» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: 082112438727.

Info Kampus
United FISIP Orientation: Wadah Membentuk Mahasiswa Kritis, Demokratis, Pluralis, dan Kreatif
09 Agustus 2017 | Info Kampus | Dibaca 744 kali
Mahasiswa FISIP haruslah kritis, demokratis, pluralis, dan kreatif.

retorika.id- United FISIP Orientation (UFO) merupakan ospek bagi mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga (Unair). Pembukaan dari kegiatan yang akan dilaksanakan selama tiga hari tersebut dihadiri langsung oleh Dekan FISIP (8/8). Dalam sambutannya Dr. Falih Suaedi, Drs., MS. menyampaikan bahwa mahasiswa FISIP haruslah kritis, demokratis, pluralis, dan kreatif. Ucapan tersebut diamini oleh Presiden BEM FISIP, Rizky Bangun Wibisono yang mengatakan bahwa UFO sendiri bertujuan untuk menyalurkan kultur FISIP tersebut. Oleh karenanya, serangkaian kegiatan UFO benar-benar dipikirkan dengan

®iklan

Pasang iklan Anda di sini!
Hubungi » 082112438727

®iklan

matang oleh panitia untuk mewujudkan visi dan misi itu.

Usai pembukaan yang berlangsung di lapangan parkir motor samping gedung FISIP, mahasiswa baru yang dibagi menjadi tiga kelompok diarahkan menuju ke ruangan A307, A309, dan Aula Soetandyo. Di dalam ruangan, mahasiswa baru mendapat beberapa materi, yaitu Alumni Inspiratif, Materi Move On “Kenal FISIP”, Materi Pemuda Kemajuan Bangsa, diselingi sosialiasi dari Koordinator Informasi dan Humas (KIH) dan diakhiri dengan Materi PKM Juara. Total sepuluh alumni FISIP hadir untuk membagi kisah inspiratifnya, dari kisah masa perkuliahan hingga dunia pekerjaan. Salah satu alumni menegaskan, “Ketika lulus nanti, mahasiswa FISIP tidak memikirkan mau kerja di mana, tapi memikirkan mau membuka usaha apa untuk dipimpin dan berapa banyak orang yang akan dipimpin.”

Usai materi Alumni Inspiratif, Materi Move On “Kenal FISIP” disampaikan. Tentunya, materi ini bertujuan untuk mengenalkan FISIP lebih dalam lagi mengenai kampus oranye kepada mahasiswa baru, yang berlangsung sekitar30 menit. Kegiatan kemudian dilanjut  dengan Materi Pemuda Kemajuan Bangsa. Masing-masing ruangan mendapat pemateri yang berbeda, yaitu Rizky Bangun Wibisono (Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP Unair 2017), Anang Fajrul (Presiden BEM Unair 2017), dan Galang Ksatria Bella (Ketua Umum Himpunan Pengusaha Mahasiswa Indonesia Perguruan Tinggi Unair).

Setelah diselingi pengenalan mengenai KIH, PKM Juara menjadi materi penutup UFO di hari pertama. Sesuai dengan tradisi, mahasiswa Unair wajib membuat PKM sehingga penyampaian materi ini merupakan pengantar bagi mahasiswa baru untuk membuat PKM setelah ospek usai. Penyampaian materi ini merupakan dukungan langsung untuk mahasiswa baru atau yang disebut FISIP Muda agar memberikan prestasi bagi nama FISIP, sesuai yang dikatakan Rizky Bangun Wibisono pada saat menyampaikan sambutan pembukaan UFO.

Penulis: Yosinta M. Here

Editor: Endah F.A.


TAG#fisip-unair  #  #  #