» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Pop Culture
Selamat! Laksmi Shari Asal Bali Terpilih Menjadi Puteri Indonesia 2022
30 Mei 2022 | Pop Culture | Dibaca 73 kali
Bertempat di Plenary Hall Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Jumat (27/5) malam puncak pemilihan Puteri Indonesia 2022 berlangsung dengan meriah. Sebanyak 44 finalis memperebutkan mahkota Puteri Indonesia yang telah hiatus selama dua tahun. Wakil asal Bali berhasil terpilih menjadi Puteri Indonesia 2022.

Retorika.id - Puteri Indonesia merupakan kontes kecantikan di Indonesia yang diselenggarakan sejak 1992 oleh Yayasan Puteri Indonesia. Kontes ini memilih pemenang untuk mewakili Indonesia pada beberapa kontes kecantikan internasional yaitu Miss Universe, Miss International, serta Miss Supranational.

Puteri Indonesia biasanya dilangsungkan setiap tahun, tetapi pada tahun 2021 Indonesia tidak menggelar ajang ini dikarenakan pandemi Covid-19. Akibat tidak terselenggaranya kontes ini, Indonesia tidak mengirimkan Puteri Indonesia dalam ajang Miss Universe 2021 di Israel.

Yayasan Puteri Indonesia menjelaskan penyebab tidak dapat mengirimkan Puteri Indonesia ke ajang Miss Universe 2021 di Israel yakni masalah waktu. Persiapan terlalu singkat untuk mengirimkan wakil Indonesia ke Miss Universe 2021.

Penyebab lainnya dikarenakan pandemi Covid-19. Adanya aturan perjalanan terkait pandemi COVID-19 membuat YPI memutuskan tidak mengirimkan Puteri Indonesia 2019 ke Israel. Akibat tidak diadakannya ajang Puteri Indonesia 2021, Raden Roro Ayu Maulida Putri selaku Puteri Indonesia 2020 menjabat selama dua tahun.

Hiatus selama dua tahun menjadikan ajang Puteri Indonesia tahun ini semakin dinanti-nanti. Jumlah peserta yang mengikuti ajang ini bertambah menjadi 44 finalis yang sebelumnya sebanyak 38 peserta pada tahun 2020.

Miss

®iklan

Pasang iklan di sini!
Hubungi » lpmretorikafisipua@gmail.com

®iklan

Supranational 202 Karla Guilfu Acevedo, Miss International 2019 Sireethorn Leeramwart, hingga Miss Universe 2021 Harnaaz Sandhu turut hadir dalam malam puncak pemilihan Puteri Indonesia. Kehadiran tiga ratu dunia menjadikan perhelatan kecantikan ini semakin meriah.


"Saya sangat terhormat bisa ke sini, negara yang sangat indah dan orang-orangnya sangat ramah. Saya sangat bersemangat untuk melihat mereka, saya harap mereka jadi diri sendiri dan merepresentasikannya dengan baik," ujar Harnaaz saat jumpa pers dikutip dari laman antaranews.

Pada malam puncak pemilihan Puteri Indonesia 2022, 44 finalis akan berkompetisi memperebutkan tiga mahkota Borobudur yakni Mahkota Merah untuk Puteri Indonesia, Mahkota Hijau untuk Putri Indonesia Lingkungan dan Mahkota Biru untuk Putri Indonesia Pariwisata.

Selain itu, beberapa nama besar ditunjuk sebagai dewan juri antara lain Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, Ketua DPR Puan Maharani, Komut PT Aviasi Pariwisata Indonesia Triawan Munaf, Anya Geraldine, Ketua Bidang Organisasi YPI Kusumadewi Sutanto dan Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull, Miss Internasional 2019 Sireethorn Leeramwat serta Direktur PT Mustika Ratu Tbk Kusuma Ida Anjani dan Ketua Bidang Komunikasi YPI Mega Angkasa.

Selama masa karantina, seluruh finalis telah melakukan berbagai kegiatan mulai kelas kecantikan hingga pembekalan dari BNN, KPK, Kementerian Pemuda dan Olahraga serta BPOM guna persiapan malam puncak.

Finalis juga mengikuti sesi psikotes bersama psikolog untuk menjadi sosok Puteri Indonesia yang memenuhi kriteria 3B yakni Brain (kecerdasan), Beauty (berpenampilan menarik) dan Behavior (berperilaku baik).

Dalam malam puncak pemilihan Puteri Indonesia 2022, sebanyak 44 peserta melalui proses seleksi menjadi 11 besar kemudian diperkecil kembali menjadi 6 besar hingga akhirnya menjadi tiga besar saja.

Finalis yang berhasil menjadi tiga besar Puteri Indonesia yakni Laksmi Shari De Neefe Suardana dari Bali, Adinda Creshella dari Jawa Timur, dan Cindy May MC Guire DKI Jakarta 5.

Dari ketiga finalis, Laksmi Shari terpilih juara, Cindy May MC Guire menjadi runner up 1, dan Adinda Creshella menjadi runner up 2. Dari hasil tersebut, Laksmi Shari menyabet gelar Puteri Indonesia 2022 yang akan mewakili Indonesia dalam ajang Miss Universe 2022, Cindy pada Miss International 2022 dan Adinda pada Miss Supranational 2022.

Selain penobatan Puteri Indonesia 2022, ada beberapa gelar yang diberikan yakni Puteri Indonesia Intelegensia, Puteri Indonesia Berbakat, Puteri Indonesia Tradisional Kostum, Puteri Persahabatan, dan Puteri Indonesia Favorit.

Laksmi Shari De Neefe telah menyelesaikan pendidikan Bachelor of Fashion Business Polimoda di Florence, Italy tahun 2020. Perempuan kelahiran Gianyar, Bali, 29 Januari 1996, ini mengaku sangat menyukai buku dan kegiatan sosial. Dari pengalaman yang telah dilalui, Laksmi mendapati bahwa literasi, minat baca anak-anak di Indonesia kurang sehingga ia berjanji akan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya sastra dan literasi.
Selamat untuk para pemenang!


Referensi

Detik.com. 2022. Profil Laksmi Shari, Perempuan Bali Pemenang Putri Indonesia 2022. https://www.detik.com/bali/berita/d-6098978/profil-laksmi-shari-perempuan-bali-pemenang-putri-indonesia-2022

Galuh, Maria Cicilia. 2022. Pesan tiga ratu dunia untuk finalis Puteri Indonesia 2022. https://www.antaranews.com/berita/2906057/pesan-tiga-ratu-dunia-untuk-finalis-puteri-indonesia-2022

Noorca, Dhafintya. 2022. Laksmi Shari Terpilih Sebagai Puteri Indonesia 2022. https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2022/laksmi-shari-terpilih-sebagai-puteri-indonesia-2022/


Penulis : Annisa Firdaus
Editor : Mei Nurkholifah


TAG#aspirasi  #budaya  #  #