» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Info Kampus
Belajar Strategi Lewat Pertandingan E-Sport di Pekan Seni 2018
18 Oktober 2018 | Info Kampus | Dibaca 717 kali
Belajar Strategi Lewat Pertandingan E-sport di Pekan Seni 2018: - Foto: Aisyah Danti
Penyelenggaraan Pekan Seni 2.0 memiliki muatan yang berbeda dan "fresh" dari tahun lalu yaitu diadakannya pertandingan E-Sport dengan permainan Mobile Legends. Nilai "seni" dalam kompetisi tersebut terletak pada stategi dan kerja sama tim yang dianggap selaras dengan tema Pekan Seni tahun ini yakni seni sebagai pemersatu sosial.

retorika.id (17/10) Suara teriakan memenuhi setiap sudut galeri FISIP Universitas Airlangga pada Senin siang (15/10). Teriakan penuh semangat yang juga diselingi dengan teriakan kekesalan ini berasal dari para mahasiswa FISIP yang sedang menonton pertandingan game Mobile Legend dari layar monitor besar. Pertandingan e-sport ini merupakan salah satu rangkaian acara Pekan Seni yang saat ini memasuki tahun kedua penyelenggaraannya.

Pekan Seni 2018 menyelenggarakan beragam pertandingan dan perlombaan, beberapa diantaranya ada yang sudah dilakukan sejak Pekan Seni tahun lalu, salah satunya adalah FISIP Got Talent. Namun ada juga beberapa pertandingan yang baru diselenggarakan tahun ini, pertandingan e-sport ini merupakan salah satunya. Lalu, mengapa baru tahun ini pertandingan e-sport ini

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

diselenggarakan? “Karena belakangan ini, lomba ini (e-sport) sedang diminati oleh mahasiswa, terutama Mobile Legends,” jawab Dana, salah satu panitia divisi acara yang sekaligus bertugas sebagai penanggung jawab penyelenggaraan pertadingan e-sport pada Pekan Seni 2018.

“Tema besar Pekan Seni 2018 adalah seni sebagai pemersatu sosial dan e-sport dianggap mempunyai nilai seni dalam berstrategi. Kerja sama tim juga diperlukan dalam permainan. Karena, mungkin dalam satu tim pemainnya jago semua, tapi kalo nggak bisa kerja sama, timnya nggak bisa jalan,” lanjutnya.

Ada 12 tim dari berbagai jurusan di FISIP yang ikut dalam pertandingan ini. Jurusan Administrasi Negara mengirim empat tim untuk bertanding, Ilmu dan Informasi Perpustakaan mengirim tiga tim, Hubungan Internasional mengirim dua tim, serta Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, dan Antropologi masing-masing mengirim satu tim. Per tim terdiri dari lima orang dan satu cadangan. Tiap pemain ini harus memiliki satu username game Mobile Legendspermainan yang dikembangkan oleh perusahaan Moonton.

“Babak penyisihan pertama ini ada delapan pertandingan. Aku nggak terlalu hafal bagannya, tapi nanti semi final akan diambil empat tim dan semi final diselenggarakan dengan sistem best of three,” ujarnya. Menurut penuturannya, sistem best of three ini maksudnya ada tiga kali match atau sesi pertandingan, sama seperti tiga set permainan dalam pertandingan bulu tangkis. Durasi per set ini tidak bisa ditentukan, tergantung dari permainan yang dimainkan oleh para pemain. “10 menit bisa, bahkan 20 menit juga bisa,” jelas Dana, yang juga merupakan mahasiswa Ilmu dan Informasi Perpustakaan angkatan 2016.

Pertandingan e-sport ini berlangsung dari hari Senin hingga Rabu. Untuk pertandingan semi final 1, semi final 2, dan final diselenggarakan pada hari Rabu (17/10). “Pemenang akan diambil juara 1 dan juara 2. Hadiah sendiri masih dirahasiakan, yang pasti pemenang akan dapat piala dan seluruh peserta dapat SKP,”ucap Dana.

Pada Rabu (17/10), sesi final dari kompetisi e-sport ini digelar pukul 15.20 – 16.13 di galeri FISIP. Juara pertama dari kompetisi ini adalah tim Antropologi, dan disusul tim dari Ilmu Informasi dan Perpustakaan di posisi kedua.  

 

Penulis : Pulina Nityakanti Pramesi dan Aisyah Danti


TAG#bem  #fisip-unair  #inovasi  #