» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: 081281600703.

Inspirasi
Kisah Inspiratif Alumni FISIP Mewarnai Momentum UFO
09 Agustus 2017 | Inspirasi | Dibaca 950 kali
: Suasana saat Eddy Roesdiono menyampaikan kisah inspiratif : United Fisip Orientation (UFO) 2017 Foto: Suvia Nisa
"Tidak perlu khawatir mau jadi apa setelah lulus, terapkan prinsip job creator"- Bustomi, Alumnus FISIP Unair

retorika.id- (08/08) Masa orientasi yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa baru menjadi ajang para mahasiswa beserta para akademik kampus untuk menyusun acara pengenalan kehidupan kampus. Dalam serangkaian acara orientasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) yang biasanya lebih dikenal dengan United Fisip Orientation (UFO) tahun 2017 menjadi momentum yang bisa dimanfaatkan oleh para alumni dalam susunan acara yang bernama Alumni Inspiratif yang berlangsung selama 45 menit yang dimulai dari pukul 09.00 dan berakhir sampai pukul 09.45 WIB.

 

Serangkaian acara Alumni Inspiratif tersebut dibagi dalam 3 ruangan yaitu ruang A307, A309, dan Aula Soetandyo. Para alumni FISIP yang hadir dari progam studi Ilmu Sosiologi, Ilmu Politik, Hubungan Internasional, Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Ilmu Komunikasi memberikan kisah inspiratifnya selama menjalani perkuliahan pada masanya dulu. Dalam durasi 45 menit tersebut, para alumni dibagi menjadi 3 kloter dan diberikan kesempatan untuk membagikan kisah inspiratifnya. Selama 15 menit pertama tepatnya diruang A309 terdapat 4 alumni yang pertama kali membagikan berbagai kisah inspiratifnya mulai dari kegiatan yang dilakukan selama masa kuliah, hobi hingga motivasi untuk mahasiswa baru. Selanjutnya, dalam durasi 15 menit kemudian ada 3 alumni yang membagikan kisahnya, dan durasi 15 menit terakhir  ada 3 alumni yang terakhir sekaligus menutup acara Alumni Inspiratif.

 

Para alumni membagikan kisah inspiratifnya tak hanya sekadar berbicara saja tetapi juga menggunakan media sebagai sarana untuk memperjelas informasinya. Media tersebut berupa slide powerpoint yang berisi identitas seperti nama lengkap beserta gelarnya yang menunjukkan riwayat pendidikannya, status jabatannya dalam Ikatan Keluarga Alumni (IKA) FISIP, pekerjaan, dan berbagai pengalamannya. Menariknya, dalam acara Alumni Inspiratif salah satu pemateri Drs. Eddy Roesdiono sebagai alumnus sosiologi tahun 1982 yang dahulunya menjadi salah satu pendiri Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Retorika, mempunyai cara yang unik dan fun ketika menyampaikan materi yaitu dengan menggunakan permainan tebak kata dan pembacaan puisi yang diselingi dengan sensasi humor, hal tersebut membuat suasana ruangan menjadi penuh tawa dan memancing ketertarikan mahasiswa baru untuk memperhatikan Eddy dalam membagikan kisah inspiratifnya.

 

Selain itu alumni lain yang memberikan inspirasinya ialah Bustomi yang merupakan alumni hubungan internasional 2006. Bustomi saat ini merupakan Bendahara Bidang Kajian dan Pengembangan IKA Fisip Unair 2017-2021. Pekerjaan saat ini ialah owner cakrawarta.com  dan owner AKU BISATour & Travel. Beliau juga penulis buku  Salimisten: Pemikiran Politik (Luar Negeri) Haji Agus Salim serta sebagai konsultan dan analisis sosial politik, motivator serta public speaker.  Ia banyak memberikan nasihat pada mahasiswa baru Fisip mengenai perkuliahan,

“Saya dulu dapet nilai A dengan waktu ngerjain 15 menit. Yang penting pahami karakteristik dosen”ungkapnya.

“Belajar seenak e dewe, bangun jejaring, pentingnya menguasai bahasa asing selain bahasa inggris. Jejaring penting dibangun mulai dari ikut keorganisasian” imbuh Bustomi.

 

Selain itu Ia mengungkapkan untuk tidak perlu khawatir mau jadi apa setelah lulus, terapkan prinsip job creator. Kampus menjadi tempat merawat nalar untuk berpikir sistematis dan pengungkapan.

 

Penulis:

Irma Ayu dan Suvia Nisa.

 

Editor: Endah F.A.

 

 


TAG#fisip-unair  #kisah  #  #