» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Info Kampus
Sosialisasikan Bank Sampah, BEM FISIP UNAIR Implementasikan Kampus Hijau
29 Mei 2022 | Info Kampus | Dibaca 111 kali
Sosialisasikan Bank Sampah, BEM FISIP UNAIR Implementasikan Kampus Hijau: - Foto: Dokumentasi pribadi/Ghulam
BEM FISIP UNAIR Kembali hadir dengan inovasi. Salah satu inovasi terbaru mereka yakni bank sampah emas FISIP, direncanakan terealisasi dua sampai tiga minggu lagi. Sebagai langkah pertama, mereka menggelar acara sosialisasi pada Jumat (27/5).

Retorika.Id - Bermula dari kekhawatiran dan kepedulian terhadap bumi kita yang semakin tua ini, berbagai pihak telah mencoba menyusun alternatif agar sampah yang dihasilkan oleh manusia tidak menumpuk dengan sia-sia dan akhirnya malah menyebabkan kerusakan bagi lingkungan. Salah satu  inovasi untuk menjawab permasalahan di atas adalah dengan hadirnya bank sampah.

Itulah yang disampaikan oleh Kharisa Sabina, pembawa acara dalam gelaran Sosialisasi Bank Sampah Emas Campus Action 2022, Jumat (27/5). Bekerja sama dengan Bank Sampah Induk Surabaya, BEM FISIP merencanakan adanya unit bank sampah unit FISIP

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

UNAIR.

“Bank sampah berbeda dengan Tempat Pembuangan Akhir atau TPA. Bank sampah sendiri hanya menerima sampah yang sudah dipilah dan dapat didaur ulang kembali. Sehingga, sampah-sampah yang disetorkan tidak akan berakhir menumpuk dan membusuk di TPA.” Ujar staf Kementrian Sosial Lingkungan BEM FISIP UNAIR ini.

Dalam acara ini, Kharisa juga menjelaskan secara singkat perihal mekanisme bank sampah ini. Menurut penuturannya, setiap nasabah bank sampah yang menyetorkan sampahnya akan memilki tabungan yang jumlahnya sesuai dengan nilai sampah yang ia setorkan.

Mahasiswi jurusan antropologi ini juga berpendapat bahwa bank sampah ini merupakan inovasi dan alternatif untuk menciptakan masyarakat sehat dan lingkungan yang nyaman untuk ditinggali.

“(Bank sampah ini) satu langkah kedepan sebagai wujud implementasi nyata adanya kampus hijau.” ujarnya.

Hal senada disampaikan juga oleh Marchella Putri, ketua pelaksana program bank sampah ini. Dari beragam inovasi yang berorientasi untuk mewujudkan kampus hijau, bank sampah dilihat sebagai usaha yang paling realistis untuk dilakukan.

“Bank sampah ini menjadi salah satu inovasi yang dapat secara realistis diimplementasikan di kampus FISIP UNAIR ini sendiri.” Ujar Marchella.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut adalah Nurul Chasanah, humas dari Bank Sampah Induk Surabaya. Ia menuturkan bahwa, selain bisa menjadi solusi permasalahan sampah, bank sampah juga merupakan salah satu implementasi nyata dari Sustainable Development Goals (SDGs).

“(Sesuai dengan) nomor dua belas, terkait dengan konsumsi dan produksi bertanggung jawab.” Tuturnya. Bank sampah yang rencananya akan bisa dimanfaatkan mulai dua sampai tiga minggu kedepan ini. Selain itu, diharapkan juga mampu menjadi sumber ekonomi sirkular bagi nasabah maupun pengurus.

Penulis: Ghulam Phasa Pambayung

Editor: Annisa Firdaus


TAG#bem  #lingkungan  #  #