» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Info Kampus
Memberdayakan Pendidikan Anak Melalui Rumah Jalanan
30 September 2021 | Info Kampus | Dibaca 151 kali
Memberdayakan Pendidikan Anak Melalui Rumah Jalanan : - Foto: Dok. Kementerian Sosma
Melihat masih banyaknya anak-anak Surabaya yang belum mendapatkan pendidikan secara maksimal, Kementerian Sosial Masyarakat BEM FISIP Unair 2021 memberikan wadah pendidikan melalui Rumah Jalanan untuk membekali ilmu pengetahuan, keterampilan dan budi pekerti yang baik.

Retorika.id-Kementerian Sosial Masyarakat BEM FISIP Unair 2021 menginisiasi program kerja Rumah Jalanan. Kegiatan tersebut sudah dilaksanakan sejak tanggal 20 Agustus 2021. Sejauh ini, Rumah Jalanan sudah mengadakan kegiatan selama enam kali di Joyoboyo setiap hari Jum'at.

Latar belakang dari adanya kegiatan ini karena melihat banyaknya anak-anak di daerah Surabaya yang belum mendapatkan pendidikan secara layak karena faktor ekonomi, yang mana mengakibatkan banyak anak yang putus sekolah bahkan sekolah sambil bekerja untuk membantu orang tua membuat pendidikan yang diterima tidak maksimal.

Sehingga alasan tersebut membuat  BEM FISIP tergerak melakukan program pemberdayaan dengan mengimplementasikan pendidikan

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

berbasis praktik. Rumah Jalanan ini hadir guna  membekali ilmu pengetahuan, keterampilan dan budi pekerti yang baik.

"Dalam kegiatan, pembelajaran Rumah Jalanan ini sudah sesuai silabus yang dibentuk oleh panitia dengan pembelajaran meliputi, pendidikan karakter,  gender, budaya, nasionalisme,lingkungan hidup, agama, ketrampilan dan bahasa inggris,"ujar Shanet Salsabilla selaku Ketua Pelaksana saat dihubungi Tim Retorika (28/09/2021)

Terkait dengan antusiasme anak-anak, selama proses pembelajaran sangat antusias sekali dibuktikan dengan semangatnya anak-anak dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh panitia dan aktif dalam tanya jawab.

"Sebelum teman-teman panitia ini datang atau kegiatannya belum mulai, anak - anak ini sudah datang dilokasi lebih dahulu. Ketika proses pembelajaran pun, mereka juga aktif bertanya dan semangat mengerjakan tugas. Jadi, memang adik-adik disana punya semangat untuk belajar, tetapi tetap harus didorong," terang Shanet.

Shanet juga memperjelas bahwasanya program kerja Rumah Jalanan ini akan dirancang untuk jangka panjang dan dapat diturunkan ke pengurus BEM FISIP periode berikutnya. Mengingat dalam proses memberikan pendidikan secara layak dan menanamkan nilai-nilai  harus ada pembinaan secara berkelanjutan agar hasilnya sesuai dengan apa yang diharapkan.

Dalam kegiatannya, Rumah Jalanan yang merupakan program kerja dari Kementerian Sosial dan Masyarakat menjalin kerja sama dengan Internal Kementerian BEM FISIP yakni Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk memberikan edukasi terkait kepemudaan dan pentingnya menjaga kesehatan. Selain itu, juga akan menjalin mitra dengan organisasi atau komunitas eksternal yang menaungi pendidikan anak-anak yang kurang mampu agar lebih luas jangkauan kegiatannya.

Dari kegiatan ini, Shanet dan teman-teman panitia lainnya berupaya membangkitkan semangat belajar anak-anak jalanan agar tidak melupakan pendidikan. Sebab pendidikan adalah hal utama yang tidak boleh dikesampingkan, mengingat anak-anak ini merupakan generasi emas bagi bangsa maka harus diberikan wadah untuk mengasah wawasan dan keterampilannya agar dapat berpikir secara kritis maupun kreatif.

 

 

Penulis   : Dina Marga H

Editor     : Najmah Rindu Aisy


TAG#fisip-unair  #humaniora  #pendidikan  #surabaya