» Website: https://www.retorika.id » Email: redaksi@retorika.id, lpmretorikafisipua@gmail.com » Alamat: Gedung FISIP Unair, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Surabaya 60286 » Telepon: .

Liputan Khusus
Suasana Baru, Display UKM Panca Tirta Digelar Outdoor
22 Agustus 2023 | Liputan Khusus | Dibaca 386 kali
Suasana Baru, Display UKM Panca Tirta Digelar Outdoor: - Foto: Dokumentasi Pribadi
Panca Tirta Display UKM 2023 dilaksanakan di luar ruangan. Acara tersebut digelar di sepanjang jalan kampus C, dimulai dari depan GKB. Para mahasiswa baru mengunjungi tenant yang tersedia dan wajib mendapatkan lima stampel dari masing-masing kategori UKM.

Retorika.id - Panca Tirta Display UKM 2023 dilaksanakan pada Senin (21/08/2023). Ada yang berbeda dengan Panca Tirta yang di laksanakan pada tahun sebelumnya.Tahun ini, Display UKM dilaksanakan secara outdoor. Hal ini disebabkan oleh adanya pembangunan pada Gedung Student Center. 

Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Lilah, ketua pelaksana Panca Tirta 2023. Dirinya menyebutkan bahwa kondisi student center belum layak untuk digunakan sebagai tempat kegiatan. 

"SC kan sekarang lagi direnovasi, tidak mungkin juga kita menempatkan maba, (di) tempat yang tidak proper. Sedangkan, kalaupun (diselenggarakan di) SC, kan ada 43 UKM, dan 43 UKM ini kan, ada yang (sekretariatnya) direnovasi, ada yang tidak. Tentunya kalau melakukan display ini di SC itu bakal mengganggu proyek renovasi tersebut" terangnya.

Masing-masing UKM diberi tenda untuk memperkenalkan UKM mereka kepada para


mahasiswa baru. Display UKM tersebut dilaksanakan di tengah cuaca yang cukup terik. Anggota masing-masing UKM menawarkan para maba untuk melihat-lihat atau masuk ke tenant UKM mereka. Tenda yang disediakan di sepanjang jalan meliputi tenda UKM, tenda untuk organisasi luar kampus seperti Aiesec, dan tenda makanan.

Para mahasiswa dimobilisasi secara bergantian untuk melihat display UKM. Display UKM dilaksanakan dalam dua hari beriringan dengan Amerta. Adapun pembagiannya, para maba yang melihat display pada tanggal 21 akan mengikuti acara Amerta pada tanggal 22, begitupun sebaliknya. 

Yayan Shanty selaku Kadiv PSDM UKM Kependudukan yang juga pernah menjadi panitia display UKM tahun sebelumnya mengatakan bahwa UKM yang dilaksanakan secara outdoor ini mempunyai tantangan tersendiri. 

“Kalau dulu pas di indoor,  kelebihannya lebih adem dan luas tempatnya, akan tetapi karena UKM kita di lantai tiga jadi lebih capek bolak balik ke atas, sedangkan di outdoor ini lebih panas dan tempatnya sempit, untuk persiapan outdoor itu kurang dari satu hari karena diperbolehkan sampai malam." 

Hal serupa juga disampaikan oleh Nanda, dari UKM Pagar Nusa. "Display UKM tahun ini agak ribet, soalnya harus ukur tenda, kebutuhan yang lain juga nambah, seperti tali, gantungan, dan sebagainya. Kalau outdoor kita harus panas-panasan, tapi kita juga bersyukur karena masih disediakan tempat untuk display. Persiapan penampilan kita memakan waktu sekitar dua minggu." 

Sementara itu, Sabitha, salah seorang mahasiswa angkatan 2023 menerangkan kesan yang ia rasakan selama mengikuti Panca Tirta. "Jadi untuk display UKM ini kami ditugaskan untuk memenuhi 5 stempel dari masing-masing kategori UKM, ada Kerohanian, Beladiri, Olahraga, Kesenian, dan Khusus. Untuk UKM sendiri saya sudah mencari tahu dari sebelum ospek, jadi saya sudah punya pilihan mengenai UKM apa yang akan saya ambil. Display UKM juga membantu saya mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai UKM yang saya mau," jelas Sabitha.

Hal serupa juga dikatakan oleh Sri, salah seorang mahasiswa baru."Acara nya seru sih kak, tapi panas banget, walaupun pakai topi, panggungnya juga di ujung jadi harus jalan jauh dulu untuk lihat penampilannya, selain itu juga ga teratur gitu display-nya, karena waktu yang dikasih juga bentar banget, tapi plus-nya display UKM dua hari tuh ga terlalu ramai, Kak," pungkasnya.

 

 

Penulis: Vellanda Aprilia Hardian

Editor: Jingga Ramadhintya


TAG#akademik  #aspirasi  #dinamika-kampus  #event