari genosida terhadap Palestina, krisis kemanusiaan di Kongo yang kali ini diperparah dengan konsumerisme teknologi, sampai pembantaian massal Rohingya. Tak beranjak jauh dari kita, perampasan hak warga juga terjadi; sebut saja kasus kriminalisasi petani Pakel yang tanahnya diambil paksa dan dituduh menyebarkan fitnah. 

Di


tengah peliknya krisis kemanusiaan dan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang berjamur, timbul pernyataan baru: di mana tempat kita sebagai mahasiswa untuk berkontribusi meningkatkan kesadaran dan menyuarakan suara mereka yang ditindas? Berangkat dari pertanyaan tersebut lah Retorika mengambil tema “Krisis Kemanusiaan Berjamuran, Mahasiswa Kemana?” sebagai tajuk utama majalah edisi ini. 

Mahasiswa sebagai insan akademia sudah semestinya meraih kesadaran baru, melihat di balik struktur problematik, dan menguak tabir realitas yang mengungkung. Berada di atas menara gading dan berdiri di atas pernyataan netral namun bisu terhadap suara kebenaran dan ketidakadilan bukan lah sesuatu yang semestinya terjadi. Hendaknya, mahasiswa – dan seluruh civitas akademika – senantiasa berada di garda terdepan berperisai ilmu dan empati. Pengetahuan tanpa emansipasi hanyalah berujung pada stagnansi dan perusakan yang masif. 

Retorika mengucapkan terima kasih atas antusiasme dan perhatian pembaca sekalian, kritik dan saran dengan sangat lapang kami terima sebagai bahan untuk terus berbenah guna menyuarkan seruan menuntut keadilan dan menjadi lembaga pers mahasiswa yang berpikir bebas dan berjuang untuk kemanusiaan. 

Bagi pembaca yang ingin mengakses dan membaca Majalah "Krisis Kemanusiaan Berjamuran, Mahasiswa Kemana?" terbitan LPM Retorika edisi Februari 2024, silakan klik tautan berikut: https://bit.ly/majalah-retorika-keempat

 

Selamat membaca majalah edisi Februari 2024 dan sampai jumpa di majalah Retorika edisi berikutnya!

 


TAG#demokrasi  #demonstrasi  #dinamika-kampus  #lpm-retorika