» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Info Kampus
Kampanye Hari Kedua PEMIRA FISIP Unair 2018
22 November 2018 | Info Kampus | Dibaca 1410 kali
Pemira hari kedua: - Foto: Rania
Rabu (20/11) kemarin, kampanye PEMIRA FISIP Unair 2018 berlangsung. Kali ini giliran Partai Mentari dan Partai Cinta yang unjuk visi dan misi. Kedua partai ini tergabung dalam Koalisi RUMPI yaitu Risyad-Ruvan Pemimpin Idaman.

retorika.id (22/11) Kampanye PEMIRA FISIP Unair yang berlangsung pada hari kedua (20/11) di Taman Demokrasi FISIP dimulai dengan orasi terbuka dari Partai Mentari. Masih dengan durasi sekitar 30 menit untuk setiap sesi, masing-masing partai yang dijadwalkan untuk melakukan kampanye hari ini, yaitu Partai Mentari dan Partai Cinta, diberi dua sesi untuk menyampaikan visi dan misinya.  Kedua partai ini merupakan koalisi untuk mendukung Calon Presiden dan Wakil Presiden BEM FISIP Unair 2018 dengan no. urut 2 yaitu M. Risyad Fahlevi (Ilmu Politik 2016) dan Achmad Rizqi Ruvantama (Sosiologi 2016).

Waktu kampanye Partai Mentari dimulai pada pukul 09.30 untuk sesi pertama dan pukul 12.30 untuk sesi kedua. Berbeda dengan hari pertama, pada hari kedua, perkenalan calon-calon legislator dibagi rata dalam dua sesi, yang di setiap sesinya akan diselipkan orasi dari pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden BEM FISIP 2018. Partai yang berisikan mahasiswa baru FISIP Unair angkatan 2018 ini memiliki tagline “Maba benderang meyakinkan”.

Visi dari partai yang bernuansa cheerful ini adalah meningkatkan peran dan integritas mahasiswa dalam rangka mewujudkan warga FISIP yang bersinergi guna menuju penyelenggaraan pendidikan tinggi yang profesional, transparan, dan bertanggung jawab.

Sedangkan misi yang diusung partai ini sebagai berikut :

  1. Menumbuhkan kepekaan politik bagi civitas akademika FISIP
  2. Meningkatkan peran serta mahasiswa dalam aktivitas kemahasiswaan
  3. Mewadahi dan menyalurkan aspirasi civitas akademika FISIP
  4. Meningkatkan kualitas civitas akademika FISIP
  5. Menjalin hubungan dengan

    ®iklan

    Pasang iklan di sini!
    Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

    ®iklan

    berbagai elemen demi tercapainya sebuah sinergitas kerja

Kemudian, acara berlanjut dengan dinyanyikannya Mars Mahasiswa, Darah Juang, dan Mars FISIP, serta jargon “Hidup Mahasiswa!” yang diteriakkan dengan lugas. Selanjutnya, calon-calon legislator memperkenalkan diri sekaligus menjelaskan visi dan misi mereka.

 “Menjalankan amanah tanpa janji sampah, mejalankan janji dengan hati,” ujar salah satu calon legislator dari Partai Mentari.

Kemudian, Sesi III dan IV dimulai pada pukul 15.00 hingga pukul 15.30 oleh Partai Cinta yang dibuka dengan penampilan puisi teatrikal. Pada sesi III, Taman Demokrasi FISIP mulai ramai dengan mahasiswa yang melihat jalannya kampanye. Satu per satu calon legislatif dari Partai Cinta mengutarakan visi dan misi mereka.

“Bukan hanya bermain kata, bukan hanya untuk menebar janji, tapi saya di sini untuk memperjuangkan mimpi-mimpi dan harapan keluarga FISIP Universitas Airlangga,” ujar salah satu calon legislatif dari Partai Cinta.

Visi dari partai ini sebagai berikut :

  1. Menjadi wadah aspirasi mahasiswa yang berkualitas yang memiliki landasan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berdasarkan pada semangat pluralisme yang berorientasi pada pengembangan demokratisasi di tingkat fakultas maupun universitas.
  2. Menjunjung tinggi HAM masyarakat kampus dan mewujudkan kebersamaan, persaudaraan, dan kekeluargaan melalui toleransi dalam kehidupan berdemokrasi.

Sedangkan misi yang diusung oleh partai ini adalah :

  1. Menghargai perbedaan dan tidak menyinggungnya demi menghapus sentimen antar mahasiswa dan antar jurusan dan program studi
  2. Menampung semua aspirasi dan bersikap objektif.

Selain mengampanyekan visi dan misi dari calon legislatif dari kedua partai, capres dan cawapres dari Koalisi RUMPI - Risyad-Ruvan Pemimpin Idaman, juga menyampaikan visi dan misi mereka di setiap sesi. Koalisi ini memiliki tagline ‘lahir dari FISIP, besar di FISIP, dan ingin berkontribusi besar untuk FISIP’

 

Visi, Misi, dan Program yang ditawarkan Risyad dan Ruvan

Calon presiden dan calon wakil presiden BEM FISIP Unair periode 2018/2019 no. 2, Risyad dan Ruvan, memiliki visi:

Bersama mewujudkan Keluarga Mahasiswa (KM) FISIP Unair sebagai rumah mahasiswa yang nyaman, bahu membahu dalam suka duka demi tercapainya kekeluargaan FISIP Unair yang positif nan produktif.

Adapun misi dari Risyad dan Ruvan adalah:

  1. Pintu rumah advokasi dari segala keresahan mahasiswa.
  2. Dapur bersama untuk memasak gagasan dari gerakan yang bernas.
  3. Taman Demokrasi sebagai ruang kekeluargaan kolaborasi karya akademis juga non-akademis.
  4.  Garasi bagi pengembangan komunitas minat bakat mahasiswa secara berkesinambungan.

Program-program yang ditawarkan Risyad dan Ruvan merupakan rincian dari program makro Rumah Kita. Rincian program dari Rumah Kita terdiri atas:

  1. Giat TOEFL, bimbingan TOEFL kepada mahasiswa secara berkala dan gratis, untuk mempersiapkan kelulusan mahasiswa.
  2.  Pesta Rakyat, pesta kesenian daerah, sarasehan, hingga bazar kuliner daerah yang melibatkan seluruh elemen FISIP dan organisasi mahasiswa daerah.
  3.  Revitalisasi HIMA, melakukan segala upaya untuk menguatkan kembali legitimasi dan peran aktif HIMA dalam sistem birokrasi kampus.
  4. FISIP Guyub, sarana bertemunya kawan organisasi mahasiswa, badan semi otonom, organisasi mahasiswa daerah, dan komunitas.
  5. Koneksi Perpustakaan,pusat informasi mengenai update buku keFISIP-an dan informasi database peminjaman buku.
  6. Riset FISIP, ruang untuk memberikan kontribusi terhadap penelitian dan pengembangan oleh mahasiswa demi menunjang FISIP Unair sebagai instrumen World Class University.
  7. FISIP Siap, pendampingan dan pelatihan bagi mahasiswa yang mengikuti kompetisi baik bersifat akademis atau non-akademis.
  8. FISIP TV, aktivasi media digital sebagai sarana penyebarluasan informasi setiap kegiatan KM FISIP.
  9. Ruang Keluarga Mahasiswa, optimalisasi fasilitas FISIP yakni: Taman Demokrasi, musholla, dan student center 24 jam, beserta perangkatnya.
  10. Relawan FISIP, turun langsung ke masyarakat sebagai sarana untuk mengaktualisasikan pengabdian masyarakat dan tanggap bencana.
  11. FISIP Forming, bersama seluruh elemen FISIP, berkumpul dan bersatu untuk menyikapi isu-isu sosial-politik.

 

Reporter : Tim Retorika


TAG#aspirasi  #bem  #blm  #fisip-unair