» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Info Kampus
Silaturahim Orang Tua Mahasiswa Baru Sebagai Upaya Perkenalan PUSPAS dan Kebijakan Akademik UNAIR
03 Agustus 2019 | Info Kampus | Dibaca 745 kali
PUSPAS: Silaturahim Orang Tua Mahasiswa Baru Foto: Nanda Pradina Putri
Pusat Pengelolaan Dana Sosial (PUSPAS) UNAIR menyelenggarakan acara silaturahim bagi para orang tua mahasiswa baru sebagai wujud sinergi antara partisipasi masyarakat dalam perguruan tinggi, serta perkenalan mengenai sistem dan kebijakan akademik Universitas Airlangga (UNAIR). Acara tersebut bertempat di Aula Garuda Mukti, Kantor Manajemen Kampus C, Universitas Airlangga.

retorika.id - Memasuki tahun ajaran baru, Pusat Pengelolaan Dana Sosial (PUSPAS) menyelenggarakan acara silaturahim bagi para orang tua mahasiswa baru sebagai wujud sinergi antara partisipasi masyarakat dalam perguruan tinggi, serta perkenalan mengenai sistem dan kebijakan akademik Universitas Airlangga (UNAIR).

Acara yang dibagi kedalam lima hari ini bertempat di Aula Garuda Mukti, Kantor Manajemen Kampus C, Universitas Airlangga. Jumat (02/08) merupakan hari pertama acara tersebut diselenggarakan. Acara selanjutnya diselenggarakan kembali pada tanggal 5, 6, 9, dan 12 Agustus 2019. Dalam setiap penyelenggaraannya, terdapat dua sesi yang akan hadir yakni sesi 1 pukul 08.00-11.00 dan sesi 2 pukul 13.00-16.00.

Pada hari pertama, silaturahim orang tua mahasiswa baru dihadiri oleh para orang tua mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG). Setelah registrasi peserta, acara pun diawali dengan perkenalan PUSPAS sebagai pusat pengelolaan dana sosial UNAIR. Terdapat dua mahasiswi FKG yang kemudian diundang untuk membagikan ceritanya, yakni Syania Mega dan Nofi Nurul yang sama-sama mendapatkan bantuan biaya pendidikan dari

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

PUSPAS.

Setelah itu, terdapat sesi tanya jawab yang mana terdapat salah satu orang tua mahasiswa bertanya mengenai klasifikasi mahasiswa yang dapat memproleh bantuan dana dari PUSPAS. Desi Wulan Sari, S.Pi., M.Si, selaku ketua Divisi Penyaluran PUSPAS mengatakan bahwa perhatian utama PUSPAS adalah mahasiswa yang terkendala Uang Kuliah Tunggal (UKT). Tidak hanya itu, PUSPAS juga turut mendukung aktif mahasiswa yang ingin mengembangkan dirinya melalui pembelajaran, conference, atau lomba di luar negeri selama kegiatan tersebut sejalan dengan visi dan misi PUSPAS, serta kebutuhan fakultas yang bersangkutan.

Ketika ditanya mengenai upaya pengenalan PUSPAS, khususnya pengumuman atau mahasiswa yang harus proaktif terhadap PUSPAS, Ibu Desi mengatakan bahwa PUSPAS pada dasarnya telah berusaha keras melakukan sosialisasi pada mahasiswa. Hal ini dilakukan dengan memasang baliho di beberapa kampus, memberikan sosialisasi di beberapa event, dan melakukan promosi melalui media sosial. Media sosial adalah kunci bagi PUSPAS untuk memperkenalkan dan mempromosikan program-program yang dimilikinya. Hal ini dibuktikan melalui sejumlah unggahan dalam akun Instagram PUSPAS, yakni @puspas.unair.

Secara lebih jauh, Ketua PUSPAS Dr. Tika Widiastuti, S. E., M. Si., menyatakan bahwa sejumlah program yang dimiliki PUSPAS sejatinya tidak akan berjalan maksimal tanpa dukungan donasi atau bantuan berupa zakat atau wakaf dari para donatur. Oleh karena itu, diperlukan partisipasi baik dari mahasiswa maupun orang tua mahasiswa bagi keberlanjutan program PUSPAS.

Seusai perkenalan PUSPAS, acara dilanjutkan dengan sambutan dan paparan Rektor UNAIR Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., M.T., Ak., CMA, dan didampingi oleh sejumlah pimpinan UNAIR lain seperti wakil rektor serta Dekan FK dan FKG, Prof. Dr. Soetojo Sp.U, dan Dr. drg., Darmawan Setijanto M. Kes. Sambutan yang dilakukan oleh Rektor menekankan bahwa tidak hanya potensi akademik, namun sikap dan juga perilaku adalah hal yang penting bagi mahasiswa Unair. Hal itu sejalan dengan motto UNAIR, yakni excellent with morality.

Mohammad Nasih pun juga menjelaskan posisi UNAIR di kancah internasional disertai dengan harapan masuknya UNAIR ke dalam top 500 universitas dunia pada tahun 2020. Dalam hal ini, UNAIR senantiasa mendorong reputasi akademik yang dimilikinya, baik melalui mahasiswa maupun dosen di tingkat internasional. Tidak hanya itu, Mohammad Nasih pun juga menjelaskan sejumlah tantangan yang harus dihadapi oleh mahasiswa saat ini dan bagaimana mahasiswa dapat berprestasi dengan mengambil sejumlah kesempatan diantara tantangan-tantangan yang ada.

Memasuki sesi akhir acara, yakni penyaluran donasi bertempat di lobby Lantai 1 Kantor Manajemen Kampus C Universitas Airlangga terdapat sejumlah bank yang telah siap melayani donasi dari para orang tua mahasiswa baru antara lain BNI, BNI Syariah, Mandiri, Mandiri Syariah, CIMB NIAGA Syariah, Muamalat, dan Bank Jatim Syariah.

Salah satu orang tua mahasiswa baru FKG, Ibu Lilik, menjelaskan bahwa merupakan suatu hal yang baik ketika suatu Universitas memiliki karakter yang humble dan mengedepankan ketaqwaan. Ibu Lilik pun berharap agar karakter yang dimiliki UNAIR dapat dimiliki juga oleh para mahasiswa. Perihal PUSPAS, Ibu Lilik berpendapat bahwa dirinya baru mengetahui keberadaan PUSPAS di UNAIR. “Baru tahu kalau ada PUSPAS sebagai lembaga pengelola dana sosial yang mandiri dengan meningkatkan dan mengembangkan kuota penerima bantuan sosial, maka akan bagus untuk UNAIR sendiri”, pungkas Ibu Lilik.

 

Penulis: Nanda Pradina Putri


TAG#dinamika-kampus  #  #  #