» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Mild Report
Ajaran Pondok Pesantren Al-Zaytun yang Menuai Kontroversi
18 Juli 2023 | Mild Report | Dibaca 548 kali
Ajaran Pondok Pesantren Al-Zaytun yang Menuai Kontroversi: Ajaran Pondok Pesantren Al-Zaytun yang Menuai Kontroversi Foto: Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Pondok Pesantren Al-Zaytun yang terletak di Indramayu, Jawa Barat, menyita perhatian masyarakat. Pondok Pesantren Al-Zaytun menggunakan ajaran yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam, misalnya aturan saf sholat dan menyanyikan lagu Havenu Shalom Alachem yang berhubungan dengan agama Yahudi.

Retorika.id – Akhir-akhir ini, dunia maya diguncang oleh berita tentang Pondok Pesantren Al-Zaytun, Indramayu, Jawa Barat. Pondok Pesantren Al-Zaytun dinilai menggunakan ajaran melenceng atau sesat yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam. Berita mengenai ajaran sesat yang digunakan oleh pondok pesantren tersebut telah mengungkap beberapa kontroversi lainnya. 

 

Kontroversi pertama yaitu Pondok Pesantren Al-Zaytun memperbolehkan saf laki-laki dan perempuan bercampur saat shalat Idul Fitri. Hal ini bertentangan dengan pengetahuan dalam Islam bahwa saf laki-laki berada di depan dan untuk saf perempuan di


belakang.

 

Kontroversi kedua yaitu Pondok Pesantren Al-Zaytun menyanyikan lagu Havenu Shalom Alachem. Lagu tersebut merupakan lagu yang berhubungan dengan agama Yahudi. Mengutip pernyataan Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (LBM NU) Jawa Barat dari CNN Indonesia (20/06/2023), hukum menyanyikan lagu Havenu Shalom Alachem adalah haram karena telah menyerupai dan mengisyaratkan agama lain.

 

Dalam video CNN Indonesia berjudul "Kontroversi Lagu Bahasa Ibrani di Pesantren Al-Zaytun" (28/06/2023) di YouTube, salah satu santri Pondok Pesantren Al-Zaytun menyatakan bahwa lagu Havenu Shalom Alachem memiliki arti sama seperti Assalamualaikum dalam bahasa Arab, hanya saja lagu tersebut menggunakan bahasa Ibrani.

 

Ajaran Pondok Pesantren Al-Zaytun yang dianggap sesat telah menyita perhatian masyarakat. Apa yang diajarkan tersebut tentunya dapat memengaruhi pengetahuan santri Pondok Pesantren Al-Zaytun mengenai ajaran agama Islam, serta pengetahuan umat Islam yang lain. Kontroversi Pondok Pesantren Al-Zaytun juga menyita perhatian pemerintah, dan sampai sekarang kontroversi tersebut sedang menunggu keputusan dari pemerintah supaya bisa ditindaklanjuti. 

 

Referensi: 

Daftar Kontroversi Al Zaytun: Saf Jemaah Nyampur, Nyanyi Havenu Shalom. (2023, Juni 20). Diakses pada Juli 15, 2023 pukul 18.30 WIB dari portal berita daring: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230620064522-20-964051/daftar-kontroversi-al-zaytun-saf-jemaah-nyampur-nyanyi-havenu-shalom. 

 

CNN Indonesia. (2023, Juni 28). Kontroversi Lagu Bahasa Ibrani di Pesantren Al-Zaytun [Video]. YouTube. https://youtu.be/sX_wad8WG10

 

Penulis: Nur Hidayah

Editor: Vellanda Aprilia H.


TAG#agama  #kerakyatan  #sosial  #