» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Info Kampus
Antusiasme Mahasiswa FISIP dalam Menyambut Sistem Perkuliahan Semester Genap 2021/2022
30 Mei 2021 | Info Kampus | Dibaca 197 kali
Antusiasme Mahasiswa FISIP dalam Menyambut Sistem Perkuliahan Semester Genap 2021/2022: - Foto: https://infopublik.id/kategori/nusantara/357093/1-350-mahasiswa-unair-siap-laksanakan-sembilan-skema
Tim Litbang (penelitian dan pengembangan) LPM Retorika telah menganalisis bagaimana perspektif dan antusiasme mahasiswa FISIP Unair dalam menyambut rencana sistem perkuliahan tatap muka semester genap 2021/2022. Melalui kuesioner yang telah disebar kepada mahasiswa FISIP Unair diawal Mei lalu dan ditutup pada tanggal 23 Mei 2021, telah diperoleh 111 responden mahasiswa FISIP Unair yang telah mengisi kuesioner tersebut. Lalu bagaimana tingkat antusiasme dan opini mereka mengenai wacana tersebut?

retorika.id-Berdasarkan Surat Edaran Nomor 6 Tahun 2020 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa pembelajaran perguruan tinggi pada semester genap tahun akademik 2020/2021 mulai bulan Januari 2021 akan diselenggarakan secara hybrid system (tatap muka dan dalam jaringan) sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang telah ditetapkan menyangkut persiapan, pelaksanaan, dan pemantauan.

Hybrid system yang disebut juga blended learning merupakan metode pembelajaran campuran secara daring dan luring. Diperkenankannya metode secara luring tentu dengan Standar Operasional Prosedur yang ketat sesuai dengan Surat Edaran terkait.

Pembelajaran tatap muka juga terbatas pada pertemuan yang sifatnya urgent. Tidak efektif jika pembelajaran dilaksanakan secara daring seperti kegiatan praktikum, PKL (praktek kerja lapangan), KKN (kuliah kerja nyata), dan sebagainya.

Misalnya dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga telah menerapkan metode hybrid untuk sejumlah mata kuliah praktikum dengan penerapan protokol pencegahan Covid-19 secara ketat seperti yang dikutip dari Antaranews.com.

 

Wacana Kuliah Tatap Muka Oleh Kemendikbud

Dikutip dari Kompas.com, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi  Nadiem Makarim menargetkan sekolah dan perkuliahan tatap muka dapat diselenggarakan mulai Juli 2021 atau awal semester kedua tahun ajaran 2020/2021 dengan syarat apabila vaksinasi Covid-19 bagi tenaga pendidik yang telah berlangsung sejak Februari lalu dapat tuntas pada Juni 2021. Tentunya ini menjadi lampu hijau bagi seluruh institusi pendidikan di Indonesia untuk menyelenggarakan pembelajaran secara luring atau tatap

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

muka.

Wacana kuliah tatap muka diatas juga diterima baik oleh Universitas Brawijaya, seperti dikutip dari Kompas.com dengan pernyataan telah merencanakan kuliah tatap muka dengan berbagai pertimbangan mulai dari dukungan infrastruktur, aspek sosiokultural, kemampuan mengenai struktur kebijakan hingga pada tingkat operasional.

 

Perspektif dan Antusiasme Mahasiswa FISIP Unair dalam Menyambut Rencana Sistem Perkuliahan Tatap Muka Semester Genap 2021/2022

Tim Litbang LPM Retorika telah menganalisis bagaimana perspektif dan antusiasme mahasiswa FISIP Unair dalam menyambut rencana sistem perkuliahan tatap muka semester genap 2021/2022. Melalui kuesioner yang telah disebar kepada mahasiswa FISIP Unair diawal Mei lalu dan ditutup pada tanggal 23 Mei 2021 telah diperoleh 111 responden mahasiswa FISIP Unair yang telah mengisi kuesioner tersebut.

Survei yang diadakan oleh Tim Litbang ini bertujuan untuk menggali bagaimana tingkat antusiasme, kesiapan, serta opini singkat mengenai pemilihan sistem pembelajaran yang lebih efektif. Dari segi antusiasme, sebanyak 33, 3% mahasiswa FISIP memiliki tingkat antusiasme yang sangat besar yaitu 38, 8%; 21,6% biasa saja, dan 16,2% kurang antusias.

Dari segi kesiapan sebanyak 74, 8% menyatakan siap dan 25,2% tidak siap. Untuk pemilihan metode pembelajaran sebanyak 67,6% memilih kuliah diselenggarakan secara hybrid;18, 9% offline, dan 13, 5% online.

Rata-rata mahasiswa yang antusias dan siap menyambut perkuliahan secara tatap muka menyatakan bahwa sistem kuliah tatap muka lebih efektif dalam penerimaan materi, merasa jenuh kuliah di rumah saja, merasa lelah hingga sakit mata dan sakit punggung karena terlalu lama menatap layar laptop maupun gawai. Mereka juga menyatakan, bahwa kuliah luring lebih fokus dibandingkan daring karena tidak mudah terdistraksi, mendapatkan fasilitas ruang pembelajaran yang luas dari sekadar di rumah saja, dan juga dapat merasakan dinamika kampus yang nyata.

Sisanya mahasiswa bersikap biasa saja atau bisa dibilang kurang antusias serta tidak siap karena ketakutan akan terpaparnya Covid-19 mengingat klaster Covid-19 yang semakin hari semakin meningkat. Kemudian kelonggaran akan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan, dan keraguan akan kepastian kuliah tatap muka. Alasan lainnya adalah sudah nyaman dan terbiasa kuliah daring, menghemat biaya hidup, serta waktu jadi lebih fleksibel.

Mahasiswa FISIP Unair menginginkan pembelajaran dilakukan secara hybrid (daring dan luring) dengan mata kuliah yang tidak efektif diselenggarakan secara daring harus dilaksanakan secara luring, harus tetap melaksanakan prokes khususnya pada pembatasan mahasiswa yang hadir di kampus.

Sisanya menjawab sepenuhnya diselenggarakan secara daring saja karena alasan keamanan dan penghematan finansial. Sedikit yang menjawab sepenuhnya harus diselenggarakan secara luring dengan alasan agar bisa fokus menerima materi dan merasakan kembali suasana kampus.

 

Persiapan FISIP Unair

Kepala Sub bidang akademik FISIP Unair, Moch. Anwari mengatakan bahwa FISIP telah siap secara protokol kesehatan dalam rencana kuliah yang diselenggarakan secara tatap muka ataupun hybrid (blended learning). Namun perkara bagaimana teknis pembelajaran dan pembatasan mahasiswa yang hadir di kampus masih belum dipastikan karena menunggu surat keputusan resmi dari pihak rektorat Unair.

“Kalau dibilang siap, semua tergantung kebijakan dari Unair (rektorat). Apabila kebijakannya tatap muka, daring atau blended learning kita harus mengikuti kebijakan Unair. Dari Prokes pasti siap”, ujar Anwar yang dihubungi Retorika melalui Chat Whatsapp pada 20/5.

Anwar juga memberikan sedikit evaluasi kepada mahasiswa dalam pembelajaran secara daring ini agar selalu berkomunikasi secara intensif baik dengan dosen dan pihak akademik melalui media sosial seperti Whatsapp, web center FISIP, ataupun email akademik.

 

Penulis: Lissa dan Aldi

Editor: Najmah Rindu Aisy

 

 

Referensi

Antaranews.com. 2021. FK Unair Bersiap Kuliah  Tatap Muka untuk Praktikum. https://jatim.antaranews.com/berita/485262/fk-unair-bersiap-gelar-kuliah-tatap-muka-untuk-praktikum, diakses pada 25 Mei 2021.

Kompas.com. 2021. Universitas Brawijaya Rencanakan Kuliah Tatap Muka di Semester Baru.
https://www.kompas.com/edu/read/2021/05/12/171300371/universitas-brawijaya-rencanakan-kuliah-tatap-muka-di-semester-baru?page=all, diakses pada 25 Mei 2021.

Kompas.com. 2021. Kuliah Tatap Muka Bisa Dimulai Juli 2021, Ini Penjelasan Ditjen Dikti. https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/09/133802465/kuliah-tatap-muka-bisa-dimulai-juli-2021-ini-penjelasan-ditjen-dikti?page=all, diakses pada 25 Mei 2021.


TAG#akademik  #dinamika-kampus  #fisip-unair  #pendidikan