» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Info Kampus
UFO 2021 Kembali Dilaksanakan Secara Daring
24 Agustus 2021 | Info Kampus | Dibaca 107 kali
UFO 2021 Kembali Dilaksanakan Secara Daring: - Foto: Dokumentasi pribadi/Aldi
United FISIP Orientation (UFO) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh BEM FISIP UNAIR guna menyambut mahasiswa baru di lingkungan FISIP. Hampir sama dengan pelaksanaan UFO pada tahun 2020, bahwasanya pelaksanaan UFO tahun 2021 juga direncanakan akan digelar secara daring.

Pembentukan panitia dan staff divisi UFO 2021 telah selesai dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2021. Hal ini menandai bahwa rangkaian kegiatan UFO 2021 telah berada di masa persiapan dan pengembangan.

Serupa dengan pelaksanaan UFO pada tahun 2020, pelaksanaan UFO tahun ini juga akan dilaksanakan secara daring. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Ramadan Priambada selaku Ketua Pelaksana UFO 2021.

“Terkait perbedaan dan inovasi yang akan dibawa, kalau membicarakan teknis kurang lebih sama, akan dilaksanakan secara online karena menyesuaikan keadaan,” ujar Ramadan saat diwawancara oleh tim Retorika hari Senin, 16 Agustus 2021.

Pelaksanaan UFO yang kembali digelar secara daring telah memberikan

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

tantangan tersendiri bagi panitia pelaksana dan staff divisi UFO. Menurut Ramadan, panitia akan berusaha menciptakan inovasi baru yang sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Inovasi utama terfokus dalam pengenalan lingkungan kampus oleh mahasiswa baru FISIP UNAIR 2021 melalui media konten.

Tujuannya adalah untuk mewadahi keingintahuan mahasiswa baru akan fakultas yang menaungi mereka. Namun platform apa yang akan dipakai oleh pihak panitia nantinya masih dalam tahap pertimbangan. Oleh sebab itu, panitia terus berusaha merancang pelaksanaan teknis dan berbagai macam acara yang memiliki esensi guna mempermudah mahasiswa dalam mengenal lingkungan kampus.

Panitia berharap kegiatan UFO tahun ini terlaksana secara lebih baik daripada UFO tahun 2020. Berkaca dari pelaksanaan UFO sebelumnya, Ramadan menyatakan bahwa panitia tahun ini akan memberikan perhatian lebih pada alur koordinasi serta sinkronisasi dari masing-masing divisi. Ia juga menuturkan bahwa kondisi yang terbatas telah membuka celah akan terjadinya kesalahan komunikasi antar panitia.

UFO 2020 juga telah memberikan beberapa pembelajaran tersendiri bagi panitia UFO saat ini. Selain perhatian lebih pada alur koordinasi dan sinkronisasi, Ramadan selaku Ketua Pelaksana UFO 2021 juga berencana mengadakan pelatihan bagi panitia khususnya divisi trainer agar UFO tahun ini mampu menciptakan lingkungan yang adaptif, responsif, dan komunikatif. Namun bagaimana bentuk pelatihan yang akan dilaksanakan, hal itu masih dalam tahap pemantapan pula.

Menurut Ramadan, indikator kesuksesan UFO dapat diukur ketika mahasiswa baru sudah berproses dalam melaksanakan perkuliahan. Prestasi akademik maupun non akademik yang menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan UFO.

“Mahasiswa baru ini bukan hanya mahasiswa biasa tapi juga berprestasi. Bukan hanya mencari eksistensi tapi mengingat juga mahasiswa bisa kritis dengan keadaan disekitarnya.” lanjut Ramadan.

Selaku ketua pelaksana UFO 2021, Ramadan berharap UFO tahun ini mampu menjadi jembatan bagi semua mahasiswa yang terlibat dalam pelaksanaan UFO baik peserta maupun panitia untuk saling menciptakan lingkungan kampus yang harmonis.

 

Penulis: Aldi dan Inayah

Editor: Annisa Firdaus


TAG#dinamika-kampus  #  #  #