» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: 081281600703.

Liputan Khusus
Bersiap-siap Sebelum Aksi, Mahasiswa FISIP Lakukan Konsolidasi
26 September 2019 | Liputan Khusus | Dibaca 58 kali
Aksi Massa dari FISIP Unair yang berjumlah sekira 1228, mengonsolidasikan diri di Taman Demokrasi sebelum berangkat mengikuti Aksi #SurabayaMenggugat.

retorika.id - Kamis 26 September 2019, pukul delapan pagi, Gedung A, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga (Unair), secara serentak dipenuhi oleh mahasiswa tiap departemennya. Mereka hendak melakukan aksi massa ke Gedung Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Jawa Timur (Jatim) yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Sipil. Sebagaimana yang telah dikabarkan hari-hari sebelumnya, bahwa FISIP Unair

®iklan

Pasang iklan Anda di sini!
Hubungi » 082112438727

®iklan

akan ikut ambil bagian dalam aksi #SurabayaMenggugat.

Tidak hanya berkutat di Taman Demokrasi, massa aksi juga memenuhi hampir seluruh bagian di Gedung FISIP. Gedung FISIP mendadak penuh dari lantai satu hingga tiga, tidak hanya diam dan mendengarkan orasi, mereka juga melakukan orasi dan menyanyikan lagu wajib mahasiwa secara serentak. Orasi dan menyanyikan  lagu perjuangan mahasiswa tersebut, dipimpin oleh Korlap Fakultas dan Jurusan. Dengan gema nyanyian-nyanyian tersebut, massa yang ada di FISIP dibakar semangatnya untuk turun ke jalan dan menyuarakan tuntutan-tuntutan mereka.

Sistem pembagian Koordinator Lapangan (Korlap) massa aksi FISIP dibagi menjadi Korlap Jurusan dan Korlap Fakultas. Untuk Korlap fakultas di FISIP sendiri adalah Arul dari prodi Ilmu Politik 2017, ia membawahi kurang lebih 1228 massa. “Massa aksi FISIP yang terdata, ada 1228 dari seluruh prodi yang ada di FISIP,” ujar Arul selaku korlap massa aksi FISIP Unair.

Massa aksi dari FISIP, sebagaimana dresscode yang telah disepakati, menggunakan almamater dengan pakaian hitam-hitam, menggunakan pita berwarna oranye. Baru pada pukul Sembilan lebih tiga belas, seluruh massa aksi FISIP berkumpul di Taman Demokrasi FISIP Unair.

 

Penulis: Anugrah Yulianto, Bagus Puguh


TAG#akademik  #blm  #budaya  #demokrasi