» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: 082112438727.

Info Kampus
Menyambut Semarak Pra Pemira : Respon dan Reaksi Mahasiswa FISIP
18 November 2017 | Info Kampus | Dibaca 790 kali
Diagram : Polling Seputar Pemira FISIP 2017 Foto: Alfi R.
~Sesungguhnya politik bukanlah semata untuk kemenangan, melainkan kebermanfaatan~

retorika.id (18/10/2017) - Pemilihan mahasiswa raya menjadi sebuah pesta demokrasi tahunan yang selalu semarak untuk dirayakan. Berbagai dinamika dan manuver politik yang terjadi mewarnai pelaksanaan pesta demokrasi di kampus oranye.

Pada kesempatan kali ini, LPM Retorika melakukan sebuah survei dengan metode random sampling terhadap 115 responden dari berbagai jurusan dan angkatan di FISIP Unair mengenai respon dan reaksi mereka mengenai semarak pra pemira. Utamanya dengan adanya isu penarikan KTM yang menjadi perbincangan hangat dalam beberapa minggu belakangan. Berikut adalah hasil survei menyambut semarak pra pemira 2017.

Pengetahuan Responden Terkait Pemira yang Akan Dilaksanakan dalam Waktu Dekat.

Survei ini dilaksanakan sebelum Komisi Pemilihan Umum - Mahasiswa (KPU-M) merilis tanggal pelaksanaan pemira FISIP 2017. Hasil survey kami

®iklan

Pasang iklan Anda di sini!
Hubungi » 082112438727

®iklan

menunjukkan bahwa mayoritas responden mengetahui dalam waktu dekat pemira FISIP 2017 akan segera dilaksanakan. Sebanyak 87% menjawab mengetahui dan 13% lainnya tidak mengetahui.

Pengumpulan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM ) untuk  Kepentingan Pemira

Salah satu syarat partai politik untuk lolos verifikasi KPU-M dan  berkontestasi pada pemira FISIP 2017 adalah KTM. KPU-M menetapkan sedikitnya 165 KTM sebagai bukti dukungan bagi partai politik. Pengumpulan KTM tidak selalu dalam bentuk fisik, bisa juga melalui foto kopi, scan, maupun foto.

Berdasarkan hasil survei, 85% responden menjawab pernah diminta untuk memberikan KTM oleh partai politik dan 15% lainnya tidak pernah. Selain itu hasil survei juga menunjukkan 66% responden memberikan KTM-nya kepada partai politik untuk kepentingan Pemira. Sedangkan sisanya tidak memberikan KTM-nya.

Tujuan Pengumpulan KTM

Sebagian besar responden memang mengetahui tujuan pengumpulan KTM adalah untuk kepentingan pemira. Namun ketika ditanya partai apa saja yang bakal turut berkontestasi dalam pemira FISIP 2017, hanya 44% responden yang mengetahui dan mampu menyebutkan nama partai..

Alasan responden dalam memberikan KTM untuk kepentingan pemira juga sangat menarik. Sejumlah 24% beralasan karena faktor kedekatan, 37% lainnya menjawab atas dasar kesamaan visi misi politik, namun ironisnya 39% sisanya menjawab tidak  tahu.

Ketidaktahuan responden dalam memberikan KTM adalah sesuatu yang layak untuk dipertanyakan. Bagaimana sebenarnya upaya pengurus dan kader partai politik untuk meloloskan partainya dalam pemira kali ini.

Bedasarkan hasil survei 58% responden menjawab bahwa dalam meminta KTM, kader partai dan simpatisannya tidak pernah menjelaskan visi dan misinya secara jelas kepada responden. Bahkan menurut salah satu responden angkatan 2017, pengumpulan KTM didasarkan atas alasan yang kurang jelas. Salah satunya adalah untuk gathering kelompok orientasi fakultas (UFO).

Salah satu anggota Komisi Legislatif BLM FISIP, I Gusti Agung Dicky H. menyebutkan bahwa belum ada regulasi yang mengatur tentang permintaan KTM, dan sepertinya tidak diperlukan. Menurutnya semua urusan pemira diatur oleh KPU-M dan itu dianggap sudah cukup.

Pengumpulan KTM untuk pemira memang seringkali menimbulkan polemik dan berbagai tanggapan dari warga FISIP. Namun untuk mewujudkan praktik politik yang baik, semua elemen di FISIP harus bekerjasama dalam menjalankan proses politik yang baik.

Sesungguhnya politik bukanlah semata untuk kemenangan, melainkan kebermanfaatan. (red)

 

Penulis : Septyawan Akbar

Editor : Aris Budiyono


TAG#demokrasi  #dinamika-kampus  #fisip-unair  #sosial